Manfaat CCTV di Lingkungan sekolah

Iklan/Advertisment

Artikel terkait : Manfaat CCTV di Lingkungan sekolah

 

 Manfaat closed circuit Television (CCTV) Untuk Kelas

Media closed circuit Television (CCTV) pada awalnya lebih dimanfaatkan sebagai perangkat keamanan, namun kini perangkat tersebut banyak digunakan didalam lingkungan pendidikan. Seperti diungkapkan Wes Fernly (2008:41) dalam situs All CCTV info, menyebutkan closed circuit Television (CCTV) sebagai perangkat Surveillance, dimana karena kemanan adalah hal yang penting dan menjadi prioritas, maka video surveillance perlu dikembangkan sebagai alat bantu mengawasi keamanan dan meningkatkan keselamatan. Ia juga menyatakan bahwa video surveillance baik untuk dimanfaatkan didalam sekolah maupun kampus sebagai area yang banyak dilalui orang dan keamanan bagi menjadi prioritas didalamnya.

Penempatan kamera closed circuit Television (CCTV) di lingkungan sekolah termasuk hal yang penting. Misal penempatan kamera closed circuit Television (CCTV)  pada gerbang masuk, lorong kelas, tempat parkir, ruang lab dan ruang guru. Untuk penempatan kamera closed circuit Television (CCTV)  pada gerbang masuk ini berfungsi untuk mengawasi siapa yang sering datang terlambat baik guru maupun murid dan untuk lorong kelas ini berfungsi untuk mengamati lalu lalang peserta didik yang keluar kelas. Untuk manfaat kamera closed circuit Television (CCTV) non akademis yaitu pengawasan tempat parkir atau inventaris sekolah di laboratorium agar selalu aman dan terpantau. Berbagai manfaat kamera closed circuit Television (CCTV)  untuk sekolah, kamera closed circuit Television (CCTV) dapat terus di kembangkan untuk memantau berbagai kegiatan pendidikan.

Penggunaan closed circuit Television (CCTV) dalam lingkungan sekolah diharapkan mampu memberikan efek positif dan mencipatakan kondisi pendidikan yang lebih bermutu tinggi. Langkah pengawasan proses pembelajaran melalui perangkat closed circuit Television (CCTV) pada dasarnya memiliki seperti pengawasan proses pembelajaran pada umumnya, yang membedakan bahwa terdapat penggunaan alat yang memudahkan dan cara pelaksanaanya yang dapat dibandingkan pengawasan dengan cara terdahulu. Penggunaan closed circuit Television (CCTV) dalam pengawasan kegiatan pendidikan disekolah diharapkan bisa jadi pencapaian tujuan pendidikan lebih efektif dan efisien dan sesuai dengan kriteria yang ada.

b.    Manfaat closed circuit Television (CCTV) sebagai pengawasan pembelajaran

Mengacu pada tahapan kegiatan pengawasan proses pembelajaran yang dinyatakan dalam PP No. 19 Tahun 2005, bahwa pengawasan proses pembelajaran mencakup kegiatan : pemantauan, supervisi, evaluasi , pelaporan, dan tindak lanjut Maka jika ditambah dengan komponen closed circuit Television (CCTV) didalamnya, tahapannya menjadi seperti berikut :

1)    Pemantauan, kegiatan mengamati oleh kepala sekolah terhadap guru didalam aktivitas pembelajrannya, yang mencakup :
a)    Pemantauan pelaksanaan pembelajaran melalui CCTV
b)    Pemantauan pelaksanaan bimbingan melalui CCTV
c)    Pemantauan hasil belajar siswa
d)    Pemantauan pelaksanaan ujian melalui CCTV
e)    Pemantauan terhadap pemanfaatan sumber-sumber belajar
f)    Pemantauan terhadap rapat guru.

2)    Supervisi, sebagai suatu upaya pembinaan intensif dari atasan kepada bawahan, dilakukan dengn pendekatan-pendekatan tertentu yang continu/berkelanjutan.
a)    Pembinaan terhadap guru dalam peningkatan profesionalisme guru dan peningkatan pembelajaran.
b)    Memberikan pengarahan kepada guru dalam pelaksanaan pembelajaran yang efektif dan efesien
c)     Memberikan pembimbingan yang kontinu (baik kolektif maupu indvidu)

3)    Evaluasi, pemberian nilai pada suatu kondisi : pada tahapan ini dilakukan analisi atas kesenjangan yang ada anatara standar tugas dengan kenyataan tersebut  sebagai sesuai standar atau tidak.
a)    Pengevaluasian terhadap kegiatan pemanfaatan sumber-sumber dalam pembelajaran.
b)    Pengevaluasian terhadap pelkasaan kurikulum (relevasi), dengan pelaksanaan pembeljaran
c)    Pengevaluasian terhadap hasil belajar.
d)    Pelaporan,kegiatan pelaporan perkembangan dan hasil pengawasan kepada warga sekolah yang dipimpinya, pada dan dewan komite sekolah (dalam rapat)

Empat langkah hal tersebut diatas dilakukan secara berurut dan penuh tanggung jawab, dan pemanfaatan closed circuit Television (CCTV) sebagai alat bantu kegiatan pengawasan diyakini akan memberikan kontribusi pada kegiatan pengawasan.

Maka dapat disimpulkan bahwa dengan pemantauan pembelajaran melalui media closed circuit Television (CCTV) siswa menjadi lebih terawasi sehingga akan mempengaruhi aktivitas peserta didik disekolah dan guru sebagai faslitator juga ikut merasa terpantau oleh kepal sekolah selaku supervisor. Dengan demkian, teori behavioristik yang merupakan teori tentang perubahan tingkah laku yang disebabkan oleh stimulus dan rangsangan dari luar juga berhubungan dengan manfaat media closed circuit Television (CCTV) karna dapat mempengaruhi aktivitas peserta didik disekolah khususnya dalam mengikuti pembelajaran dan prilaku sehari-hari, sehingga tinggkat kepatuhan peserta didik dapat ditingkatkan 

c.    Closed circuit Television (CCTV) sebagai media Evaluasi pembelajaran
Hasil rekaman kamera closed circuit Television (CCTV) dapat berfungsi sebagai media evaluasi yang tepat untuk memaksimalkan cara terbaik untuk penyampaian informasi di ruang kelas, mengetahui aktivitas peserta didik. Kamera closed circuit Television (CCTV) juga dapat digunakan untuk penunjang pengembangan guru atau tenaga pengajar. closed circuit Television (CCTV) dapat dimanfaatkan dalam penelitian cara pembelajaranya, contohnya dalam kegiatan evaluasi pengajaran terbuka para guru pengamat tidak perlu berada di ruangan yang sama dengan guru yang akan di evaluasi, mereka akan mengamati langsung dari ruangan terpisah. Hasil rekaman closed circuit Television (CCTV) ini juga dapat di gunakan kembali untuk di cermati di kemudian hari, sehingga menjadi bahan acuan untuk kedepannya.

Keberadaan closed circuit Television (CCTV) di SMA YP Unila Bandar Lampung sudah ada 36 unit closed circuit Television (CCTV) yang sudah terpasang di setiap ruangan yang ada di sekolah seperti, ruangan kelas, ruangan guru, ruangan kepala sekolah, dan ruangan –ruangan yang menjadi tempat aktivitas peserta didik. Setiap kegiatan dan aktivitas peserta didik dapat terpantau dengan adanya closed circuit Television (CCTV), hal ini terbukti bahwa setiap sudut ruangan yang berada di sekolah sudah ada closed circuit Television (CCTV). Sehingga dengan terpantaunya kegiatan dan aktivitas peserta didik dapat meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam beraktivitas, dan dengan adanya sisi dan sudut yang terpantau, maka manfaat dan tujuan dari pada fungsi closed circuit Television (CCTV) sebagai media pemantau dapat berjalan dengan baik.
Iklan/Advertisment

Artikel Kumpulan Tugas Makalah Kelas Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 Kumpulan Tugas Makalah Kelas | Support by Cara Kredit