Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tugas Makalah sejarah Kerajaan Kutai

Kerajaan kutai merupakan kerajaan yang pernah berdiri di nusantara kita dan sudah sangat tua, pembahasan dan diskusi mengenai kerajaan ini rasa-rasanya tidak akan pernah habis dalam setiap sesinya, bagi kalian yang sedang mengerjakan tugas mengenai sejarah berdirinya kerajaan kutai mungkin tulisan makalah dibawah ini akan cocok dengan materi yang sedang anda cari.



 BAB I

PENDAHULUAN sejarah Kerajaan Kutai


   A.    LATAR BELAKANG
    Kerajaan Kutai Martapura merupakan kerajaan Hindu pertama di Indonesia, dan dikatakan bahwaagama Hindu telah menyebar dari abad ke-II dan III tahun masehi dibawa dengan jalan damai melaluipenganutnya yang rata-rata sebagai saudagar, pedagang dan lain-lain. Mereka menetap di daerah-daerah wilayah Indonesia dan terjadilah pembauran kebudayaan dan kepercayaan, Corak Hindu diIndonesia dimulainya dengan munculnya kerajaan Kutai Martapura, Menurut seorang pujangga dari Indiabernama Walmaliki dalam sebuah kidungnya bernama Ramayana, ia menggambarkan negeri yang kayayang menghasilkan logam dan tumbuh-tumbuhan serta menjadikan daerah itu menjadi perhatian bangsaHindu (India), Yunani dan Tiongkok, dan mulai terjadilah suatu gejala politik berupa pendirian kampung-kampung yang kemudian menjadi hiasan tujuh Negara di Nusa Emas dan Perak, yang dapat diartikanKerajaan Kutai.

    Pada masa petalihan masyarakat kepulauan Indonesia, Kerajaan Kutai mendapat corak yang luar biasa karena telah berlangsungnya pertemuan antara dua peradaban yang maju, yakni corak budaya Hindu dan Budha dengan corak budaya asli yang dimiliki bangsa Indonesia yang berpusat pada tenagatuah dan kesaktian.Mengenai penebaran budaya asli Indonesia menurut seorang bernama Van Helne Geldern sejak4050 tahun yang lalu, yang meninggalkan sipat-sipat pelaut dan cara bertani serta berbahasa dankebudayaan lainnya itu berasal dari hulu sungai Hoang-Ho dan Jang Tse serta sungai Kiang danMekhong (Cina), sedangkan pengaruh dari Sungai Berahmana Putra dan sungai Irwadi (India) semulaberasal dari Semenanjung (Malaysia) yang menuju ke Kalimantan, Filipina, kepulauan Formosa, Jepang,pulau Sumatra dan Jawa, serta Irian. Pada zaman itu orang Yunani menyebut Kepulauan Nusantaradengan nama La Badlon, sedangkan orang Arab menyebutnya Sajabidja

B.     RUMUSAN MASALAH
. Bagaimana awal mula adanya kerajaan kutai
. Siapa saja raja yang pernah berkuasa di kutai
. Bagaimana kehidupan sosial masyarakat kerajaan
. Apa saja peninggalan kerajaan kutai

C.    TUJUAN
. Dapat mengetahui sejarah kerajaan kutai
. Mengetahui raja raja yang pernah berkuasa di kutai
. Mengetahui peninggalan kerajaan kutai



BAB II

PEMBAHASAN


A.    SEJARAH KERAJAAN KUTAI


 Peninggalan Sejarah Kerajaan Kutai
    Kutai adalah Hindu-Buddha pertama ada di Indonesia. Letak Kutai kira-kira ada di daerah Muarakaman, di tepi sungai Mahakam di provinsi Kalimantan Timur. Dulu, daerah sungai Mahakam bisa dilayari sampai daerah Muarakaman sehingga cocok banget buat perdagangan. Karena zaman dulu itu nggak ada internet, buat tahu perkembangan Kutai, kita butuh sumber sejarah. Sumber sejarah utama Kutai adalah yupa.

    Yupa itu bentuknya kayak tugu peringatan, tapi ada tulisannya. Prasasti yupa ini ada di era raja Mulawarman, sekitar abad ke 5 Masehi. Tulisan yupa ini ditulis dalam huruf pallawa dan bahasa sansekerta. Salah satu yupa itu memberi tahu kita silsilah keluarga Raja Mulawarman. Mulai dari kakeknya, Kudungga, hingga ayahnya, Aswawarman, dianggap seperti dewa Ansuman atau Dewa Matahari.

    Raja Mulawarman adalah pemeluk Hindu penyembah dewa Siwa sangat dermawan. Menurut sejarah, Raja Mulawarman bahkan mengorbankan 20 ribu ekor lembu dan kurban emas untuk kaum Brahmana. Sebagai rasa terima kasih, kaum Brahmana membuatkan yupa khusus untuk Raja Mulawarman.

    Pada masa pemerintahan Raja Mulawarman, Kutai mengalami masa sangat baik. Pertaniannya subur, dan dilewati jalur perdagangan.

Sementara itu pada abad XIII di muara Sungai Mahakam berdiri Kerajaan bercorak Hindu Jawa yaitu Kerajaan Kutai Kertanegara yang didirikan oleh salah seorang pembesar dari   Kerajaan Singasari yang bernama Raden Kusuma yang kemudian bergelar Aji Batara Agung Dewa Sakti dan beristerikan Putri Karang Melenu sehingga kemudian menurunkan putera bernama Aji Batara Agung Paduka Nira.

    Proses asimilasi (penyatuan) dua kerajaan tersebut telah dimulai pada abad XIII dengan pelaksanaan kawin politik antara Aji Batara Agung Paduka Nira yang mempersunting Putri Indra Perwati Dewi yaitu seorang puteri dari Guna Perana Tungga salah satu Dinasti Raja Mulawarman (Martadipura), tetapi tidak berhasil menyatukan kedua kerajaan tersebut. Baru pada abad XVI melalui perang besar antara kerajaan Kutai Kertanegara pada masa pemerintahan Aji Pangeran Sinum Panji Ing dengan Kerajaan Kutai Mulawarman (Martadipura) pada masa pemerintahan Raja Darma Setia.

Dalam pertempuran tersebut Raja Darma Setia mengalami kekalahan dan gugur di tangan Raja Kutai Kertanegara Aji Pangeran Sinum Panji, yang kemudian berhasil menyatukan kedua kerajaan Kutai Tersebut sehingga wilayahnya menjadi sangat luas dan nama


kerajaannyapun berubah menjadi Kerajaan Kutai Kertanegara Ing Martadipura yang kemudian menurunkan Dinasti Raja-raja Kutai Kertanegara sampai sekarang.


B.     RAJA-RAJA YANG PERNAH  BERKUASA DI KERAJAAN KUTAI.

    Maharaja Kudungga, gelar anumerta Dewawarman (pendiri)
    Maharaja Asmawarman (anak Kundungga)
    Maharaja Mulawarman (anak Aswawarman)
    Maharaja Marawijaya Warman
    Maharaja Gajayana Warman
    Maharaja Tungga Warman
    Maharaja Jayanaga Warman
    Maharaja Nalasinga Warman
    Maharaja Nala Parana Tungga Warman
    Maharaja Gadingga Warman Dewa
    Maharaja Indra Warman Dewa
    Maharaja Sangga Warman Dewa
    Maharaja Candrawarman
    Maharaja Sri Langka Dewa Warman
    Maharaja Guna Parana Dewa Warman
    Maharaja Wijaya Warman
    Maharaja Sri Aji Dewa Warman
    Maharaja Mulia Putera Warman
    Maharaja Nala Pandita Warman
    Maharaja Indra Paruta Dewa Warman
    Maharaja Dharma Setia Warman


C.    KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT KERAJAAN KUTAI.

.  Kehidupan Sosial
Pada kerajaan Kutai memiliki golongan masyarakat yang telah menguasai bahasa sansekerta dan bisa menulis huruf Pallawa yaitu golongan para Brahmana. Golongan yang lain ialah suatu golongan ksatria yang terdiri atas kerabat dari Raja Mulawarman. Pada masyarakat kutai akan sendiri merupakan suatu golongan penduduk yang masih erat memegang teguh suatu kepercayaan asli dari leluhur mereka. Mulawarman kemudian menjadi penganut agama hindu syiwa dan golongan para brahmana.
.  Kehidupan politik
Kudungga tak dianggap menjadi sebagai pendiri dari dinasti karena menggunakan konsep keluarga raja di zaman tersebut masih terbatas di para keluarga raja yang sudah menyerap kebudayaan india pada setiap kehidupan dalam sehari-hari. Raja mulawaranman juga menciptakan adanya stabilitas politik dimana pada masa

pemerintahannya tersebut. Itu terlihat dari adanya Yupa yang menyebutkan bahwa Mulawarman menjadi raja berkuasa, kuat dan bijaksana.
.  Kehidupan ekonomi
          Kehidupan ekonomi di Kerajaan Kutai dapat diketahui dari dua hal berikut ini :

Letak geografis Kerajaan Kutai berada pada jalur perdagangan antara Cina dan India.      Kerajaan Kutai menjadi tempat yang menarik untuk disinggahi para pedagang. Hal tersebut memperlihatkan bahwa kegiatan perdagangan telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Kutai, disamping pertanian.

Keterangan tertulis pada prasasti yang mengatakan bahwa Raja Mulawarman pernah memberikan hartanya berupa minyak dan 20.000 ekor sapi kepada para Brahmana.

D.            PENINGGALAN SEJARAH KERAJAAN KUTAI
 tempatpariwisatakaltim.blogspot.com
 1.  Singgasana Sultan adalah salah satu peninggalan sejarah Kerajaan Kutai yang masih terjaga sampai saat ini. Benda ini diletakan di Museum Mulawarman.
Pada zaman dahulu Singgasana ini digunakan oleh Sultan Aji Muhammad Sulaimanserta raja-raja Kutai sebelumnya. Sultan aji muhhammad yang namanya sekarang di jadikan nama bandara internasional balikpapan sepinggan sejak tahun 2014.  Singgasana Sultan ini dilengkapi dengan payung serta umbul-umbul serta peraduan pengantin Kutai Keraton.
 Singgasana Kerajaan Kutai
2. Kering Bukit Kang merupakan keris yang digunakan oleh Permaisuri Aji Putri Karang Melenu, permaisuri Raja Kutai Kartanegara yang pertama. Berdasarkan cerita dari masyarakat menyebutkan bahwa putri ini merupakan putri yang ditemukan dalam sebuah gong yang hanyut di atas bambu. Di dalam gong tersebut terdapat bayi perempuan, telur ayam dan sebuah kering. Kering ini diyakini sebagai Keris Bukit Kang.
 Keris Bukit Kang
3. kura-kura emas. Benda yang memiliki ukuran sebesar kepalan tangan ini ditemukan di daerah Long Lalang, daerah yang berada di hulu Sungai Mahakam. Dari riwayat yang diketahui benda ini merupakan persembahan dari seorang pangeran dari Kerajaan China untuk Putri Raja Kutai, Aji Bidara Putih. Kura-kura emas ini merupakan bukti dari pangeran tersebut untuk mempersunting sang putri.
 Kura-kura Emas Peninggalan Kerajaan Kutai
4. Pedang Sultan Kutai terbuat dari emat padat. ciri ciri dari pedanh sultan kutai ini terdapat pada corak gagang pedang terdapat ukiran gambar seekor harimau yang siap untuk menerkam mangsanya. kemudian pada bagian ujung pedang terdapat hiasan seekor buaya. Namun anda tidak akan menemukan pedang sultan kutai ini di museum Mulawarman kutai, namun tersimpan di Museum Nasional di Jakarta.
 Pedang Kerajaan Kutai
5. Kalung Ciwa yang ditemukan oleh pemerintahan Sultan Aji Muhammad Sulaiman. Kalung ini ditemukan oleh seorang penduduk di sekitar Danau Lipan Muara Kaman pada tahun 1890. Saat ini Kalung Ciwa masih digunakan sebagai perhiasan oleh sultan dan hanya dipakai ketika ada pesta penobatan sultan baru.
 Kalung Ciwa Kerajaan Kutai
6. Ketopong adalah mahkota yang biasa dipakai oleh Sultan Kerajaan Kutai yang terbuat dari emas. Ketopong ini memiliki berat 1,98 kg dan saat ini masih tersimpan di Museum Nasional Jakarta. Benda bersejarah yang satu ini ditemukan di Mura Kaman, Kutai Kartanegara pada tahun 1890. Sedangkan yang dipajang di Museum Mulawarman merupakan ketopong tiruan.
 Peninggalan Kerajaan Kutai Ketopong Sultan
7. Prasasti Yupa merupakan salah satu bukti sejarah Kerajaan Kutai yang paling tua. Dari prasasti inilah diketahui tentang adanya Kerajaan Kutai di Kalimantan. Di dalam prasasti ini terdapat tulisan-tulisan yang menggunakan bahasa Sansekerta dan juga aksara/huruf Pallawa. Isi dari Prasasti Yupa mengungkapkan sejarah dari Kerajaan Hindu yang berada di Muara Kaman, di hulu Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Secara garis besar prasasti tersebut menceritakan tentang kehidupan politik, sosial dan budaya Kerajaan Kutai. ini tulisan yang tertulis di prasati yupa.
 Prasasti Yupa Peninggalan Kerajaan Kutai
 Peninggalan Sejarah Kerajaan Kutai

E.     KERUNTUHAN KERAJAAN KUTAI
                Kerajaan Kutai berakhir saat Raja Kutai yang bernama Maharaja Dharma Setia tewas dalam peperangan di tangan Raja Kutai Kartanegara ke-13, Aji Pangeran Anum Panji Mendapa. Perlu diingat bahwa Kutai ini (Kutai Martadipura) berbeda dengan Kerajaan Kutai Kartanegara yang ibukotanya pertama kali berada di Kutai Lama (Tanjung Kute). Kutai Kartanegara inilah, di tahun 1365, yang disebutkan dalam sastra Jawa Negarakertagama. Kutai Kartanegara selanjutnya menjadi kerajaan Islam yang disebut Kesultanan Kutai Kartanegara.Kerajaan.
Sejak tahun 1735 kerajaan Kutai Kartanegara yang semula rajanya bergelar Pangeran berubah menjadi bergelar Sultan (Sultan Aji Muhammad Idris) dan hingga sekarang disebut Kesultanan Kutai Kartanegara.


BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
          Kerajaan Kutai berada di kalimantan Timur, yaitu di sungai hulu Mahakam. Nama kerajaan ini disesuaikan dengan nama tempat penemuan  prasasti, yaitu didaerah Kutai.
kaltim telah berdiri dan berkembang kerajaan yang mendapatkan pegaruh Hindu adalah beberapa penemuan berupa batu bertulis atau Prasasti. Tulisan itu ada pada tujuh tiang batu yang disebut Yupa. Yupa ini berfungsi utuk mengikat hewan Korban. Korban itu merupakan pwersembahan rakyat kepada para Dewa yang dipujanya.
          Kehidupan sosial dan budayanya pun sangat menjujung tinggi nilai kebudayaan yang ada. Kehidupan ekonomi masyarakat kutai sangat makmur, dengan bukti bahwa Kerajaan Kutai berada pada jalur perdagangan antara Cina dan India. Kerajaan Kutai menjadi tempat yang menarik untuk disinggahi para pedagang. Hal tersebut memperlihatkan bahwa kegiatan perdagangan telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Kutai, disamping pertanian.
Keterangan tertulis pada prasasti yang mengatakan bahwa Raja Mulawarman pernah memberikan hartanya berupa minyak dan 20.000 ekor sapi kepada para Brahmana.
Masa keruntuhan Kerajaan Kutai runtuh ketika Raja Dharma Setia  tewas ditangan Raja Kutai Kartanegara.  Raja Dhamarmasetia adalah anak dari Raja Mulawarman, cucu dari Raja Asmawarman, buyut dari Raja Kudungga. Dan Raja Dharma Setia adalah Raja terakhir diKerajaan Kutai

B.     SARAN

           Kita sebagai masyarakat Indonesia harus mencintai budaya budaya yang ada saat ini. Peninggalan-peninggalan yang begitu besar di Indonesia membuktikan bahwa Indonesia adalah negeri yang kaya akan budaya. Dengan cara merawat,melestarikan dan tidak merusak budaya yang ada itu juga merupakan bukti cinta kita terhadapan peninggalan budaya diIndonesia.


DAFTAR PUSTAKA

       http://ratnafitri11ips517.blogspot.co.id/2012/11/makalah-kerajaan-kutai.html
       https://www.scribd.com/doc/294934471/MAKALAH-KERAJAAN-KUTAI
http://myschool039.blogspot.co.id/2015/10/makalah-kerajaan-kutai.html
http://myblogberbagikaryatangan.blogspot.co.id/2015/02/contoh-makalah-tentang-kerajaan-kutai.html
       http://informasiana.com/sejarah-kerajaan-kutai-yang-lengkap-selamat-membaca/
http://samarindaguide.com/peninggalan-kerajaan-kutai/
       http://jagosejarah.blogspot.co.id/2015/12/sejarah-kerajaan-kutai.html

Post a Comment for "Tugas Makalah sejarah Kerajaan Kutai "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel