Contoh makalah dampak Penggunaan Smartphone Bagi Kalangan Pelajar

Iklan/Advertisment

Artikel terkait : Contoh makalah dampak Penggunaan Smartphone Bagi Kalangan Pelajar

HP pintar atau canggih atau sering juga disebut smartphone pada zaman ini sudah marak di pakai bukan cuma para elite namun pelajar menengah kebawah pun sudah banyak yang memilikinya karena murahnya haraga HP pintar tersebut, tapi apa ya dampak penggunaan bagi para pelajar ? mungkin makalah dampak Penggunaan Smartphone Bagi Kalangan Pelajar  bisa membantu pembahasan masalah ini


Contoh pelajar sma asyik memainkan smartphone

BAB I

PENDAHULUAN dampak Penggunaan Smartphone Bagi Kalangan Pelajar


1.1   Latar Belakang
Terbukti dengan banyaknya bermunculan perangkat telekomunikasi dengan teknologi high class. Kemunculan teknologi telekomunikasi yang high class ini juga di dorong oleh kebutuhan manusia untuk menghadapi ruwetnya berbagai masalah yang dihadapi dan diselesaikan dalam waktu cepat dan singkat.. Smarthphone menjadi trend tersendiri dari perjalanan perkembangan teknologi.
Dilihat dari namanya, smartphone mengambil konsep dasar handphone yang bisa dibawa kemana saja dan diciptakan untuk kemudahan manusia. Dibekali berbagai fitur tercanggih, smartphone memungkinkan penggunanya bisa melakukan hal yang biasanya hanya bisa dilakukan pada komputer pc atau laptop.
Akan tetapi apakah semua pengguna smartphone memiliki alasan yang sama yaitu karena kecanggihannya dari teknologi ini, atau ada alasan lain yang dari para pengguna. Kata Kunci: Smartphone I. merupakan telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, terkadang dengan fungsi yang menyerupai komputer.
Tentunya banyak sekali fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh smartphone sehingga saat ini banyak sekali peminatnya. Jika awalnya pengguna smartphone ini adalah para pejabat atau karyawan swata, wanita karir juga eksekutif muda, kini wacana itu sudah menjadi omong kosong. Pasalnya, saat ini pengguna smartphone sudah meluas ke kalangan pelajar. Contohnya saja di kalangan Pelajar SMA N I TANJUNG BINTANG. Tapi apa yang mendasari mereka bermaksud untuk melakukan penelitian mengenai “Pemakaian Pendahuluan teknologi hadirnya smartphone atau telepon pintar. Smartphone ini untuk menggunakan smartphone. Oleh karena itu penulis Smartphone di Kalangan Pelajar SMA N I TANJUNG BINTANG
1.2  Rumusan Masalah
Dari latar belakang tersebut, ada beberapa rumusan masalah yang ingin penulis kemukakan yaitu :
1.      Apa yang dimaksud Smartphone itu?
2.      Bagaimanakah sejarah Smartphone?
3.      Bagaimanakah perkembangan smartphone?
6.      Apa dampak smartphone bagi pelajar?
7.      Bagaimana cara mengatasi persoalan smartphone tersebut?

1.3 Tujuan Penulisan
Adapun tujuan yang ingin dicapai penulis dalam penulisan karya tulis ilmiah  ini, yaitu :
1. Untuk mengetahui apa yang dimaksud Smartphone itu!
2. Untuk mengetahui sejarah Smartphone!
3. Untuk memahami perkembangan smartphone!
5. Untuk mengetahuikegunaan dari smartphone dalam Kehidupan?
6. Untuk mengetahui dampak dari penggunaan smartphone!

1.4  Manfaat
Adapun ilmiah ini, yaitu :manfaat dari penulisan karya tulis
1.      Dapat menambah wawasan penulis dan khalayak tentang hal-hal yang berhubungan dengan pengaruh smartphone terhadap pelajar.
2.      Sebagai bahan referensi untuk pembaca.
3.      Dapat melatih siswa pada umumnya dan penulis khususnya dalam mengembangkan wawasan diri untuk menyusun buah pikiran secara sistematis dalam bentuk makalah.



BAB II
KAJIAN PUSTAKA

2.1 Pengertian Smartphone
Telepon cerdas (smartphone) adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, kadang-kadang dengan fungsi yang menyerupai komputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan arti telepon cerdas. Bagi beberapa orang, telepon pintar merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. Bagi yang lainnya, telepon cerdas hanyalah merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti surel (surat elektronik), internet dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book) atau terdapat papan ketik (baik sebagaimana jadi maupun dihubung keluar) dan penyambung VGA. Dengan kata lain, telepon cerdas merupakan komputer kecil yang mempunyai kemampuan sebuah telepon.
Pertumbuhan permintaan akan alat canggih yang mudah dibawa ke mana-mana membuat kemajuan besar dalam pemroses, ngingatan, layar dan sistem operasi yang di luar dari jalur telepon genggam sejak beberapa tahun ini. Belum ada kesepakatan dalam industri ini mengenai apa yang membuat telepon menjadi “pintar”, dan pengertian dari telepon pintar itu pun berubah mengikuti waktu.
Menurut David Wood, Wakil Presiden Eksekutif PT Symbian OS, “Telepon pintar dapat dibedakan dengan telepon genggam biasa dengan dua cara fundamental: bagaimana mereka dibuat dan apa yang mereka bisa lakukan.” Pengertian lainnya memberikan penekanan berbedaan dari dua faktor ini “Dengan menggunakan telepon pintar hanya merupakan sebuah hanya evolusi dari jenjang-jenjang evolusi, jadi kemungkinan alat ini pada titik tertentu...akan menjadi lebih kecil dan kita tidak akan menyebutnya telepon lagi, tetapi ia akan terintegrasi...kesepakatannya di sini adalah untuk membuat alat ini menjadi se-tidak terlihat mungkin, antara anda, dan apa yang anda ingin lakukan" kata Sacha Wunsch-Vincent pada OECD (Organisasi untuk Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi).
Kebanyakan alat yang dikategorikan sebagai telepon pintar menggunakan sistem operasi yang berbeda. Dalam hal fitur, kebanyakan telepon pintar mendukung sepenuhnya fasilitas surel dengan fungsi pengatur personal yang lengkap. Fungsi lainnya dapat menyertakan miniatur papan ketik QWERTY, layar sentuh atau D-pad, kamera, pengaturan daftar nama, penghitung kecepatan, navigasi piranti lunak dan keras, kemampuan membaca dokumen bisnis, pemutar musik, penjelajah foto dan melihat klip video, penjelajah internet, atau hanya sekedar akses aman untuk membuka surel perusahaan, seperti yang ditawarkan oleh BlackBerry. Fitur yang paling sering ditemukan dalam telepon pintar adalah kemampuannya menyimpan daftar nama sebanyak mungkin, tidak seperti telepon genggam biasa yang mempunyai batasan maksimum penyimpanan daftar nama.

2.2 Sejarah Smartphone
Telepon pintar pertama dinamakan Simon; di rancang oleh IBM pada 1992 dan dipamerkan sebagai produk konsep tahun itu di COMDEX, sebuah pameran komputer di Las Vegas, Nevada. Telepon pintar tersebut dipasarkan ke publik pada tahun 1993 dan dijual oleh BellSouth. Tidak hanya dengan Palm OS berbasis Visor PDA dengan menjadi sebuah telepon genggam, jaringan telepon GSM, VisorPhone.
Tahun 2002, Handspring menjual telepon pintar terintegasi telepon pintar tersebut juga memiliki kalender, buku telepon, jam dunia, tempat pencatat, surel, kemampuan mengirim dan menerima faks dan permainan. Telepon canggih tersebut tidak mempunyai pengguna tombol-tombol. menggunakan Melainkan layar sentuh bernama Treo; perusahaan ini bergabung karena penjualan PDA sudah mulai mati, tetapi telepon pintar Treo secara cepat menjadi populer sebagai telepon berfitur PDA. Pada tahun yang sama, Microsoft memilih nomor telepon dengan jari atau membuat mengumumkan Windows CE komputer kantong OS faksimile dan memo dengan tongkat stylus. Teks dinobatkan sebagai "Microsoft Windows Powered dimasukkan dengan papan ketik “prediksi” yang Smartphone 2002". unik di layar.
Bagi standar masa kini, Simon merupakan produk tingkat rendah, tetapi fitur- Pada tahun 2005 Nokia menerbitkan seri-N telepon pintar 3G yang dijual bukan sebagai telepon fiturnya pada saat itu sangatlah canggih. genggam tetapi sebagai komputer multimedia. Ericsson R380 dahulu terjual sebagai „telepon pintar‟ tetapi tidak bisa menjalankan aplikasi pihak ketiga.Pada Oktober Treo, dengan papan ketik penuh digabung dengan jelajah jejaring tanpa kabel, surel, kalender, dan pengatur daftar nama, dengan aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh atau diselaraskan dengan Tahun 2002, RIM 2008.
Android didukung oleh Google, bersama 2001, Handspring mengeluarkan telepon pintar Palm OS komputer. Android, OS untuk telepon pintar keluaran tahun mengeluakan BlackBerry pertama yang merupakan telepon pintar pertama dengan penggunaan surel nirkabel yang optimal dan penggunanya telah mencapai 8 juta (sampai Juni 2007), tiga perempat pemakainya berada di Amerika Selatan.
Pengusaha piranti keras dan lunak yang termuka lain nya seperti Intel,HTC,ARM,dan eBay yang kemuadian membentuk Open Hanset Alliance. Telefon pertama dari T-Mobile sebagai G1.fitur telefon penuh layar sentuh secara utuh papan ketik QWERTY, dan bola jalur untuk menavigasikan halaman web. Piranti lunak cocok dengan aplikasi Google, seperti Maps, Calendar, dan Gmail, juga Google's Chrome Lite.
Aplikasi pihak ketiga juga tersedia lewat Android Market, ada yang gratis ataupun dengan biaya.Pada Juli 2008 Apple memperkenalkan App Store dengan aplikasi gratis Handspring menyajikan telepon pintar yang dan dengan biaya. App store dapat menyampaikan popular dipasaran Amerika dengan bergabung aplikasi telepon pintar yang dikembangkan oleh pihak ketiga langsung dari iPhone atau iPod Touch berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan dengan layanan inti untuk software-software itu.
Layanan WiFi atau jaringan selular tanpa menggunakan komputer untuk mengunduh. App inti tersebut seperti akses ke disk, manajemen Store telah menjadi suatu kesuksesan bagi Apple memori, penjadwalan tugas schedule task, dan dan pada Juni 2009 terdapat lebih dari 50,000 antar-muka user GUI/CLI. Sehingga masing- aplikasi yang ada. App store menembus satu juta masing software tidak perlu lagi melakukan tugas- unduh aplikasi pada 23 April 2009. tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi.
Bagian kode yang Mengikuti popularitas App Store dari Apple, banyak yang membuat toko aplikasinya sendiri. Palm, Microsoft dan Nokia telah mengumumkan toko aplikasi yang mirip milik Apple. RIM juga baru-baru ini membuat toko aplikasinya yaitu BlackBerry App World melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi. Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisanlapisan, maka Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dengan lapisan software.
Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi- 2.3 Sistem Operasi aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara Biasanya, istilah Sistem Operasi sering bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi ditujukan kepada semua perangkat lunak yang menjamin aplikasi lainnya dapat menggunakan masuk dalam satu paket dengan sistem komputer memori, melakukan input dan output terhadap sebelum aplikasi- aplikasi perangkat lunak peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem terinstal.Sistem operasi adalah perangkat lunak berkas.
Apabila beberapa aplikasi berjalan secara sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur manajemen perangkat keras serta operasi- operasi scheduleyang tepat, sehingga sedapat mungkin dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat semua proses yang berjalan mendapatkan waktu lunak aplikasi seperti program- program pengolah yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.
Dalam banyak kata dan peramban web. kasus, Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka Secara umum, Sistem Operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat dari fungsi- fungsi standar, dimana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan program baru, tidak perlu komputer dinyalakan booting. Sedangkan software- membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal. software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi. Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa Linux, Free BSD, Solaris, palm, symbian, dan bagian-bagian sebagainya.
2.3  Macam-Macam Smartphone

 2.4  Manfaat dan Fungsi Smartphone
1. Komunikasi Antar Manusia
Smartphone adalah suatu bentuk pengembangan terbaru dari teknologi telepon nirkabel.  Dengan smartphone seseorang dapat melakukan komunikasi seperti handphone biasa pada umumnya, yaitu seperti untuk telepon suara, mengirim pesan sms, pesan mms, dan layanan data.  Akan tetapi smartphone dilengkapi dengan prosesor, memori, dan perlengkapan lainnya yang lebih canggih mirip seperti teknologi yang ada pada komputer.
2. Mencari Informasi / Ilmu
Berselancar di dunia internet jauh lebih nyaman jika menggunakan smartphone daripada hp biasa yang belum dilengkapi dengan teknologi yang canggih.  Berselancar di dunia maya akan terasa lebih cepat dengan smartphone yang menggunakan koneksi internet tanpa kabel generasi terbaru seperti 3G, 3,5G, 4G, 4,5G, 5G, dan seterusnya.  Ditambah lagi dengan web browser terbaru yang dapat menerjemahkan bahasa html dan bahasa permograman web serta teknologi terbaru lainnya.
3. Hiburan
Smartphone dapat menayangkan berbagai format multimedia yang ada.  Media streaming online pun juga dapat dengan mudah dijalankan di smartphone yang canggih tanpa banyak kendala.  Ditambah lagi dengan adanya berbagai aplikasi hiburan gratisan yang dapat diunduh secara gratis maupun berbayar menambah lengkap sarana hiburan yang ada pada smartphone.

4. Aplikasi
Pengguna hape smartphone dapat memasang dan menjalankan berbagai aplikasi yang tersedia di internet dan juga non internet yang sesuai dengan sistem operasi yang digunakannya.  Setiap aplikasi memiliki spesifikasi minimal yang dibutuhkan agar dapat berjalan dengan lancar.  Semakin canggih dan baru suatu smartphone smartphone yang digunakan, maka pada umumnya semakin banyak aplikasi yang bisa dijalankan.
5. Penyimpanan Data
Kapasitas memori smartphone yang besar bisa berfungsi sebagai media penyimpanan data file.  Seperti halnya usb flashdisk, usb external drive dan multimedia card, handphone yang canggih pun dapat dipergunakan untuk meletakkan berbagai file sesuai dengan kapasitas yang ada pada smartphone.  Smartpon yang diberi kartu memory tambahan akan mampu menampung data lebih besar.
6. Gaya
Ada banyak orang yang menggunakan handphone smartphone untuk menunjang penampilan sehari-hari.  Orang yang memiliki gengsi yang tinggi akan berusaha sekuat tenaga untuk menggunakan smartphone yang dipandang orang keren dan canggih.
7. Penunjuk Arah
Salah satu fungsi penting dari smartphone adalah untuk mendapatkan informasi arah mata angin, arah kiblat, dan lain sebagainya.  Smartphone yang memiliki fasilitas GPS dapat menunjukkan arah mata angin seperti layaknya kompas sungguhan.  Selain itu dengan dipadukan layanan jejaring sosial maka dapat menjadi sesuatu yang sangat menarik dan dibutuhkan.





BAB III
ANALISIS DAN PEMBAHASAN
3.1  Keberadaan Smartphone Di Kalangan Pelajar
   
Seiring berjalannya globalisasi, sebagian besar pelajar sudah menggunakan smartphone. Mereka mendapatkan banyak manfaat, seperti mencari bahan pelajaran, mengakses jejaring social. Sehingga saat ini smartphone menjadi trend di kalangan pelajar. Bahkan ada yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan smartphone mahal ini, seperti memaksa orang tua, mencuri, dan sebagainya. Trend smartphone ini memang telah menguasai pikiran para pelajar bahwa “No smartphone, no gaul”.

3.2  pengaruh  Smartphone bagi penggunanya
2.5.1  Pengaruh positif pengguna smartphone
1.      Smartphone memiliki mobilitas yang tinggi. Pemilik smartphone dapat berkirim email tanpa harus mengunjungi warnet terdekat.
2.      Pengguna smartphone dapat mengetahui informasi dari belahan dunia manapun.
3.      Dengan adanya smartphone, pengguna tidak perlu repot untuk melihat peta, karena smartphone dapat digunakan sebagai alat navigator.
4.      Dapat berkomunikasi secara mendunia atau lebih luas.



2.5.2  Pengaruh negatif pengguna smartphone
1.      Smartphone dapat menyebabkan si pengguna menjadi anti sosial, karena pengguna sudah bisa chatting tanpa harus menemui orang secara langsung.
2.      Tidak jarang smartphone menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas
3.      Smartphone dapat menimbulakn sindrom (gila), karena sering tertawa tanpa ada sebab yang jelas.
4.      Dapat memecah konsentrasi saat belajar atau melakukan aktivitas.
5.      Semakin sering menggunakan smartphone, semakin sering juga menghamburkan uang.
6.      Smartphone dapat membuang waktu si pengguna dengan fitur Messenger.
7.      Pengguna bisa lupa waktu karena terlalu sering menggunakan smartphone.


BAB IV
PENUTUP

4.1  Kesimpulan
Adapun kesimpulan yang dapat kita ambil dari penjelasan diatas yaitu bagaimana agar tercipta suatu interaksi dan kenyamanan dalam menggunakan smartphone. Smartphone merupakan telepon pintar dan membantu kita dalam memperoleh informasi.
4.2  Saran
Adapun saran yang dapat penulis sampaikan kepada kita semua yaitu agar selalu kritis pada suatu perkembangan teknologi. Oleh karena itu, kita harus tahu dampak positif dan negatif suatu perkembangan, agar dapat menjaga diri dari hal-hal yang tidak diinginkan.
1.      Diharapkan kepada pelajar untuk menggunakan nalar dan pikirannya dalam memanfaatkan hanphone.
2.      Sebaiknya pelajar menggunakan smartphone seperlunya dan penggunaannya sesuai dengan kondisi agar dampak buruk dari smartphone tidak terjadi.
3.      Pihak orangtua sebaiknya selalu mengontrol anaknya dalam menggunakan smartphone.
4.      Pihak guru sebaiknya tidak mengijinkan murid menggunakan smartphone saat jam pelajaran,
5.      Pihak sekolah hendaknya tidak mengijinkan siswanya menghidupkan smartphone saat jam belajar.



DAFTAR PUSTAKA

Forum keadilan. 2012. Pengguna Smartphone dapat menimbulkan dampak negative,Dikutip 8 Maret 2015
http://forumkeadilan.com/read/2012/10/31/pengguna-smartphone-dapat-menimbulkan-dampak-negatif/, Dikutip 8 Maret 2015
Choirunnisa. 2012. Dampak dan Pengaruh Bagi Pengguna Smartphone, Dikutip 8 Maret 2015
http://chochoirunnisa.wordpress.com/2012/12/14/dampak-dan-pengaruh-bagi-pengguna-smartphone/, Dikutip 8 Maret 2015
Wulan. T. 2013. Pengaruh Smartphone, Dikutip 8 Maret 2015
http://wulantarigan.blogspot.com/2013/04/karya-ilmiah-pengaruh-smartphone.html?m=1, Dikutip 8 Maret 2015
Anggita. N. 2013. Dampak Penggunaan BlackBerry, Dikutip 8 Maret 2015
http://anggita-nurlyn.blogspot.com/2013/05/dampak-penggunaan-blacberry-di.html?m=1, Dikutip 8 Maret 2015
http://id.wikipedia.org/wiki/Telepon_cerdas, Dikutip 8 Maret 2015
http://chochoirunnisa.wordpress.com/2012/12/14/dampak-dan-pengaruh-bagi-pengguna-smartphone/, Dikutip 8 Maret 2015
http://blackalpha5.blogspot.com/2014/03/karya-tulis-ilmiah-dampak-smartphone-di.html#sthash.TcCsmAMb.dpuf, Dikutip 8 Maret 2015
Iklan/Advertisment

Artikel Kumpulan Tugas Makalah Kelas Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 Kumpulan Tugas Makalah Kelas | Support by Cara Kredit