Contoh makalah proposal bisnis pengantar bisnis
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Bisnis merupakan aktivitas yang selalu ada di sekitar kita dan dikenal oleh kaum muda hingga kaum tua. Pada era globalisasi saat ini, masyarakat Indonesia khususnya para mahasiswa masih bingung dengan manfaat dan tujuan dari bisnis tersebut. Bangsa Indonesia, merupakan bangsa yang memiliki kekayaan alam yang melimpah jika kita tidak pandai mengatur itu semua, maka bangsa kita akan jatuh ke dalam keterpurukan dalam hal perekonomian, kemiskinan dan menjadikan negeri kita gagal atau miskin. Pasti sebagai rakyat Indonesia kita tidak mau jika hal tersebut terjadi di negara yang kita cintai.
Di era yang serba modern ini, kehidupan masyarakat dituntut untuk serba cepat dalam segala bidang tak terkecuali dalam urusan makan dan minum. Urusan minum masyarakat sudah lebih memilih air minum yang praktis, higienis dan ekonomis dan sudah sedikit enggan untuk memasak sendiri dikarenakan biaya bahan bakar yang semakin mahal.
Dari hal tersebut, menginspirasi kami untuk mendirikan sebuah usaha mandiri yaitu dengan mendirikan usaha depo pengisian ulang air minum yang kami beri nama “ANUM SENDAWAR"
Hal yang menginspirasi selain diatas adalah berlimpahnya sumber air yang berkwalitas di tempat tinggal kami. Untuk itu kami mencoba memanfaatkan hal tersebut sebagai ladang usaha. Dengan sumber air yang berlimpah, meminimalisir biaya produksi isi ulang air minum ini dan menjadikan usaha ini lebih profit dan minim resiko.
1.2 Rumusan Masalah
a. Menentukan Bisnis yang akan dijalankan.
b. Tujuan Bisnis yang dijalankan
c. Apa analisis kelebihan kekurangan kekuatan dan kelemahan serta ancaman terhadap bisnis yang dijalankan
1.3 . Visi, Misi, Motto, dan Tujuan Usaha
• Visi
“Berdikari (Berdiri di kaki sendiri) untuk menciptakan sebuah lapangan kerja”
• Misi
“Memberikan, mempermudah, dan memperdekat isi ulang air minum yang berkwalitas serta sehat kepada masyarakat”
• Motto
“Air minum yang sehat, menciptakan kehidupan yang sehat”
• Tujuan
1. Jangka pendek :
• Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan
• Menyediakan kebutuhan air minum kepada masyarakat
• Mengurangi tingkat pengangguran
2. Jangka menengah :
• Mendapatkan keuntungan dari produk ini
• Memperluas area pemasaran produk isi ulang air minum
• Menambah jenis air yang diproduksi
3. Jangka panjang :
• Mempunyai beberapa cabang di beberapa daerah.
• Dapat memproduksi air minum dalam kemasan yang berskala besar dan mempunyai beberapa produk kemasan
2.1 Aspek
Pasar
Masyarakat
yang menjadi target dalam usaha ini adalah masyarakat sekitar tempat usaha,
sebagian besar masyarakat sekitar telah menggunakan produk isi ulang air minum.
Semakin meningkat pertumbuhan penduduk, maka kebutuhan akan air minum juga akan
semakin meningkat.
Bahan bakar
untuk memasak, seperti gas semakin mahal maka masyarakat akan lebih memilih
menggunakan isi ulang air minum karena lebih ekonomis dari segi harga.
Dalam usaha
pengisian ulang air minum, peluang bisnis ini masih sangat terbuka lebar
meskipun bisnis ini semakin menjamur. Kebutuhan akan air bersih semakin
meningkat, di karenakan pengaruh dari semakin luasnya kerusakan alam dan
pencamaran air.
Wilayah
pemasaran produk ini biasanya tergantung luar daerah lingkungan tempat. Semakin
padat penduduknya maka akan semakin tinggi permintaan akan air minum.
2.2 Analisis
SWOT
SWOT
analisis adalah analisa mengenai kekuatan (strength),kelemahan(weakness),
peluang (opportunity), dan ancaman (threat) dari bisnis yang
dijalankan. Berikut ini merupakan uraian SWOT analisis pada bisnis cobek
batu :
1. Strengths (
Kekuatan )
· Diproduksi
dari air yang berkwalitas
· Pelayanan
terbaik
2. Weaknesses (kelemahan)
· Berubahnya
kondisi perekonomian
· Jika
musim hujan, maka permintaan barang akan berkurang
3. Opportunities (peluang)
· Tingkat
permintaan tinggi, karena kebutuhan air minum semakin meningkat.
4. Threats (ancaman)
· Adanya
usaha baru yang sejenis
2.3 Analisis Permintaan dan Penawaran
a) Permintaan
1. Jumlah Permintaan Terhadap Produk
Jumlah
permintaan terhadap produk sangat tergantung dari cuaca. Biasanya pada waktu
musim kemarau maka permintaan akan semakin meningkat. Namun sebaliknya, jika
musim penghujan permintaan akan menurun.
2. Proyeksi Permintaan
Demand
|
Perkiraan
Permintaan Perhari
|
Perkiraan
Permintaan Perminggu
|
Perkiraan
Permintaan Perbulan
|
Baik
|
80
|
560
|
2400
|
Sedang
|
50
|
350
|
1500
|
Buruk
|
30
|
210
|
900
|
· Jumlah KK
dilingkungan sekitar usaha 500
· Jumlah warung
tempat untuk menitipkan gallon isi ulang 20 warung
· 60%
dari jumlah KK diperkirakan menggunakan isi ulang air minum
Yaitu (60% x
500 = 300 KK)
Jika satu
KK, satu gallon habis dalam waktu 10 hari, maka diperkirakan perhari dari 300
KK yang menggunakan isi ulang air minum
Yaitu (300 :
10 = 30 galon/hari)
· Jika
1 warung mampu menjual 3 galon perhari diperkirakan dari 20 warung yang sudah
menjadi pelanggan adalah :
20 x 3 galon
= 60 galon perhari
b) Penawaran (Competitors)
1. Jumlah Produk Sejenis Di Pasar
Mengenai
jenis produk sejenis dipasaran, produk isi ulang air minum ini memang sudah
cukup banyak bahkan di setiap daerah pasti ada. Namun dengan teknik pemasaran
yang bagus maka bisnis ini pun akan berjalan dengan baik.
2. Kapasitas Produksi Pesaing
Setiap
competitor usaha bisnis isi ulang air minum, biasanya mengandalkan daerahnya,
semakin luas daerah pemasarannya semakin tinggi produksinya.
3. Proyeksi Penawaran Pesaing
Untuk penawaran
pesaing. Kami menawarkan kwalitas bahan yang digunakan. Daerah kami
merupakan penghasil air yang cukup baik dan layak digunakan untuk bahan baku
isi ulang air minum ini. Di daerah yang sumber airnya kurang bagus, biasanya
competitor membeli air bahan baku melalui mobil tanki air. Dengan demikian
proyeksi penawaran kepada pesaing kami menawarkan kerja sama untuk penyediaan
bahan baku air.
1) Segmentasi
Segmentasi
pasar produk air isi ulang ini ditargetkan pada dua segmentasi pasar yaitu :
a. Pasar pemukiman /
perumahan
b. Sales marketing/
penitipan pada warung – warung
2) Targeting
Target
penjualan gallon isi ulang air minum
Konsumen
|
Perminggu
|
Perbulan
|
Perumahan
|
200 galon
|
800 galon
|
Warung
|
400 galon
|
1600 galon
|
Jumlah
|
600 galon
|
2400on
|
3) Positioning
Pilihan
bahan baku yang berkwalitas, mutu yang terjaga dan pelayanan yang baik serta
tepat waktu dalam pengiriman, akan mendapatkan nilai tersendiri oleh konsumen
Di sekitar
tempat usaha tersebut belum ada usaha yang sama, namun dilokasi lain yang
tempatnya sedikit jauh sudah banyak yang mendirikan usaha ini. Dan
rata - rata competitor kami penjualan hanya mengandalkan masyarakat
sekitar tanpa adanya sales marketing.
Maka dari
itu, inisiatif dan inovasi pemasaran harus dilakukan, dengan cara sales
marketing untuk menitipkan hasil produksi ke warung – warung di daerah yang
belum ada usaha ini.
Berikut ini
uraian mengenai rencana strategi pemasaran perusahaan yang terdiri dari bauran
pemasaranproduct,price,promotion,place(4P) :
1. Product (produk)
:
Isi ulang
air minum ini kemasan menggunakan gallon isi ulang yang bisa digunakan berkali
– kali, dan di beri label “TOYO MINERAL”
2. Price (harga)
:
Harga untuk
setiap gallon isi ulang adalah RP.5000, namun untuk warung adalah Rp. 4000
3. Promotion (promosi)
:
a. Iklan (advertising)
· Media
cetak : poster, famplet dan brosur
· Internet
: facebook, twitter, blog, ym, bbm, instagram, line, youtube .
b. Sales
promotion:
Promosi
melalui menawarkan langsung ke warung – warung untuk menjual produk kami
c. Personal
selling
Promosi
melalui penjualan langsung konsumen atau teman.
d. Place (tempat):
Untuk tempat
utama penjualan didirikan Jln. Gajahmada desa
Damarjati, Kecamatan Sukorejo kabupaten Kendal.
1) Tahap
Pendahuluan (Introduction)
· Tahap
awal pemasaran produk ini adalah masyarakat sekitar
2) Tahap
Pertumbuhan (Growth)
· Pada
masa pertumbuhan pemasaran akan diperluas dengan cara menawarkan produk
isi ulang ke warung – warung untuk menjual produk kami.
3) Tahap
Kedewasaan (Maturity)
· Pada
masa maturity, diharapkan sudah bisa memproduksi sendiri Air Minum Dalam
Kemasan (AMDK) seperti botol dan gelas. Dan sudah mempunyai pasar yang luas
untuk penjualan AMDK
Rencana
penjualan produk ini adalah kepada masyarakat dan penitipan produk ke warung –
warung untuk berkerja sama menjual produk kami.
Product
Life Cycle
|
Biaya
|
Jangka
Waktu (tahun)
|
Tahap
Introduction
|
Rp 22.000.000,-
|
1
|
Tahap
Growth
|
Rp 50.000.000,-
|
3
|
Tahap
Maturity
|
Rp >100.000.000,-
|
10
|
2.9 Resiko
atau ancaman terhadap bisnis Air isi ulang
Dalam usaha
ini, sebenarnya sangat minim terhadap resiko. Karena bahan baku melimpah dan
bersifat gratis, namun disisi lain resiko yang dihadapi adalah kerusakan
terhadap alat dan pecahnya gallon. Itupun juga sangat jarang terjadi, karena
alat filterisasi dan gallon sangatlah kuat dan jarang terjadi kerusakan.
Selain
resiko kerusakan alat, resiko lain adalah terjadinya kecelakaan kerja yang
tidak terduga, seperti kecelakaan sepeda motor saat distribusi/pengiriman dan
lain sebagainya.
Dalam
memproduksi air mineral isi ulang menggunakan teknologi gradation dan multy
media filtration dengan pemrosesan system filtrasi 14 kali serta penyaringan
sampai 0.1 micron melalui ultra violet sterilisasi system.
Spesifikasi
nama – nama sparepart air isi ulang adalah sebagai berikut :
No
|
Nama
komponen
|
Jumlah
|
Satuan
|
1
|
Tabung media filter
|
2
|
Unit
|
2
|
Kran 3 way semi otomatis
|
2
|
Buah
|
3
|
Ultra violet
|
1
|
Unit
|
4
|
Housing filter warna biru
|
12
|
Buah
|
5
|
Vilter CTO
|
1
|
Unit
|
6
|
Filter GAC
|
1
|
Unit
|
7
|
Filter cartridge sediment
|
12
|
Buah
|
8
|
Carbon aktif
|
1
|
Zak
|
9
|
Silica sand / pasir silica
|
1
|
Zak
|
10
|
Pompa primer
|
1
|
Unit
|
11
|
Plumbing / perpipaan
|
1
|
Set
|
12
|
Kelistrikan
|
1
|
Set
|
13
|
Tendon air
|
2
|
buah
|
14
|
Display partisi atau lemari kaca
|
2
|
Unit
|
Perlengkapan
yang dibutuhkan dalam bisnis isi ulang air minum
adalah:
a) Kebutuhan Tempat
Dalam bisnis
isi ulang air minum, diperlukan tempatyaitu :
1. Ruangan
untuk lemari kaca display partisi
2. ruangan
untuk tandon air
b) Kebutuhan Sarana
1. Meja
2. Kursi
3. ATK
4. Listrik
5. dll
1) Proses Produksi
Dalam memproduksi
satu gallon air minum isi ulang, dibutuhkan 1 liter air untuk membilas dan 19
liter air isi ulang. 1 tutup gallon dan 1 tissu
Sebelum
diisi ulang, gallon dicuci bersih terlebih dahulu bagian luarnya, setelah itu
dibersihkan bagian dalamnya dengan menggunakan sikat gallon yang berputar.
2) Distribusi
Pengiriman
atau proses distribusi menggunakan sepeda motor
1) Dampak
Terhadap Masyarakat Sekitar
· Memperkerjakan
masyarakat sekitar
· Berkomitmen
untuk masa depan yang berkelanjutan
2) Analisis
Resiko Usaha
· Kecelakaan
kerja
· Kerusakan
produk
· Persaingan
ketat
3) Antisipasi
Resiko Usaha
· Asuransi
· Buka
cabang
Kebutuhan
modal pada usaha ini adalah Rp. 54.245.000
Sumber dana
1) Kebutuhan
Modal
Modal
Investasi : Rp 61,000,000
Operasional
dll : Rp 3,745,000 +
Total
kebutuhan
modal : Rp 64,745,000
2) Sumber
Dana/Modal
Modal Pribadi : Rp 10,000,000 –
Kekurangan
modal : Rp 54,745,000
NAMA
BARANG
|
SATUAN
|
JUMLAH
SATUAN
|
HARGA
SATUAN
|
JUMLAH
|
Biaya Bangunan
|
M2
|
20
|
1,000,000
|
20,000,000.00
|
Mesin
|
Unit
|
1
|
18,500,000
|
18,500,000.00
|
Galon
|
buah
|
300
|
35,000
|
10,500,000
|
Sepeda Motor
|
Unit
|
1
|
12,000,000
|
12,000,000.00
|
TOTAL
|
61,000,000.00
|
Jabatan
|
Jumlah
Tenaga Kerja (Org)
|
Gaji /
Bulan (Rp)
|
Produksi
|
1
|
750,000
|
Distribusi
|
1
|
750,000
|
Total
|
2
|
1,500,000
|
Biaya
Operasional
|
Jumlah
Biaya (Rp)
|
|
Biaya Listrik
|
±
900 kwh / bln
|
100,000
|
Bensin
|
60 Liter /
bln
|
425,000
|
Pulsa
|
/ bln
|
100,000
|
Servis sepeda motor
|
/bln
|
85,000
|
Tutup galon, tisu, sabun dll
|
750,000
|
|
Total
Biaya Operasional
|
1,460,000
|
Perlengkapan
Kantor & ATK
|
Jumlah
|
Harga
Satuan (Rp)
|
Sub
Total (Rp)
|
Meja Kerja
|
1
|
485,000
|
485,000
|
Kursi
|
2
|
150,000
|
300,000
|
ATK
|
1
|
100,000
|
100,000
|
Total
Perlengkapan Kantor dan ATK
|
785,000
|
Modal
Kerja
|
Biaya (Rp)
|
Biaya Tenaga Kerja
|
1,500,000
|
Biaya Operasional
|
1,460,000
|
Investasi perlengkapan kantor, ATK
|
785,000
|
Total
|
3,745,000
|
Jenis
Penjualan
|
Harga
Jual per-galon
(Rp)
|
Per-hari
|
Per-bln
|
Pemasukan/bln
|
Konsumen
|
5,000
|
30
|
900
|
4,500,000.00
|
Warung
|
4,000
|
60
|
1,800
|
7,200,000.00
|
Jumlah
|
2,700
|
11,700,000.00
|
Penjualan
Langsung /
bln : 11,700,000
Satu
Tahun : 12_ x
140,400,000
Penjualan
Langsung /
bln : Rp 11,700,000
Satu Tahun : 12_ x
Rp 140,400,000
Arus kas
masuk 140,400,000
Biaya tenaga
kerja : Rp 18,000,000
Biaya
operasional : Rp 17,520,000
ATK : Rp 1,200,000 +
Total biaya
tahun
pertama : Rp 36,720,000
Ppn 10% arus
kas
masuk : Rp 14,040,000 +
Arus kas
keluar Rp 50,760,000 –
Arus kas
operasional : Rp 89,640,000
Saldo kas
awal : Rp - –
Saldo kas
akhir : Rp 89,640,000
Penjualan
perbulan = 11,700,000
PPN
10% = 1,170,000 –
10,530,00
Biaya Tenaga
Kerja = 1,500,000
Biaya
Operasional = 1,460,000
ATK = 100,000 –
Laba bersih perbulan = 7,470,000
Laba bersih
per
bulan = 7,470,000
Bulan dalaam
1
tahun = 12 x
Laba bersih
pertahun = 89,640,000
Proceed
tahun
1 = 89,640,000
Kekurangan
proceed = 54,745,000
Payback
Period = KURANG DARI SATU TAHUN SUDAH KEMBALI
Total
kebutuhan modal : 64,745,000 :
±9 bulan
Laba
bersih per
bulan : 7,470,000
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Dari makalah
bisnis ini dapat disimpulkan bahwa membuka usaha Isi ulang air minum sangat
menguntungkan. Meskipun banyak pesaing, namun seiring berjalannya waktu,
kebutuhan air minum juga sangat meningkat.
Dalam bisnis
isi ulang air minum, jika melayani delivery order sebaiknya ketepatan
pengiriman sangat diperhatikan. Karena hal tersebut akan berpengaruh pada
keloyalan terhadap produk kita. Semakin baik pelayanan, maka konsumen akan
bertambah dengan sendirinya.
Post a Comment for "Contoh makalah proposal bisnis pengantar bisnis"