Contoh Makalah Facebook
Menurut wikipedia Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang diluncurkan pada bulan Februari 2004. Hingga September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam.[9] Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman,
dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka
memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup
pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat
kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan
mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja"
atau "Teman Dekat".
Karena sangat populernya facebook, sangat cocok digunakan sebagai tema Makalah, berikut ini adalah contoh makalah tentang Facebook.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Dalam era
globalisasi saat ini pengaruh internet sangat tak terkendalikan lagi.
Penggunanya pun bukan lagi hanya sekedar dari kalangan orang dewasa saja, melainkan
sudah merembah pada kalangan anak - anak kecil setingkat SD. Penggunaannya pun
bervariasi mulai dari chatting, browsing, searching, dan lain-lain.
Teknologi
yang semakin canggih memudahkan semua orang untuk memperoleh informasi yang
mereka inginkan. Banyak situs jejaring sosial yang semakin popular dan menjamur
saat ini. Salah satunya adalah dunia pertemanan facebook.
Dari hasil survei menyatakan bahwa penggunaan internet untuk pertemanan
(31%), mencari informasi (27%), dan membaca berita (15%). Hal ini membuktikan
bahwa situs pertemanan atau yang biasa dikenal sebagai situs jejaring sosial
banyak diminati oleh para pengguna internet. Dengan situs jejaring sosial kita
dapat menjalin sebuah pertemanan dan berkomunikasi dengan lebih dari satu orang
yang berada tidak hanya di daerah yang sama melainkan diberbagai penjuru dunia.
Bukan hanya itu, kita juga dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita karena
banyak berita update atau terbaru yang dapat kita peroleh secara cuma - cuma
disana. Manfaat situs jejaring sosial ini dapat dipandang dari sisi positif dan
sisi negatif, yang dapat membangun perkembangan Sumber Daya Manusia maupun dapat
menghambat perkembangan sebuah SDM, tergantung
siapa yang menggunakannya dan untuk apa digunakannya.
Facebook adalah jejaring sosial dimana pengikut terbanyak adalah kalangan
remaja. Menggunakan facebook telah menjadi bagian lazim, sebuah kajian tahun
2009 yang dilakukan oleh Harris Interactive and Teenage Reasearh Unlimited
mengemukakan bahwa anak muda berusia 13-24 tahun menghabiskan lebih banyak
menghabiskan waktu online setiap minggu di bandingkan menonton televisi,
rata-rata 17 banding 14 jam.” Badan Pengamat Tekhnologi (Suwarno:2009) juga
mengemukakan Indonesia merupakan negara terbesar ke-3 pengguna facebook terbanyak
di dunia.
Facebook
sebagai jejaring sosial yang digunakan oleh masyarakat Indonesia pada abad 21
ini untuk melakukan interaksi antara yang satu dengan yang lain. Facebook
mempunyai fasilitas yang dapat menghubungkan komunikasi antara yang satu dengan
yang lain dengan mudah dan praktis tanpa mengenal jarak, waktu dan tempat
sehingga mempermudah semua orang untuk berkomunikasi melalui dunia maya.
Saat ini facebook sangat berpengaruh pada kehidupan masyarakat, salah satu
nya adalah kehidupan sosial remaja, ditandai dengan anggapan bahwa remaja yang
mempunyai facebook adalah remaja gaul. Seiring dengan perkembangan teknologi
facebook dapat diakses kapanpun dimanapun. Akhir-akhir ini Badan Pengamat
Teknologi Indonesia (Suwarno:2009) juga mengemukakan bahwa 40% remaja mengakses
facebook saat pelajaran berlangsung, ini menandakan bahwa mereka lebih sering
online daripada mendengarkan pelajaran yang diterangkan guru mereka, oleh
karena itu saat ini antara facebook dengan remaja merupakan suatu hubungan yang
tak dapat di pisahkan, padahal akhir-akhir ini banyak kejadian-kejadian yang
penyebabnya juga karena facebook. Hal seperti ini harus segera dicari jalan
keluar yang terbaik agar para remaja tidak telalu larut dalam kemajuan
tekhnologi yang ada.Sehingga para remaja nantinya bisa memilah dengan baik
antara waktu belajar mereka dengan waktu online sehingga mereka tidak menyesal
dikemudian hari.
1.2 Perumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang yang penulis kemukakan diatas, maka dapat dirumuskan pokok
masalah yang diangkat dalam krya ilmiah ini adalah sebagai berikut :
a. Apa yang
dimaksud dengan Jejaring Sosial (Facebook) ?
b. Apa
dampak positif dan negatif Jejaring Sosial bagi manusia ?
c. Bagaimana
pengaruh situs Jejaring Sosial (facebook) terhadap perilaku manusia ?
d. Faktor apa yang membuat Facebook menjadi sering diakses ?
e. Bagaimana
cara meminimalisir dampak negatif dari Facebook?
f. Bagaimana cara memanfaatkan
Facebook dengan baik dan benar?
1.3 Tujuan
Penelitian
1.
Mengetahui seberapa besar pengaruh situs jejaring sosial terhadap perilaku
manusia dan kehidupan bermasyarakat.
2. Memberikan informasi pada masyarakat tentang dampak positif dan dampak negatif situs jejaring social.
3. Memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Psikologi Program Studi S1 Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi , Universitas Sumatera Utara (USU).
2. Memberikan informasi pada masyarakat tentang dampak positif dan dampak negatif situs jejaring social.
3. Memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Psikologi Program Studi S1 Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi , Universitas Sumatera Utara (USU).
1.4 Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam karya tulis ini adalah metode kepustakaan yakni metode mengambil data dari bahan pustaka di perpustakaan atau internet.
Metode yang digunakan dalam karya tulis ini adalah metode kepustakaan yakni metode mengambil data dari bahan pustaka di perpustakaan atau internet.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Sejarah
Internet
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk
oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA
yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka
mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis
UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui
saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa
besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka
tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal
sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah
untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat
(US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar
dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah
bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi
terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4
situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa
Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di
tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972.
Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua
universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET
kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
2.2 Perkembangan Situs Jejaring Sosial
Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan hubungan.
Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
2.2 Perkembangan Situs Jejaring Sosial
Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan hubungan.
Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.
2.3
Pengertian Facebook
Facebook adalah situs web jaringan sosial yang di luncurkan pada 4 Februari
2004 dan di dirikan oleh Mark Zukerberg. Facebook didirikan oleh alumni
mahasiswa harvard university yang bernama Mark Zuckerberg,
asal Facebook ini sebenarnya merupakan aplikasi yang dibuat mark yang bertujuan
untuk komunikasi antara mahasiswa harvard, dan ternyata dalam waktu dua minggu
setelah Facebook diluncurkan, hampir separuh dari semua mahasiswa Harvard telah
mendaftar dan memiliki account di Facebook. Dan beberapa kampus lain seperti
yale, stanford dan kampus terdekat pun meminta untuk dimasukkan dalam jaringan
Facebook.
2.4 Sejarah Facebook
Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari
2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg,
Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.
Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.
BAB III
PEMBAHASAN
Situs jejaring sosial adalah sebutan atau
nama lain dari web.comunity. Jejaring sosial pada umumnya digunakan untuk
melakukan kolaborasi antar netter atau pengguna. Kolaborasi dalam hal ini
diantaranya yakni saling melakukan komunikasi berupa saling memberi pendapat,
mencara teman, bertukar file, atau mengirim email. Layaknya situs dalam dunia
internet lainnya, penggunaan situs jejaring sosial juga memiliki dampak positif
dan negatif terhadap pemakainya.
3.1 Dampak
negatif Facebook
a. Tidak peduli dengan sekitarnya Orang yang sudah kecanduan facebook terlalu asyik dengan dunianya sendiri (dunia yang diciptakannya) sehingga tidak peduli dengan orang lain dan lingkungan di sekitarnya. Seseorang yang telah kecanduan facebook sering mengalami hal ini.
b. Kurangnya sosialisasi dengan lingkungan
Ini dampak dari terlalu sering dan terlalu lama bermain facebook. Ini cukup mengkhawatirkan bagi perkembangan kehidupan sosial remaja. Mereka yang seharusnya belajar sosialisai dengan lingkungan justru lebih banyak menghabiskan waktu lebih banyak di dunia maya bersama teman-teman facebooknya yang rata rata membahas sesuatu yang tidak penting. Akibatnya kemampuan verbal si anak menurun. Tentu yang dimaksud autis di sini bukan dalam arti yang sebenarnya.
Ini dampak dari terlalu sering dan terlalu lama bermain facebook. Ini cukup mengkhawatirkan bagi perkembangan kehidupan sosial remaja. Mereka yang seharusnya belajar sosialisai dengan lingkungan justru lebih banyak menghabiskan waktu lebih banyak di dunia maya bersama teman-teman facebooknya yang rata rata membahas sesuatu yang tidak penting. Akibatnya kemampuan verbal si anak menurun. Tentu yang dimaksud autis di sini bukan dalam arti yang sebenarnya.
c. Menghamburkan uang
Akses internet untuk membuka facebook jelas berpengaruh terhadap kondisi keuangan (terlebih kalau akses dari warnet). Dan biaya internet di Indonesia yang cenderung masih mahal bila dibanding negara negara lain (mereka sudah banyak yg gratis). Ini sudah bisa dikategorikan sebagai pemborosan, karena tidak produktif. Lain soal jika mereka menggunakannya untuk kepentingan bisnis.
Akses internet untuk membuka facebook jelas berpengaruh terhadap kondisi keuangan (terlebih kalau akses dari warnet). Dan biaya internet di Indonesia yang cenderung masih mahal bila dibanding negara negara lain (mereka sudah banyak yg gratis). Ini sudah bisa dikategorikan sebagai pemborosan, karena tidak produktif. Lain soal jika mereka menggunakannya untuk kepentingan bisnis.
d. Mengganggu kesehatan
Terlalu banyak nongkrong di depan monitor tanpa melakukan kegiatan apa pun, tidak pernah olah raga sangat beresiko bagi kesehatan. Penyakit akan mudah datang. Telat makan dan tidur tidak teratur. Obesitas (kegemukan), penyakit lambung (pencernaan), dan penyakit mata adalah gangguan kesehatan yang paling mungkin terjadi.
Terlalu banyak nongkrong di depan monitor tanpa melakukan kegiatan apa pun, tidak pernah olah raga sangat beresiko bagi kesehatan. Penyakit akan mudah datang. Telat makan dan tidur tidak teratur. Obesitas (kegemukan), penyakit lambung (pencernaan), dan penyakit mata adalah gangguan kesehatan yang paling mungkin terjadi.
e. Berkurangnya waktu belajar
Ini sudah jelas, terlalu lama bermain facebook akan mengurangi jatah waktu belajar si anak sebagai pelajar. Bahkan ada beberapa yang masih asyik bermain facebook saat di sekolah.
Ini sudah jelas, terlalu lama bermain facebook akan mengurangi jatah waktu belajar si anak sebagai pelajar. Bahkan ada beberapa yang masih asyik bermain facebook saat di sekolah.
f. Kurangnya perhatian untuk keluarga
Keluarga di rumah adalah nomor satu. Slogan tersebut tidak lagi berlaku bagi para facebookers. Buat mereka temen temen di facebook adalah nomor satu. Tidak jarang perhatian mereka terhadap keluarga menjadi berkurang.
Keluarga di rumah adalah nomor satu. Slogan tersebut tidak lagi berlaku bagi para facebookers. Buat mereka temen temen di facebook adalah nomor satu. Tidak jarang perhatian mereka terhadap keluarga menjadi berkurang.
g. Tersebarnya data pribadi
Beberapa facebookers memberikan data-data mengenai dirinya dengan sangat detail. Biasanya ini untuk orang yang baru kenal internet hanya sebatas facebook saja. Mereka tidak tahu resikonya menyebarkan data pribadi di internet. Ingat data data di internet mudah sekali bocor, apalagi facebook yang gampang sekali di hack!
Beberapa facebookers memberikan data-data mengenai dirinya dengan sangat detail. Biasanya ini untuk orang yang baru kenal internet hanya sebatas facebook saja. Mereka tidak tahu resikonya menyebarkan data pribadi di internet. Ingat data data di internet mudah sekali bocor, apalagi facebook yang gampang sekali di hack!
h. Mudah menemukan sesuatu berbau pornografi dan sex
Mudah sekali bagi para facebookers menemukan sesuatu yang berbau porno dan. Karena kedua hal itu yang paling banyak dicari di internet dan juga paling mudah ditemukan. nah, inilah fakta tidak dewasanya pengguna intenet Indonesia. Hanya menggunakan internet untuk mencari konten "berlendir". Di facebook akan sangat mudah menemukan grup sex, grup tante kesepian, grup cewek bispak dsb.
Mudah sekali bagi para facebookers menemukan sesuatu yang berbau porno dan. Karena kedua hal itu yang paling banyak dicari di internet dan juga paling mudah ditemukan. nah, inilah fakta tidak dewasanya pengguna intenet Indonesia. Hanya menggunakan internet untuk mencari konten "berlendir". Di facebook akan sangat mudah menemukan grup sex, grup tante kesepian, grup cewek bispak dsb.
i. Rawan terjadinya perselisihan
Tidak adanya kontrol dari pengelola facebook terhadap para anggotanya dan ketidak dewasaan pengguna facebook itu sendiri membuat pergesekan antar facebookers sering sekali terjadi.
Tidak adanya kontrol dari pengelola facebook terhadap para anggotanya dan ketidak dewasaan pengguna facebook itu sendiri membuat pergesekan antar facebookers sering sekali terjadi.
j. Sering terjadi penipuan
Seperti media media lainnya, facebook juga rawan terhadap penipuan. Apalagi bagi anak anak yang kurang mengerti tentang seluk beluk dunia internet. Bagi si penipu sendiri, kondisi dunia maya yang serba anonim jelas sangat menguntungkan.
Seperti media media lainnya, facebook juga rawan terhadap penipuan. Apalagi bagi anak anak yang kurang mengerti tentang seluk beluk dunia internet. Bagi si penipu sendiri, kondisi dunia maya yang serba anonim jelas sangat menguntungkan.
k. Kerusakan
fisik juga sangat mungkin terjadi. Bila menggunakan mouse atau memencet keypad
ponsel selama berjam-jam setiap hari, seseorang dapat mengalami cedera tekanan
yang berulang-ulang. Penyakit punggung juga merupakan hal yang umum terjadi,
pada orang-orang yang menghabiskan banyak waktu duduk di depan meja komputer.
l. Media elektronik, seperti komputer, laptop, atau handphone (ponsel) juga menghancurkan secara perlahan-lahan kemampuan anak-anak dan kalangan dewasa muda untuk mempelajari kemampuan sosial dan membaca bahasa tubuh. Maksudnya adalah seseorang akan mengalami pengurangan interaksi dengan sesama mereka dalam jumlah menit per hari-nya menyebabkan jumlah orang yang tidak dapat diajak berdiskusi mengenai masalah penting, menjadi semakin meningkat setiap harinya.(teknologi.kompasiana.com)
m. Perilaku berkurangnya aktifitas berinreraksi langsung secara face to face terhadap orang lain juga dapat meningkatkan risiko kesehatan yang serius, seperti kanker, struk, penyakit jantung, dan dementia (kepikunan).
n. Sebuah penelitian terbaru dari Aryn Karpinski, peneliti dari Ohio State University, menunjukkan bahwa para mahasiswa pengguna FB ternyata mempunyai nilai yang lebih rendah daripada para mahasiswa non pengguna FB. Dari 219 mahasiswa yang diriset oleh Karpinski, 148 mahasiswa pengguna FB ternyata memiliki nilai yang lebih rendah daripada mahasiswa non pengguna.. Namun diduga FB telah menyebabkan waktu belajar para siswa tersita oleh keasyikan berselancar di situs jaring sosial yang tengah populer ini. Para pengguna FB mengakui waktu belajar mereka memang telah tersita. Rata-rata para siswa pengguna FB kehilangan waktu antara 1 - 5 jam sampai 11 - 15 jam waktu belajarnya per minggu untuk bermain FB. (sisqute5.blogspot.com)
3.2 Dampak positif Facebook
l. Media elektronik, seperti komputer, laptop, atau handphone (ponsel) juga menghancurkan secara perlahan-lahan kemampuan anak-anak dan kalangan dewasa muda untuk mempelajari kemampuan sosial dan membaca bahasa tubuh. Maksudnya adalah seseorang akan mengalami pengurangan interaksi dengan sesama mereka dalam jumlah menit per hari-nya menyebabkan jumlah orang yang tidak dapat diajak berdiskusi mengenai masalah penting, menjadi semakin meningkat setiap harinya.(teknologi.kompasiana.com)
m. Perilaku berkurangnya aktifitas berinreraksi langsung secara face to face terhadap orang lain juga dapat meningkatkan risiko kesehatan yang serius, seperti kanker, struk, penyakit jantung, dan dementia (kepikunan).
n. Sebuah penelitian terbaru dari Aryn Karpinski, peneliti dari Ohio State University, menunjukkan bahwa para mahasiswa pengguna FB ternyata mempunyai nilai yang lebih rendah daripada para mahasiswa non pengguna FB. Dari 219 mahasiswa yang diriset oleh Karpinski, 148 mahasiswa pengguna FB ternyata memiliki nilai yang lebih rendah daripada mahasiswa non pengguna.. Namun diduga FB telah menyebabkan waktu belajar para siswa tersita oleh keasyikan berselancar di situs jaring sosial yang tengah populer ini. Para pengguna FB mengakui waktu belajar mereka memang telah tersita. Rata-rata para siswa pengguna FB kehilangan waktu antara 1 - 5 jam sampai 11 - 15 jam waktu belajarnya per minggu untuk bermain FB. (sisqute5.blogspot.com)
3.2 Dampak positif Facebook
a. Facebook menjadi sarana pembentukan identitas.
b. Para pengguna Facebook mengatakan jejaring ini sebagai tempat
dimana seseorang dapat menjadi dirinya sendiri dan bebas berkomunikasi dengan
teman dekat, ibu, bapak, saudara, pacar, teman bisnis, atau jejaring yang lebih
luas.
c. Pengguna dapat berbagi foto diri dan teman-teman, video, dan membangun
komunitas maya, termasuk menggalang kepedulian.
d. layout yang sangat baik walaupun ada beberapa menu yang posisinya tidak
gampang ditemukan.
e. tanpa banner ataupun iklan gambar yang mencolok.
f. Jaringan, pada awal pembuatan account kita disuruh memilih jaringan utam
kita berdasarkan negara.
g. Status update, kita bisa mengisi status kita sedang apa saja. Misalnya lagi dirumah, trus pergi kuliah, semua itu bisa diupdate dan bisa
dilihat oleh pengguna lain.
h. Mobile access, fitur yang sangat mobile.
i. Mobile Browsing, bisa mengakses website Facebook langsung dari handphone
kamu.
j. Anti Fake account and Spam, Facebook memiliki fitur yang mantap mencegah
account palsu dan spam.
k. Tag Photo dengan fitur ini, maka saat foto bersama, sesama pengguna
Facebook bisa “tagging” atau menandai orang lain yang ada dalam foto tersebut,
dan akan terkirim ke Facebook orang yang di tag.
l. Banyak game bagus yang bisa langsung dimainin di Facebook langsung.
m.
Memperluas pergaulan / network
n. Sebagai media promosi dalam bisnis
o.Tempo Interaktif (14/4) memberitakan, FB ternyata juga membawa pengaruh baik dan buruk. Sejumlah studi mengatakan, FB membawa pengaruh baik pada orang usia lanjut, 50 tahun ke atas. Melalui FB yang mudah dioperasikan itu, para orang tua membuka kembali komunikasinya dengan banyak teman lamanya dan itu membawa pengaruh baik bagi perkembangan sosialnya.
n. Sebagai media promosi dalam bisnis
o.Tempo Interaktif (14/4) memberitakan, FB ternyata juga membawa pengaruh baik dan buruk. Sejumlah studi mengatakan, FB membawa pengaruh baik pada orang usia lanjut, 50 tahun ke atas. Melalui FB yang mudah dioperasikan itu, para orang tua membuka kembali komunikasinya dengan banyak teman lamanya dan itu membawa pengaruh baik bagi perkembangan sosialnya.
Contoh – contoh penyalahgunaan Facebook adalah sebagai berikut :
a. Penyebaran foto-foto dan
video-vidio yang tidak sopan.
b. Perceraian karena dapat
berteman dan berkomunikasi secara bebas, situs pertemanan seperti Facebook dapat menimbulkan
kecemburuan dan perselingkuhan.
c. Menyebabkan seseorang
mengalami kesulitan untuk membedakan hal nyata dan tidak nyata,
yaitu gejala penyakit neurotik
skizofrenia
d. Membuat seseorang menjadi
ingin tahu urusan orang lain
e. Beredar banyak kata-kata kasar
f. Menjadi tempat untuk ajang
pamer. Memamerkan foto mobil mewahnya, rumahnya, dan lain-lain.
g. Sering dijadikan ajang untuk
membicarakan narkoba dan seks.
h. Dijadikan sebagai tempat jual-beli wanita.
3.3 Faktor Mengapa Facebook
Sering di akses
Menurut Dosen Sekolah Tinggi Manajemen Informatika (STMIK TIME) Edi Wijaya,
dalam bukunya yang berjudul remaja dan media halaman 9, baik buruknya
menggunakan Facebok itu tergantung orangnya.
"Jika dia menggunakan untuk hal-hal kurang bermanfaat, maka yang rugi dirinya sendiri karena telah menyalah. Sebaliknya Facebook itu bisa bermanfaat bila mencari hal positifnya," ujar Edi Wijaya.
"Jika dia menggunakan untuk hal-hal kurang bermanfaat, maka yang rugi dirinya sendiri karena telah menyalah. Sebaliknya Facebook itu bisa bermanfaat bila mencari hal positifnya," ujar Edi Wijaya.
Menurut penelitiannya, factor yang mempengaruhi mengapa facebook sering di
akses oleh 45% dikarenakan remaja merasa terhibur, 27% mengatakan mereka lebih
mudah mendapatkan teman dan tidak kesepian lagi akibat mereka susah
bersosialisasi, 20% mengatakan untuk bermain game yang ada di facebook,
sedangkan 8% hanya karena ada tugas.
Sebagai orang muda, kata Edi, Facebook itu bisa juga memberikan
"kelonggaran" bagi orang-orang yang bekerja untuk mengendorkan
urat-urat syarafnya setelah habis bekerja. Selain itu, juga bisa mendapatkan
ilmu karena di situs itu juga terdapat blok-blok tentang ilmu pengetahuan.(Edi
Wijaya,Remaja dan Media(Bandung: Pakar Raya, 2010)
3.4 Upaya Meminimalisir Dampak
Negatif dari Facebook
Kecanduan terhadap sesuatu memanglah
tidak terlalu baik untuk diri sendiri begitu pula dengan ketertarikan Facebook
yang berlebihan. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah dampak negatif
dari Facebook :
a. Bermain Facebook dengan aman, dapat dilakukan dengan cara
melindungi password agar orang lain tidak mengetahuinya
b. Jangan
menyimpan data yang terlalu pribadi, biasanya para facebookers muda selalu
menyimpan data yang pribadi di profil facebook mereka. Misalnya, nomor hp,
alamat rumah, nama lengkap dan lainyya. Mungkin maksudnya baik, agar terlihat
lebih santun dan ramah. Tetapi tu adalah suatu awal dari bumerang
c. Kenali
sisi positif dan negatifnya, dari jawaban remaja di SMAN 1 SEWON, 54% dari
mereka mengaku bahwa facebook lebih banyak manfaatnya.sedangkan 36% mengatakan
bahwa facebooklebih banyak negatifnya. Dari
data tersebut dapat disimpulkan bahwa mereka telah mengetahui dampak
negatif dan manfaatnya
d. Menggunakan
facebook sesuai porsinya, berlebihan dalam konteks apapun tidak dibenarkan.
Jadi hindari yang namanya kecanduan facebook. Jangan sampai menelantarkan
belajar demi kesenangan sesaat
e. Bersikap
baik, hindari konflik, beragam tipe dan karakter manusia di dalam situs
jejaring sosial semacam facebook, membuka peluang terjadinya benturan antara sesama pengguna facebook satu dengan
lainnya.
Sedangkan
cara mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dalam menggunakan facebook adalah :
a. Memasang
foto profil yang sopan, karena dengan memasang foto profil yang senonoh dapat
menimbulkan perilaku menyimpang bahkan dapat menimbulkan nafsu
b. Membuat
status yang tidak menyindir siapapun, jangan sekali-kali melampiaskan kekesalan
kepada orang lain di jejaring sosial. Itu dapat merusak citra dan nama baik
orang lain diri sendiri
c. Bersikap
sopan, jangan bersikap kasar dan tidak sopan pada orang lain. Karena di
jejaring sosial seperti facebook, tingkah laku dan ucapan kita dilihat dan
disaksikan orang banyak
d. Menulis
sesuatu yang menjelek-jelekkan orang lain,menjelekkan keburukan orang lain akan
membuat pengguna facebook yang lain merasa malu dan terimidasi dengan sikap
kita yang sebenarnya hanya bercanda
e.
Menggunakan fasilitas Privacy Setting, ini dilakukan agar hanya orang tertentu
saja yang dapat melihat profil facebook kita(tidak dapat dipantau orang lain)
f. Simpan
username dan password dengan baik agar tidak hack, setelah membuka facebook,
sebaiknya facebook di log out dulu agar hacker tidak bisa menggunakan facebook
kita sembarangan. Jangan pernah berikan alamat e-mail dan password kepada orang
lain. Dapat menyebabkan tindak kriminalitas.
3.5 Cara memanfaatkan Facebook
dengan baik dan benar
Adapun cara mengatasi dampak negatif Facebook adalah :
a. Mengatur
waktu, harus pintar-pintar mengatur waktu. Kapan mengerjakan tugas dan kapan
untuk bersenang-senang
b. Menghargai
orang lain, jangan menyindir bahkan menjelek-jelekkan orang lain di facebook.
Agar tidak menimbulkan konflik yang berkepanjangan
c. Bisa
menentukan proritas, harus bisa membedakan mana yang lebih penting antara tugas
kita membuka facebook.
d. Harus
mengetahui fungsi facebook, apabila mengetahui fungsi facebook, seseorang tidak
akan menyalah gunakannya.
e. Membatasi
membuka facebook, dengan membatasi membuka facebook, tidak akan terjadi
pemborosan.
Untuk itu para remaja harus tahu bagaimana cara memanfaatkan facebook dengan
baik dan benar agar tidak terjerumus dengan hal-hal yang tidak diinginkan.
Gunakan facebook seperlunya saja.
Menggunakan facebook adalah hal yang
diperbolehkan selama itu tidak merusak diri sendiri. Sudah saatnya para pelajar
menyadari bahwa kewajiban utamanya adalah belajar dan sebaiknya kegiatan
tersebut tidak terganggu oleh kegiatan lainnya. Peran orang tua juga sangat
penting bagi proses kedewasaan remaja dalam pemilihan teknologi yang sangat
mempengaruhi segala aspek kehidupan.Sekitar 86,7% orangtua dari para remaja
tahu bahwasanya putra dan putrinya mempunyai facebook.
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
IV.1
Kesimpulan
Pada
dasarnya membuat networking atau jejaring sosial itu sangatlah penting. Bila perlu
buatlah jejaring pertemanan bukan hanya dari dalam negeri saja, melainkan
hingga ke luar negeri. Karena hal ini dapat memepermudahkan kita dalam dunia
kerja nanti. Disinilah peran situs jejaring sosial yang sebenarnya, yakni
memberikan seseorang sebuah tempat untuk dapat menjalin pertemanan dan
berkomunikasi pada lebih dari satu orang. Tapi kita juga tidak dapat
menyampingkan bahaya yang bisa terjadi akibat kecanduan situs jejaring sosial
ini. Banyak hal yang dapat terjadi jika kita lengah dalam berteman di dunia
maya karena dibalik sana banyak sekali orang - orang tidak bertanggung jawab
telah memanfaaatkan situs jejaring sosial untuk melakukan tindak kriminal. Oleh
karena itu kewaspadaan kita juga pengawasan daari orang tua sangat diperlukan
agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dalam berjejaring di dunia maya
seperti ini.
4.2 Saran
Berbahaya atau tidaknya situs jejaring sosial itu tergantung pada bagaimana kita mewaspadai hal - hal yang tidak diinginkan itu agar tidak terjadi. Oleh karena itu, sebaiknya para orang tua lebih mengawasi anak - anaknya ketika mereka sudah mulai berjejaring lewat dunia maya, peran pemerintah dan lembaga pendidikan juga penting disini, yakni memberikan penyuluhan tentang bahaya berjejaring di dunia maya. Dengan begitu mereka secara perlahan akan mengerti dan bisa bertindak waspada ketika mereka sedang bermain atau berjejaring di dunia maya dan secara tidak langsung tindakan tersebut dapat mengurangi kasus - kasus yang ada akibat situs jejaring sosial.
Berbahaya atau tidaknya situs jejaring sosial itu tergantung pada bagaimana kita mewaspadai hal - hal yang tidak diinginkan itu agar tidak terjadi. Oleh karena itu, sebaiknya para orang tua lebih mengawasi anak - anaknya ketika mereka sudah mulai berjejaring lewat dunia maya, peran pemerintah dan lembaga pendidikan juga penting disini, yakni memberikan penyuluhan tentang bahaya berjejaring di dunia maya. Dengan begitu mereka secara perlahan akan mengerti dan bisa bertindak waspada ketika mereka sedang bermain atau berjejaring di dunia maya dan secara tidak langsung tindakan tersebut dapat mengurangi kasus - kasus yang ada akibat situs jejaring sosial.
a. Harus ada
kesadaran dari semua pihak.
b. Orang tua memberikan pengawasan yang lebih saat anak sedang menggunakan
internet.
c. Harus lebih bijaksana dalam menggunakan jejaring social.
d. Hindari situs-situs yang tidak layak dilihat oleh pelajar.
e. Jangan pernah berikan informasi pribadi kepada orang asing.
f. Lebih meningkatkan iman dan ketakwaan
masing-masing.
g. Sebaiknya orangtua selalu mengawasi, menasehati, serta mendampingi
anaknya mengenali karakteristik layanan teknologi informasi yang digunakan.
Jangan hanya selalu memberikan fasilitas pada anak tanpa adanya pengawasan.
Perhatian orangtua sangat dibutuhkan oleh seorang anak. Jangan sampai seorang
anak terjerumus hanya karena kurangnya perhatian dari orangtuanya.
h. Atur waktu online. Cara paling mudah adalah menggunakan stopwatch atau
alarm untuk mengontrol penggunaan internet. Beri jatah waktu untuk mengakses
facebook atau twitter.
i. Gunakan teknologi ‘primitif’. Dapat pesan di inbox facebook? balas
dengan menelponnya, terkesan lucu, aneh dan primitif? ya memang, namun dengan
telepon kita benar-benar berinteraksi dengan manusia.
j. Sosialisasi offline. Keluarlah, jangan hanya menjadi orang yang memiliki banyak
follower di twitter namun tidak memiliki pergaulan di dunia nyata. Ikuti
acara-acara komunitas atau desa kemudian berbaurlah. Jangan hanya ramai
berkicau di twitter namun saat bertatap muka secara langsung tidak bisa
berinteraksi dengan baik.
k. Batasi penggunaan jejaring social. Apakah anda termasuk tipikal orang yang memiliki semua
layanan jejaring sosial di internet? mulai Facebook, MySpace, Google+, Digg
atau yang lainnya? Jika iya, maka mulailah membatasi menggunakan layanan
tersebut, jangan aktif di banyak layanan yang memiliki fungsi sama.Contoh:
Pilih Facebook atau MySpace, jangan keduanya atau pilih Digg atau Stumble Upon.
l. Pahami prioritas. Jika
anda berada di kantor, prioritas anda adalah menyelesaikan pekerjaan.
Bermain-mainlah dengan jejaring sosial saat istirahat atau waktu kosong. Jangan
membuang waktu setiap menit ganti profil picture atau status
di BBM.
m. Uninstall aplikasi di
handphone. Sebenarnya anda tidak terlalu
membutuhkan aplikasi Facebook atau twitter di handphone anda, kecuali jika anda
memang bekerja dengan keduanya. Hapus aplikasi tersebut, jangan sampai anda
diputusin pasangan karena blackberry.
n. Habiskan waktu dengan keluarga, sahabat atau
orang tercinta. Saat memiliki waktu luang, akan lebih
berharga untuk menghabiskannya dengan keluarga, sahabat atau orang tercinta
dibandingkan dengan update status di facebook.
DAFTAR PUSTAKA
http://anugerawan.blogspot.com/2009/12/dampak-negatif-dan-positif-jaringan.html.
Diakses pada Sabtu,13 April 2013.
http://merdeka-panthom.blogspot.com/10 Diakses
pada Sabtu,13 April 2013.
http://rayandimas.blogspot.com/2010/02/dampak-dari-jejaringan-sosial.html.
Diakses pada Sabtu,13 April 2013.
http://www.kompas.com/Berjejaring Sosial Itu
Butuh Kedewasaan. Diakses pada Sabtu,13 April 2013.
http://www.idafazz.com/pengertian-facebook.php /
Diakses pada Sabtu,13 April 2013.
Hanna. 2009. Mengenal Jauh Facebook dalam http://blogunila.com/
Diakses pada Sabtu,13 April 2013.
Widy. 2010.
Sejarah Facebook dalam http://akusangpelangi.blogspot.com/ Diakses pada
Sabtu,13 April 2013.
Putra, Budi. 2009. The Republic Of Facebook dalam www.tempointeraktif.com/
Diakses pada Sabtu,13 April 2013.
Zuhairi,
Aminudin.2006.Tekhnik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Universitas Terbuka
Post a Comment for "Contoh Makalah Facebook"