Contoh makalah Dampak negatif plastik bagi lingkungan

Iklan/Advertisment

Artikel terkait : Contoh makalah Dampak negatif plastik bagi lingkungan

Menurut wikipedia Istilah plastik mencakup produk polimerisasi sintetik atau semi-sintetik. Mereka terbentuk dari kondensasi organik atau penambahan polimer dan bisa juga terdiri dari zat lain untuk meningkatkan performa atau ekonomi. Ada beberapa polimer alami yang termasuk plastik. Plastik dapat dibentuk menjadi film atau fiber sintetik. Nama ini berasal dari fakta bahwa banyak dari mereka "malleable", memiliki properti keplastikan. Plastik didesain dengan variasi yang sangat banyak dalam properti yang dapat menoleransi panas, keras, "reliency" dan lain-lain. Digabungkan dengan kemampuan adaptasinya, komposisi yang umum dan beratnya yang ringan memastikan plastik digunakan hampir di seluruh bidang industri.



Plastik dapat dikategorisasikan dengan banyak cara tetapi paling umum dengan melihat tulang-belakang polimernya (vinyl{chloride}, polyethylene, acrylic, silicone, urethane, dll.). Klasifikasi lainnya juga umum.

Plastik adalah polimer; rantai panjang atom mengikat satu sama lain. Rantai ini membentuk banyak unit molekul berulang, atau "monomer". Plastik yang umum terdiri dari polimer karbon saja atau dengan oksigen, nitrogen, chlorine atau belerang di tulang belakang. (beberapa minat komersial juga berdasar silikon). Tulang-belakang adalah bagian dari rantai di jalur utama yang menghubungkan unit monomer menjadi kesatuan. Untuk mengeset properti plastik grup molekuler berlainan "bergantung" dari tulang-belakang (biasanya "digantung" sebagai bagian dari monomer sebelum menyambungkan monomer bersama untuk membentuk rantai polimer). Pengesetan ini oleh grup "pendant" telah membuat plastik menjadi bagian tak terpisahkan di kehidupan abad 21 dengan memperbaiki properti dari polimer tersebut.

Berikut ini adalah  Contoh makalah Dampak negatif plastik bagi lingkungan



DAMPAK PENGUNAAN PLASTIK TERHADAP LINGKUNGAN

Disusun oleh :

Kelas :

    


KATA PENGANTAR
Puji  Syukur  patutlah  kami  panjatkan  kehadirat  Tuhan  Yang  Maha  Esa, karena  atas  rahmat  dan  bimbinganNya  sehingga  kami  bisa  menyelesaiakan  karya  ilmiah  ini  dengan  baik dan tepat pada waktunya.
Maksud  dan  tujuan  pembuatan  karya  ilmiah  ini  adalah  untuk  memenuhi  tugas  kompetensi  
Harapan  kami, semoga  karya  ilmiah  ini  bisa  bermanfaat  bagi  kita  semua  dan  bisa  menambah  ilmu  pengetahuan  kita, juga  dapat  memberi  kesadaran  kepada  kita  tentang  bahaya  penggunaan  plastik  bagi  lingkungan.
                                                                                 


BAB I
        PENDAHULUAN
A.    Latar  Belakang  Penelitian
        Bertambahnya jumlah populasi manusia mengakibatkan semakin meningkatnya kebutuhan sandang dan pangan. Semakin majunya zaman menuntut manusia untuk cepat dalam melakukan segala macam hal, termasuk dalam pemenuhan sandang dan pangan. Kebanyakan orang lebih memilih makanan dengan penyajian yang praktis dan cepat yang kebanyakan dikemas dengan plastik.
Saat ini, banyak makanan yang kemasannya dibuat dari plastik. Seperti yang kita ketahui bahwa plastik merupakan bahan yang sulit terurai oleh mikroorganisme dan membawa dampak buruk bagi lingkungan kita. Selain itu, sudah banyak sosialisasi yang diberikan tentang  dampak penggunaan kemasan plastik. Hal ini dapat diartikan juga, bahwa sudah banyak orang yang mengetahui tentang dampak buruk dari penggunaan kemasan plastik. Namun, kurangnya kesadaran manusia membuat penggunaan kantong plastik justru bukan berkurang melainkan semakin bertambah. Oleh sebab itu, pada makalah ini akan di bahas tentang dampak dari pengunaan kemasanyang terbuat dari plastik.
B.     Permasalahan/Rumusan  Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan plastik?
2.      Apa keunggulan plastik?
3.      Apa kelemahan plastik?
4.      Bagaimana penggunaan plastik?
5.      Apakah dampak pengunaan plastik terhadap lingkungan?
6.      Bagaiamana cara menanggulangi penggunaan plastik?
C.    Tujuan  Penelitian
Tujuan penulisan karya tulis ini ialah:
1.      Menjelaskan pengertian plastik.
2.      Menjelaskan keunggulan plastik.
3.      Menjelaskan kelemahan plastik.
4.      Menjelaskan penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari.
5.      Menjelaskan dampak penggunaan plastik terhadap lingkungan.
6.      Menjelaskan cara menggulangi penggunaan plastik.
 
       



D.    Metode  Penelitian.
Metode  penelitian  meliputi  pengumpulan  data  dengan  menggunakan  sarana  internet  dalam  mencari  materi  tentang  dampak  penggunaan  plastik  terhadap  lingkungan.
E.     Manfaat  Penelitian.  
  1.  Sebagai bahan untuk menambah pengetahuan mengenai pengertian  serta  dampak dari penggunaan  plastik  terhadap  lingkungan.
  2.  Sebagai bahan informasi tentang  cara  penanggulangan  penggunaan  plastik.


 
 BAB II
    PEMBAHASAN
A.    Pengertian  Plastik  Serta  Keunggulan  Dan  Kelemahannya.
      Plastik  adalah  istilah  umum  bagi  polimer,  yaitu  material  yang  terdiri  dari  rantai  panjang  karbon  dan  elemen-elemen  lain  (oksigen,  nitrogen,  klorin  atau  belerang)  yang  mudah  dibuat  menjadi  berbagai  bentuk  dan  ukuran.  Plastik  dibuat  dengan  cara  polimerisasi  yaitu  menyusun dan  membentuk  bahan–bahan  dasar  plastik  (monomer)  secara  sambung-menyambung  (Setyablogku, 2012).
      Plastik  juga  mengandung  zat  nonplastik  yang  disebut  aditif.  Zat  aditif  diperlukan  untuk  memperbaiki  sifat  plastik  itu  sendiri.  Bahan  aditif  untuk  plastik  diantaranya  berfungsi  sebagai  pewarna,  antioksidan,  penyerap  sinar  ul-traviolet  dan  antilekat  (Setyablogku, 2012).
     
B.     Keunggulan  Plastik. 
            Pada  dasarnya  plastik  mempunyai  keunggulan  dan  kelemahan.  Keunggulannya  antara  lain:
·         Kuat.
·         Ringan.
·         Fleksibel.
·         Tahan karat.
·         Mudah diberi warna sehingga menambah daya tarik.
·         Mudah dibentuk untuk berbagai fungsi.
·         Isolator panas/listrik yang baik  (Setyablogku, 2012).
     
C.    Kelemahan Plastik.
            Di  balik  keunggulan  yang  dimiliki  oleh  plastik,  terdapat  juga  kelemahannya,  yaitu:
·     Beberapa jenis plastik tidak tahan panas.
·     Beberapa jenis plastik membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun untuk terurai secara alami (bersifat non-biodegradable).
·  Jika tidak digunakan sesuai fungsinya, bahan-bahan kimia yang terkandung dalam plastik dapat membahayakan kesehatan  (Setyablogku, 2012).
               3
 


D.    Penggunaan Plastik Dalam Kehidupan Sehari-hari
       Pada  kehidupan  sehari-hari, kita  pasti  sudah  tidak  jarang  lagi  melihat  hal-hal  yang  terbuat  dari  plastik,  baik  itu  sebagai  kemasan  makan  sampai sebagai  pembawa  barang  belajaan. Penggunaan  kemasan  plastik  sebagai  pembungkus  makanan  saat  ini  bisa  dikatakan  terus  meningkat  setiap  harinya.  Hal  ini  dapat  disebabkan  karena  kebutuhan  manusia  yang  tidak  pernah  berhenti  untuk  terus  menggunakan  kemasan  plastik.  Padahal  kita  semua  tahu  bahwa  sampah  plastik  merupakan  bahan  yang  sulit  terurai  di  tanah  dan  memerlukan  waktu  kurang  lebih  1000  tahun  untuk  dapat  menguraikannya.  Akan  tetapi  karena  plastik  dianggap  sebagai  kemasan  yang  sangat  praktis  untuk  digunakan  terutama  dalam  membungkus  makanan  maka  penggunaannya  pun  terus  meningkat  dari  hari  ke  hari.  Meningkatnya  penggunaan  kemasan  plastik  ini  ternyata  menyebabkan  berbagai  macam  permasalahan  lingkungan  seperti  semakin  bertambahnya  volume  sampah  plastik  di  TPS  maupun  di  TPA,  tersumbatnya  saluran  drainase  oleh  sampah  plastik  sehingga  dapat  menyebabkan  banjir,  menyebabkan  perubahan  iklim  akibat  pembakaran  sampah  yang  dilakukan,  dan  mencemari  tanah  dan  air  tanah  (Punyanya_Syifa's Site,  2010).
      Hampir  setiap  hari  kita  pasti  membutuhkan  plastik  tanpa  sadar  akan  sampahnya.  Bisa  kita  perhitungkan  berapa  besar  penggunaan  plastik  setiap  harinya.  Banyak  masyarakat  yang  menggunakan  plastik  sebagai  pembungkus  makanan.  Misalnya  saja  saat  membeli  gorengan,  pasti  dibungkus  menggunakan  plastik  atau  saat  kita  berbelanja  di  minimarket  pasti  alat  yang  digunakan  untuk  membawa  barang  belanjaan  kita  adalah  plastik.  Kesadaran  masyarakat  untuk  meminimalkan  penggunaan  plastik  pun  masih  sangat  kurang,  padahal  bahaya  yang  akan  dihadapi  dari  sampah  plastik  pun  sebagian  dari  mereka  telah  mengetahui.  Dan  upaya  untuk  mengurangi  sampah  plastik  pun  belum  dapat  terlihat  dengan  jelas  (Punyanya_Syifa's Site,  2010).
E.     Dampak  Penggunaan  Plastik  Terhadap  Lingkungan.
  Dampak  plastik  terhadap  lingkungan  merupakan  akibat  negatif   yang  harus ditanggung   alam  karena  keberadaan  sampah  plastik. Penggunaan  kemasan  atau  kantong  plastik  akan  memberikan  akibat  antara  lain:
·        Tercemarnya tanah, air tanah dan makhluk bawah tanah.
·       Racun-racun dari partikel plastik yang masuk ke dalam tanah akan membunuh hewan-hewan pengurai di dalam tanah seperti cacing.
·    PCB yang tidak dapat terurai meskipun termakan oleh binatang maupun tanaman akan menjadi racun berantai sesuai urutan rantai makanan.
·         Kantong plastik akan mengganggu jalur air yang teresap ke dalam tanah. 

·        Menurunkan kesuburan tanah karena plastik juga menghalangi sirkulasi udara di dalam tanah dan ruang gerak makhluk bawah tanah yang mampu meyuburkan tanah.
·   Kantong plastik yang sukar diurai, mempunyai umur panjang, dan ringan akan mudah diterbangkan angin hingga ke laut sekalipun.
·         Hewan-hewan dapat terjerat dalam tumpukan plastik.
·      Hewan-hewan laut seperti lumba-lumba, penyu laut, dan anjing laut menganggap kantong-kantong plastik tersebut makanan dan akhirnya mati karena tidak dapat mencernanya.
·         Ketika hewan mati, kantong plastik yang berada di dalam tubuhnya tetap tidak akan hancur menjadi bangkai dan dapat meracuni hewan lainnya .
·  Pembuangan sampah plastik sembarangan di sungai-sungai akan mengakibatkan pendangkalan sungai dan penyumbatan aliran sungai yang menyebabkan banjir  (Setyablogku, 2012).
F.     Cara Penanggulangan Penggunaan Plastik.
      Dibalik  segala  dampak  buruk  yang  dibawa  oleh  penggunaan  plastik, ternyata  terdapat   beberapa  cara  yang  dapat  kita  lakukan untuk  mengurangi  penggunaan  plastik  sehingga  dampaknya  pun  terkurang. Berikut  merupakan  beberapa  cara  penanggulangan  plastik  yang  bisa  kita  lakukan:
1.      Bawa Reusable Bag ( tas ramah lingkungan) saat bepergian selain ramah lingkungan juga  cocok dibawa kemana saja.
2.     Bawa Tumbler atau Lunch Box sendiri saat ke sekolah atau ke kantor selain hemat, juga meminimalisir sampah plastik berbahaya, dan berpartisipasi dalam diet kantong plastik  (Save The Our Planet.htm,  2012)
       Mungkin  cara-cara  ini  belum  dilakukan  oleh  banyak  orang,  namun  kita  bisa  mulai  melakukan  hal  ini  dari  diri  kita  sendiri  dahulu,  sehingga  bisa  menjadi  contoh dan  bisa  dilakukan  oleh  orang  lain. Agar  semakin  banyak  orang  yang  melakukan  hal  ini  untuk  lingkungan  yang  tetap  terjaga  pada  masa  depan. Karena, walaupun tindakan tersebut hanya tindakan kecil tapi bisa berpengaruh besar terhadap lingkungan.
    
    

BAB III
            PENUTUP
A.    Kesimpulan
      Dari  pembahasan-pembahasan  yang  telah  dijelaskan, dapat  diambil  kesimpulan  bahwa:
1.      Plastik  merupakan  bahan  yang  sulit  terurai  di  dalam  tanah.
2.      Plastik mempunyai  keunggulan  dan  kelemahan dalam  penggunaannya.
3.      Plastik  terlanjut  terikat  dalam  kehidupan  keseharian  manusia.
4.      Plastik  membawa  dampak  buruk  bagi  lingkungan  dan  kesehatan.
5.      Dampak  buruk  plastik  masih  dapat  ditanggulangi  dengan  di  mulai  dari  diri  sendiri.
B.     Saran
      Saran  yang  bisa  kita  berikan  adalah : 
1.      Mengurangi  pemakaian  plastik.
2.      Tidak  langsung  membuang  kantong  plastik,  melainkan  menyimpannya  karena  masih  bisa  dipergunakan  lagi.
3.      Tidak  membakar  sampah  plastik.
4.      Membawa  kantong  plastik  sendiri  saat  ingin  berbelanja.
5.      Mendaur  ulang  plastik.
                                                                                                            
     
                                              
                                                
                                                DAFTAR  PUSTAKA
 
http://zefaniajovanka.blogspot.co.id/2014/09/v-behaviorurldefaultvmlo_12.html
Iklan/Advertisment

Artikel Kumpulan Tugas Makalah Kelas Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 Kumpulan Tugas Makalah Kelas | Support by Cara Kredit