Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Makalah Ancaman Disintegrasi dan Konflik dalam Negara

Masalah Ancaman Disintegrasi dan Konflik dalam Negara merupakan masalah yang sangat mengkhawatirkan kelangsungan hidup bangsa ini. Dimanakah nilai-nilai Pancasila yang dulu dicita-citakan oleh bapak pendiri bangsa? Sudahkah nilai-nilai Pancasila luntur dari bangsa ini? Untuk itu inilah PR bagi bangsa ini, bukan hanya pemerintah, bukan hanya TNI dan POLRI tetapi juga kita seluruh warga Indonesia. Perlunya ditegakkan kembali nilai-nilai Pancasila tidak bisa ditunda-tunda lagi, bangsa ini sudah krisis dalam segala aspek kehidupan khususnya krisis moral.

 

BAB 1

PENDAHULUAN Ancaman Disintegrasi dan Konflik dalam Negara

1.1 Latar Belakang


Negara Indonesia terbentuk melalui perjuangan yang sangat keras. Negara Indonesia adalah negara kesatuan sesuai dengan UUD 1945 pasal 1 ayat 1.Sehingga menurut pasal 1 ayat 1 UUD 1945 Negara Indonesia adalah negara kesatuan dimana hanya ada satu negara dan satu pemerintahan pusat yang memiliki kekuasaan tertinggi di dalam suatu pemerintahan yang disebut dengan bentuk pemerintahan republik,dan memiliki sistem pemerintahan yang demokrasi yaitu sistem pemerintahan yang berasal dari rakyat dan kembali kepada rakyat. Di dalam negara Indonesia terdapat banyak  budaya,etnis,suku,agama dan ras yang bersatu . Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang mendapat ancaman besar dari luar negeri karena wilayah yang luas , penduduk yang banyak dan juga kekayaan alam yang melimpah . Tetapi ancaman tidak hanya dari luar negeri saja , ancaman dari dalam negeri pun dapat terjadi .

Negara Indonesia adalah suatu negara yang terdiri kurang lebih 13.000 pulau, yang terserak  di suatu daerah sepanjang  kurang lebih 3.000 mil melintang dari barat ke timur dan sepanjang kurang lebih 1.000 mil melintang dari utara ke selatan. Sistem sosial masyarakat Indonesia mempunyai sstruktur yang istimewa, yaitu mejemuk secara “ganda”, atau kemajemukan struktur yang bersifat multidimensional.  Maksudnya, struktur sosial terpecah-pecah baik secara horizontal maupun vertikal. Secara horizontal menghasilakan  penggolongan sosial (deferensiasi sosial)  dimana terdapat kurang lebih 636 suku dengan adat dan bahasa yang berbeda juga terdapat 5 macam agama  dan secara vertikal menghasilkan pelapisan sosial (stratifikasi sosial) yaitu adanya lapisan-lapisan sosial yang berdasarkan faktor-faktor kekuasaan politik dan kekayaan ekonomi.
Direktur Pusat Penelitian Pembangunan Universitas Neuchatel, Jean-Pierre Gern (1985:8-10), mengatakan bahwa krisis yang terjadi dalam perubahan sosial di berbagai negara dewasa ini tampaknya tidak dapat dianggap positif, kecuali dalam beberapa hal seperti meningkatnya mobilisasi sosial. Alasannya tidak adanya perasaan kolektif akan adanya transisi menuju suatu tatanan sosial baru dengan ciri-ciri yang bisa diramalkan. Persoalan besar yang perlu mendapat pemecahan mendesak adalah kapan dan sejauh mana  masyarakat bisa mendapatkan kembali hak-hak yang telah terenggut sebagai akibat cara pengelolaan dan proses pembangunan masa lalu.
Keadaan negara seperti itu, membuat Negara Indonesia menjadi suatu bangsa yang kaya akan keanekaragaman budaya tetapi hal itu merupakan juga hal patut diwaspadai bahwa keanekaragaman ini bisa memicu kearah diintegrasi bangsa . Setiap suku , etnis maupun ras di Indonesia pasti mempunyai pandangan mengenai suatu masalah yang berbeda-beda dan terkadang ada pertentangan mengenai suatu permasalahan tersebut . Sehingga adanya masyarakat yang plural ini dapat berpotensi dan sangat rentan terjadi konflik di dalam negara Indonesia .
Konflik tersebut bisa terjadi dalam bidang ekonomi , sosial , budaya , hukum  bahkan politik . Apabila suatu etnis , agama atau ras muncul dalam konflik politik dan ada yang ingin dominan dalam kehidupan ketatanegaraan Indonesia . Jika suatu etnis , agama atau ras itu dominan dalam pengaturan negara dan bangsa Indonesia bahkan ada keinginan untuk merubah suatu system atau ideologi yang sudah berlaku , hal ini akan menjadi ancaman disintegrasi bangsa Indonesia .
 Oleh karena itu , makalah yang bertema ancaman disintegrasi dan konflik dalam negara Indonesia akan membahas lebih dalam tentang pengertian disintegrasi bangsa dan ancaman disintegrasi serta konflik dalam negara Indonesia.

1.2Rumusan Masalah


 Apakah arti konflik dan disintegrasi bangsa ?
 Hal-hal apa yang menyebabkan disintegrasi bangsa ?
 Ancaman apa yang dapat ditimbulkan dengan adanya disintegrasi bangsa ?
 Bagaimana upaya mencegah ancaman disintegrasi bangsa ?

1.3 Tujuan

Mengetahui pengertian konflik dan disintegrasi bangsa
Mengetahui faktor yang menyebabkan disintegrasi bangsa
Mengetahui ancaman yang dapat ditimbulkan dari disintegrasi bangsa
Memahami upaya mencegah ancaman disintegrasi bangsa

BAB 2

PEMBAHASAN Ancaman Disintegrasi dan Konflik dalam Negara

2.1 Pengertian Konflik dan Disintegrasi Bangsa

       Konflik berasal dari kata kerja latin configere yang berarti saling memukul.Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia disintegrasi merupakan keadaan tidak bersatu padu;keadaan terpecah belah;hilangnya keutuhan atau persatuan;perpecahan.Sedangkan bangsa adalah kelompok masyarakat yang bersamaan asal keturunan,adat,bahasa, dan sejarahnya,serta berpemerintahan sendiri.Sehingga disintegrasi bangsa adalah keadaan tidak bersatu atau pecahnya suatu kelompok masyarakat dimana berasal dari keturunan,adat, bahasa,dan pemerintah yang sama.

2.2 Faktor Disintegrasi Bangsa

A. Geografi
Indonesia yang terletak pada posisi silang dunia merupakan letak yang sangat strategis untuk kepentingan lalu lintas perekonomian dunia,selain itu juga  memiliki berbagai permasalahan yang sangat rawan terhadap timbulnya disintegrasi bangsa. Dari ribuan pulau yang dihubungkan oleh laut memiliki karakteristik yang berbeda-beda dengan kondisi alamnya yang juga sangat berbeda-beda pula menyebabkan munculnya kerawanan sosial yang disebabkan oleh perbedaan daerah misalnya daerah yang kaya akan sumber kekayaan alamnya dengan daerah yang kering tidak memiliki kekayaan alam dimana sumber kehidupan sehari-hari hanya disubsidi dari pemerintah dan daerah lain atau tergantung dari daerah lain.
B. Demografi
Jumlah penduduk yang besar, penyebaran yang tidak merata,sempitnya lahan pertanian,kualitas SDM yang rendah berkurangnya lapangan pekerjaan, telah mengakibatkan semakin tingginya tingkat kemiskinan karena rendahnya tingkat pendapatan, ditambah lagi mutu pendidikan yang masih rendah yang menyebabkan sulitnya kemampuan bersaing dan mudah dipengaruhi oleh tokoh elit politik/intelektual untuk mendukung kepentingan pribadi atau golongan.
C. Kekayaan Alam
Kekayaan alam Indonesia yang melimpah baik hayati maupun non hayati akan tetap menjadi daya tarik tersendiri bagi negara Industri, walaupun belum secara keseluruhan dapat digali dan di kembangkan secara optimal namun  potensi ini perlu didayagunakan dan dipelihara sebaik-baiknya untuk kepentingan pemberdayaan masyarakat dalam peran sertanya secara berkeadilan guna mendukung kepentingan perekonomian nasional.
D. Ideologi Pancasila
Ideologi pancasila merupakan alat pemersatu bangsa Indonesia dalam penghayatan dan pengamalannya masih belum sepenuhnya sesuai dengan nilai-nilai dasar Pancasila, bahkan saat ini sering diperdebatkan.  Ideologi pancasila cenderung tergugah dengan adanya kelompok-kelompok tertentu yang mengedepankan faham liberal atau kebebasan tanpa batas, demikian pula faham keagamaan yang bersifat ekstrim baik kiri maupun kanan.
E. Politik
Berbagai masalah politik yang masih harus dipecahkan bersama oleh bangsa Indonesia saat ini seperti diberlakukannya Otonomi daerah, sistem multi partai, pemisahan TNI dengan Polri serta penghapusan dwi fungsi BRI, sampai saat ini masih menjadi permasalahan yang belum dapat diselesaikan secara tuntas karena berbagai masalah pokok inilah yang paling rawan dengan konflik sosial berkepanjangan yang akhirnya dapat menyebabkan timbulnya disintegrasi bangsa.
F. Ekonomi
Sistem perekonomian Indonesia yang masih mencari bentuk, yang dapat pemberdayakan sebagian besar potensi sumber daya nasional, serta bentuk-bentuk kemitraan dan kesejajaran yang diiringi dengan pemberantasan terhadap KKN. Hal ini dihadapkan dengan krisis moneter yang berkepanjangan, rendahnya tingkat pendapatan masyarakat dan meningkatnya tingkat pengangguran serta terbatasnya lahan mata pencaharian yang layak.
G. Sosial Budaya
Kemajemukan bangsa Indonesia memiliki tingkat kepekaan yang tinggi dan dapat menimbulkan konflik etnis kultural.  Arus globalisasi yang mengandung berbagai nilai dan budaya dapat melahirkan sikap pro dan kontra warga masyarakat yang terjadi adalah konflik tata nilai. Konflik tata nilai akan membesar bila masing-masing mempertahankan tata nilainya sendiri tanpa memperhatikan yang lain.
H. Pertahanan dan Keamanan
Bentuk ancaman terhadap kedaulatan negara yang terjadi saat ini menjadi bersifat multi dimensional yang berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri, hal ini seiring dengan perkembangan  kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, informasi dan komunikasi. Serta sarana dan prasarana pendukung di dalam pengamanan bentuk ancaman yang bersifat multi dimensional yang bersumber dari permasalahan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya.
2.3 Ancaman Disintegrasi Bangsa
Akhir-akhir ini juga sering terjadi konflik-konflik kecil di daerah, seperti di Tarakan, Kalimantan Timur, dan juga yang masih sering terjadi kerusuhan di Ambon. Konflik-konflik terjadi karena perbedaan suku maupun agama. Bangsa ini rasanya tidak akan pernah lepas dari masalah disintegrasi, karena manusianya tidak segera sadar. Bangsa ini masih terlalu lemah untuk mengikat tali persatuan dan kesatuan dari Sabang sampai Merauke.Apalagi sekarang ini memasuki era globalisasi, dimana jalinan informasi dan komunikasi sudah saling terbuka di seluruh dunia. Kehadiran globalisasi memang membawa dampak yang baik juga terhadap kehidupan kita, karena kita sekarang lebih bisa berinteraksi dan mendapat lebih banyak ilmu pengetahuan dari bangsa lain sehingga kita tidak terpuruk dalam keterbelakangan. Namun dampak negatif yang ditimbulkan juga besar sekali untuk memicu terjadinya disintegrasi suatu bangsa.
Beberapa dampak negative dari globalisasi:
1. Dari globalisasi aspek ekonomi, hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri karena banyaknya produk luar negeri (seperti Mc Donald, Coca Cola, Pizza Hut,dll.) membanjiri di Indonesia. Dengan hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri menunjukan gejala berkurangnya rasa nasionalisme masyarakat kita terhadap bangsa Indonesia.
2. Mayarakat kita khususnya anak muda banyak yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia, karena gaya hidupnya cenderung meniru budaya barat yang oleh masyarakat dunia dianggap sebagai kiblat.
3. Mengakibatkan adanya kesenjangan sosial yang tajam antara yang kaya dan miskin, karena adanya persaingan bebas dalam globalisasi ekonomi. Hal tersebut dapat menimbulkan  pertentangan antara yang kaya dan miskin yang dapat mengganggu kehidupan nasional bangsa.
Arus globalisasi begitu cepat merasuk ke dalam masyarakat terutama di kalangan muda. Pengaruh globalisasi terhadap anak muda juga begitu kuat. Pengaruh globalisasi tersebut telah membuat banyak anak muda kehilangan kepribadian diri sebagai bangsa Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan gejala-gejala yang muncul dalam kehidupan sehari- hari generasi muda sekarang. Dari cara berpakaian, banyak remaja-remaja yang berdandan seperti selebritis yang cenderung ke budaya barat. Mereka menggunakan pakaian yang minim bahan yang memperlihatkan bagian tubuh yang seharusnya tidak terlihat. Padahal cara berpakaian tersebut jelas-jelas tidak sesuai dengan kebudayaan Indonesia. Tak ketinggalan gaya rambut mereka dicat beraneka warna.
Teknologi internet merupakan teknologi yang memberikan informasi tanpa batas dan dapat diakses oleh siapa saja. Khususnya bagi anak muda internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Jika digunakan secara semestinya tentu kita memperoleh manfaat yang berguna. Tetapi jika tidak, maka akan mendapat kerugian. Dan sekarang ini, banyak pelajar dan mahasiswa yang menggunakan tidak semestinya.Bukan hanya internet saja, ada lagi pegangan wajib mereka yaitu handphone. Rasa sosial terhadap masyarakat menjadi tidak ada karena mereka lebih memilih sibuk dengan menggunakan handphone.
Jika pengaruh-pengaruh tersebut tidak dihentikan, moral generasi bangsa menjadi rusak, hubungannya dengan nilai nasionalisme akan berkurang karena tidak ada rasa cinta terhadap budaya bangsa sendiri dan rasa peduli terhadap masyarakat. Padahal generasi muda adalah penerus masa depan bangsa. Akibatnya jika penerus bangsa tidak memiliki rasa nasionalisme akan berakibat pada disintegrasi bangsa.

2.4 Upaya mencegah disintegrasi bangsa

2.4.1. Kebijakan Penanggulangan
Adapun kebijakan yang diperlukan guna memperkukuh upaya integrasi nasional adalah sebagai berikut :
1. Membangun dan menghidupkan terus komitmen, kesadaran dan kehendak untuk bersatu.
2. Menciptakan kondisi yang mendukung komitmen, kesadaran dan kehendak untuk bersatu dan membiasakan diri untuk selalu membangun konsensus.
3. Membangun kelembagaan (Pranata) yang berakarkan nilai dan norma yang menyuburkan persatuan dan kesatuan bangsa.
4. Merumuskan kebijakan dan regulasi yang konkret, tegas dan tepat dalam aspek kehidupan dan pembangunan bangsa, yang mencerminkan keadilan bagi semua pihak, semua wilayah.
5. Upaya bersama dan pembinaan integrasi nasional memerlukan kepemimpinan yang arif dan efektif.
2.4.2. Strategi Penanggulangan
Adapun strategi yang digunakan dalam penanggulangan disintegrasi bangsa antara lain :
1. Menanamkan nilai-nilai Pancasila, jiwa sebangsa dan setanah air dan rasa persaudaraan, agar tercipta kekuatan dan kebersamaan di kalangan rakyat Indonesia.
2. Menghilangkan kesempatan untuk berkembangnya primodialisme sempit pada setiap kebijaksanaan dan kegiatan, agar tidak terjadi KKN.
3. Meningkatkan ketahanan rakyat dalam menghadapi usaha-usaha pemecahbelahan dari anasir luar dan kaki tangannya.
4. Penyebaran dan pemasyarakatan wawasan kebangsaan dan implementasi butir-butir Pancasila, dalam rangka melestarikan dan menanamkan kesetiaan kepada ideologi bangsa.
5. Menumpas setiap gerakan separatis secara tegas dan tidak kenal kompromi.
6. Membentuk satuan sukarela yang terdiri dari unsur masyarakat, TNI dan Polri dalam memerangi separatis.
7. Melarang, dengan melengkapi dasar dan aturan hukum setiap usaha untuk menggunakan kekuatan massa.
2.4.3. Upaya Penanggulangan
Dari hasil analisis diperlukan suatu upaya pembinaan yang efektif dan berhasil, diperlukan pula tatanan, perangkat dan kebijakan yang tepat guna memperkukuh integrasi nasional antara lain :
1. Membangun dan menghidupkan terus komitmen, kesadaran dan kehendak untuk bersatu.
2. Menciptakan kondisi dan membiasakan diri untuk selalu membangun consensus.
3. Membangun kelembagaan (pranata) yang berakarkan nilai dan norma yang menyuburkan persatuan dan kesatuan bangsa.
4. Merumuskan kebijakan dan regulasi yang konkret, tegas dan tepat dalam aspek kehidupan dan pembangunan bangsa yang mencerminkan keadilan bagi semua pihak, semua wilayah.
5. Upaya bersama dan pembinaan integrasi nasional memerlukan kepemimpinan yang arif dan bijaksana, serta efektif.

BAB 3

PENUTUP Ancaman Disintegrasi dan Konflik dalam Negara

3.1 Kesimpulan

Dari hasil analisis penelitian tersebut diatas dapatlah diambil kesimpulan sebagai berikut :
1.      Disintegrasi bangsa merupakan permasalahan kompleks, akibat akumulasi permasalahan politik, ekonomi dan keamanan yang saling tumpang tindih sehingga perlu penanganan khusus dengan pendekatan yang arif serta mengutamakan aspek hukum, keadilan, sosial budaya.
2.      Pertarungan elit politik yang diimplementasikan kepada penggalangan massa yang dapat menciptakan konflik horizintal maupun vertical harus dapat diantisipasi.
3.      Kepemimpinan dari elit politik nasional hingga kepemimpinan daerah sangat menentukan meredamnya konflik pada skala dini.  Namun pada skala kejadian diperlukan profesionalisme aparat kemanan secara terpadu.
4.      Efek global, regional dengan faham demokrasi yang bergulir saat ini perlu diantisipasi dengan penghayatan wawasan kebangsaan melalui edukasi dan sosialisasi.
3.2. Saran
Untuk mendukung terciptanya keberhasilan suatu kebijakan dan strategi pertahanan serta upaya-upaya apa yang akan ditempuh, maka disarankan beberapa langkah sebagai berikut :
a. Pemerintah perlu mengadakan kajian secara akademik dan terus menerus agar didapatkan suatu rumusan bahwa nasionalisme yang berbasis multi kultural dapat dijadikan ajaran untuk mengelola setiap perbedaan agar muncul pengakuan secara sadar/tanpa paksaan dari setiap warga negara atas kemejemukan  dengan segala perbedaannya.
b. Setiap pemimpin dari tingkat desa sampai dengan tingkat tertinggi , dalam membuat aturan atau kebijakan haruslah dapat memenuhi keterwakilan semua elemen masyarakat sebagai warga negara.
c. Setiap warga negara agar memiliki kepatuhan terhadap semua aturan dan tatanan yang berlaku, kalau perlu diambil sumpah seperti halnya setiap prajurit yang akan menjadi anggota TNI dan tata cara penyumpahan diatur dengan Undang-undang.
d. Pendidikan jangka panjang harus memperkenalkan tentang perbedaan umat manusia dan kemajemukan budaya bangsa Indonesia dari tingkat sekolah yang terendah sampai yang tertinggi secara bertahap, bertingkat dan berlanjut.
e. Menumbuhkan rasa nasionalisme yang mulai luntur, jika perlu mungkin dibuat semacam deklarasi Nasional oleh pemerintah dengan tekad memelihara keutuhan persatuan dan kesatuan NKRI. Suatu deklarasi yang tepat akan dapat menjadi pemicu tumbuhnya rasa nasionalisme.

DAFTAR PUSTAKA

  1. http://kbbi.web.id/disintegrasi
  2. http://kbbi.web.id/bangsa
  3. Naimah.2010.65 Tahun Dirgahayu Indonesia:Bayang-Bayang Gelap Ancaman Disintegrasi Bangsa.Jurnal Universitas Indonesia (1)
  4. http://www.academia.edu/7177422/Upaya_Mengatasi_Konflik_Sosial_untuk_Mencegah_Disintegrasi_Bangsa
  5. http://umi10chulsum.blogspot.co.id/2015/04/makalah-ancaman-disintegrasi-dan.html

Post a Comment for "Makalah Ancaman Disintegrasi dan Konflik dalam Negara"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel