Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Contoh laporan makalah penjualan kendaraan bermotor

Sepedah roda dua yakni motor atau umumnya disebut juga dengan Sepeda motor adalah kendaraan beroda dua yang digerakkan oleh sebuah mesin. Letak kedua roda sebaris lurus dan pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap stabil disebabkan oleh gaya giroskopik. Sedangkan pada kecepatan rendah, kestabilan atau keseimbangan sepeda motor bergantung kepada pengaturan setang oleh pengendara. Penggunaan sepeda motor di Indonesia sangat populer karena harganya yang relatif murah, terjangkau untuk sebagian besar kalangan dan penggunaan bahan bakarnya serta serta biaya operasionalnya cukup hemat.



Berikut ini adalah contoh makalah ataupun laporan tugas penjualan sepedah motor



Berbagai macam kebutuhan diciptakan dan dikondisikan untuk menunjang kehidupan manusia, salah satunya adalah kendaraan roda dua. Kendaraan roda dua atau lebih umum disebut sepeda motor merupakan hal esensial dalam seluruh aktifitas kehidupan manusia untuk meningkatkan taraf hidup.
Kendaraan tidak mungkin dipisahkan dalam kehidupan manusia. Kendaraan memegang peranan yang penting dalam kehidupan. Dapat dikatakan bahwa kendaraan telah menjadi bagian utama dalam setiap kegiatan baik di rumah tangga dan industry.
Mulai dari rakyat kecil sampai rakyat menengah keatas memiliki kendaraan. Perkembangan kendaraan serta pesatnya pertumbuhan penduduk, menimbulkan kendala meningkatnya  kendaraan setiap tahunnya khususnya sepeda motor.
      Produksi kendaraan selalu meningkat setiap tahunnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kendaraan.
Berdasarkan penjabaran diatas, maka penulis tertarik untuk menulis karya ilmiah dan menganalisis dengan judul “penjualan kendaraan bermotor roda dua”.
           








B.     Rumusan Masalah
1.           Bagaimanakah penjualan kendaraan roda dua pertahun ?
2.           Berapakah penjualan kendaraan roda dua merk HONDA di tahun 2014?
3.           Berapakah penjualan kendaraan roda dua merk YAMAHA di tahun 2014?
4.           Berapakah penjualan kendaraan roda dua merk SUZUKI di tahun 2014?
5.           Berapakah penjualan kendaraan roda dua merk KAWASAKI di tahun 2014?
6.           Bagaimanakah pertumbuhan penjualan kendaraan roda dua di pasar Indonesia ?
7.           Apakah pertumbuhan penjualan semua merk kendaraan roda dua akan sama?

C.     Tujuan
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan serta peningkatan permintaan pelanggan akan kendaraan roda dua di Indonesia.

D.    Manfaat
Sebagai pengetahuan ekonomi untuk mengetahui permintaan pelanggan akan kendaraan roda dua di Indonesia pada tahun 2014.



    







BAB II
METODOLOGI

A.        Pemilihan Subjek
·         Populasi                 :   Penjualaan kendaraan roda dua di Indonesia
·         Sampel                  : Penjualaan kendaraan roda dua dari pabrikan Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki.

B.              Desain dan Pendekatan Penelitian
1.      Pabrikan                :  Penjualaan kendaraan roda dua dari pabrikan Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki.
2.      Waktu                   :  Tahun 2007, 2008, 2009, 2010 dan 2011.
3.      Alat dan bahan      :  Seperangkat komputer


C.             Metode Pengumpulan Data
Penulis melakukan pengujian statistic pada Penjualaan kendaraan roda dua menggunakan Trend Parabola dan Analisa Varian. Alat analisis yang digunakan dalam penulisan ini adalah atau dengan menggunakan beberapa metode analisis yaitu metode Trend Parabola, dan Analisa Varian untuk mengetahui dengan tepat alternatif yang tersedia dan kebijakan yang akan ditempuh dalam menentukan kemajuan perusahaan.



Trend Parabolik :

n
Σ x
Σ x²



A



Σ y


Σ x
Σ x²
Σ x³



B

=

Σ xy


Σ x²
Σ x³
Σ x



C



Σ x²y








Analisa Varian
Varian dalam sampel

∫α² =
S² + S² + S² + S²


K






Varian antar sampel

ɱ =
 á¿¡ + á¿¡ + á¿¡ + á¿¡

K


Sáµ£² =
ɱ S²á¿¡



S²á¿¡ =
(á¿¡ - ɱ)² + (á¿¡ - ɱ)² +(á¿¡ - ɱ)² + (á¿¡-ɱ)²

K-1

















BAB III
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.     Data Penelitian
Tabel 3.1
Penjualaan kendaraan roda dua dari pabrikan Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki.

Tahun
MERK
HONDA
YAMAHA
SUZUKI
KAWASAKI
2007
2.141.015
1.833.506
637.031
38.314
2008
2.874.576
2.465.389
794.622
43.588
2009
2.701.279
2.650.895
438.135
58.150
2010
3.416.049
3.326.380
525.982
87.004
2011
4.276.136
3.147.873
494.481
100.673


B.     Pengolahan Data
1.                  Menggunakan Trend Parabola
Tabel 3.2
Data penjualan kendaraan roda dua merk “HONDA”  dengan metode Trend Parabola.
Tahun
X
Y
x
xy
x²y
2007
-2
2.141.015
4
-8
16
-4.282.030
-8.564.060
2008
-1
2.874.576
1
-1
1
-2.874.276
-2.874.276
2009
0
2.701.279
0
0
0
0
0
2010
1
3.416.049
1
1
1
3.418.632
3.418.632
2011
2
4.276.136
4
8
16
8.552.272
17.104.544
Σ
0
15.411.638
10
0
34
4.814.598
31.961.812


Persamaan Normalnya :

N
Σ x
Σ x²



A



Σ y


Σ x
Σ x²
Σ x³



B

=

Σ xy


Σ x²
Σ x³
Σx



C



Σ x²y







5
0
10



a



15.411.638


0
10
0



b

=

4.814.598


10
0
34



c



31.961.812








 5a    +      10c  =  15.411.638
x 10


 10a   +     34c =  31.961.812
x 5



Eliminasi :
50 a +  100c  =     154.116.380
50 a + 170c  =    159.809.060         -
           -70 c  =  -5692680
               c    =  81324
Subsitusi :

5a + 10c = 15.411.638
5 a  +  10(81324) = 15.411.638
5 a  +   813240  = 15.411.638
                 5 a         =  14.598.398
                        a     =   2.919.679,6


10b = 4.814.598
   b  = 481.459,8

Pertumbuhan untuk tahun selanjutnya,
Jadi Persamaan trend parabolic sebagai berikut  :
y’=  a + bx + cx2
y’= 2.919.679,6 + 481.459,8x + 81324(x)2









Prediksi penjualan kendaraan roda dua merk HONDA pada tahun 2012 :







y' = 2.919.679,6 + 481.459,8(3) + 81324(9)
y' = 5.095.975 unit











Prediksi  penjualan kendaraan roda dua merk HONDA pada tahun 2013 :







y' = 2.919.679,6 + 481.459,8(4) + 81324(16)
y' = 6.146.702,8 unit


Prediksi  penjualan kendaraan roda dua  merk HONDA pada tahun 2014 :







y' = 2.919.679,6 + 481.459,8(5) + 81324(25)
y' = 7.360.078,6 unit




Tabel 3.3
Data penjualan kendaraan roda dua merk “YAMAHA”  dengan metode Trend Parabola.
Tahun
X
Y
x
xy
x²y
2007
-2
1.833.506
4
-8
16
-3.667.012
7.334.024
2008
-1
2.465.389
1
-1
1
-2.465.389
2.465.389
2009
0
2.650.895
0
0
0
0
0
2010
1
3.345.680
1
1
1
3.345.680
3.345.680
2011
2
3.147.873
4
8
16
6.295.745
12.591.492
Σ
0
13.443.343
10
0
34
3.509.024
25.736.585



Persamaan Normalnya :

N
Σ x
Σ x²



a



Σ y


Σ x
Σ x²
Σ x³



b

=

Σ xy


Σ x²
Σ x³
Σx



c



Σ x²y







5
0
10



a



13.443.343


0
10
0



b

=

3.509.024


10
0
34



c



25.736.585








 5a    +      10c  =   13.443.343
x 10


10a   +     34c =   25.736.585
x 5



Eliminasi :
50 a + 100 c    =     134.433.430
50 a + 170 c  =     128.682.925           -
            -70c  =    5.750.505
                     c    =   -82.150,071




Subsitusi :

5a    +      10c                 =   13.443.343
5a  +  10(-82.150,071)   = 13.443.343
5a     +   (-821500,71)    =  13.443.343
                 5 a         =  14.264.843,71
                        a     =   2.852.968,742


10b =   3.509.024
   b  =   350.902,4


Pertumbuhan untuk tahun selanjutnya,
Jadi Persamaan trend parabolic sebagai berikut  :
y’=  a + bx + cx2
y’= 2.852.968,742+ 350.902,4x + -82.150,071(x)2








Prediksi penjualan kendaraan roda dua  merk YAMAHA pada tahun 2012 :







y' = 2.852.968,742+ 350.902,4 (3) + -82.150,071(9)
y' = 3.166.325,303 unit











Prediksi  penjualan kendaraan roda dua  merk YAMAHA pada tahun 2013 :







y' = 2.852.968,742+ 350.902,4 (4) + -82.150,071(16)
y' = 2.942.177,206 unit


Prediksi  penjualan kendaraan roda dua  merk YAMAHA pada tahun 2014 :







y' = 2.852.968,742+ 350.902,4 (5) + -82.150,071(25)
y' = 2.553.728,967 unit




Tabel 3.4
Data penjualan kendaraan roda dua merk “SUZUKI” dengan metode Trend Parabola.

Tahun
X
Y
x
xy
x²y
2007
-2
637.031
4
-8
16
-1.274.062
2.548.124
2008
-1
794.622
1
-1
1
-794.622
794.622
2009
0
438.135
0
0
0
0
0
2010
1
526.003
1
1
1
526.003
526.003
2011
2
494.481
4
8
16
988.962
1.977.924
Σ
0
2.890.272
10
0
34
-553.719
5.846.673



Persamaan Normalnya :

N
Σ x
Σ x²



a



Σ y


Σ x
Σ x²
Σ x³



b

=

Σ xy


Σ x²
Σ x³
Σx



c



Σ x²y







5
0
10



a



2.890.272


0
10
0



b

=

-553.719


10
0
34



c



5.846.673








 5a    +      10c  =  2.890.272
x 10


10a   +     34c =   5.846.673
x 5



Eliminasi :
50 a + 100 c  =     28.902.720
50 a + 170 c  =     29233365           -
            -70 c  =  -330645
                  c  =  4723,5




Subsitusi :

5a    +      10c      =   2.890.272
5a  +  10(4723,5) =  2.890.272
5a     +   47.235  =  2.890.272
                          5a =  2.843.037
                            a =  568,607,4


10 b  =   -553.719
     b  =    -55.371,9


Pertumbuhan untuk tahun selanjutnya,
Jadi Persamaan trend parabolic sebagai berikut  :
y’=  a + bx + cx2
y’= 568,607,4 + (-55.371,9)   x + 4723,5(x)2








Prediksi  penjualan kendaraan roda dua  merk SUZUKI pada tahun 2012 :







y' = 568.607,4 + (-55.371,9 ) (3) + 4723,5(9)
y' = 445.003,2 unit











Prediksi  penjualan kendaraan roda dua  merk SUZUKI pada tahun 2013 :







y' = 568,607,4 + (-55.371,9 ) (4) + 4723,5(16)
y' = 422.695,8 unit


Prediksi  penjualan kendaraan roda dua  merk SUZUKI pada tahun 2014 :







y' = 568,607,4 + (-55.371,9 ) (5) + 4723,5(25)
y' = 409.835,4 unit




Tabel 3.5
Data penjualan kendaraan roda dua merk “KAWASAKI” dengan metode Trend Parabola.

Tahun
x
Y
x
xy
x²y
2007
-2
38.314
4
-8
16
-76.628
153.256
2008
-2
43.588
1
-1
1
-43.588
43.588
2009
0
58.150
0
0
0
0
0
2010
1
87.004
1
1
1
87.004
87.004
2011
2
100.673
4
8
16
201.346
402.692
Σ
0
284.141
10
0
34
168.134
686.540



Persamaan Normalnya :

N
Σ x
Σ x²



a



Σ y


Σ x
Σ x²
Σ x³



b

=

Σ xy


Σ x²
Σ x³
Σx



c



Σ x²y







5
0
10



a



284.141


0
10
0



b

=

168.134


10
0
34



c



686.540









 5a    +     10c  = 284.141  
x 10


10a   +     34c  = 686.540
x 5



Eliminasi :
50 a + 100 c  =     2.841.410
50 a + 170 c  =    3.432.700               -
  -70c=  -591.290
                   c=   8447



Subsitusi :

5a    +      10c          =   284.141  

5a   + 10(8447)       =  284.141  

5a   +   84.470          =  284.141  
                          5a    =   199.671
                            a    =   39.934,2


10b = 168.134  
   b  = 16.813,4


Pertumbuhan untuk tahun selanjutnya,
Jadi Persamaan trend parabolic sebagai berikut  :
y’=  a + bx + cx2
y’= 39.934,2+ 16.813,4 x + 8447 (x)2








Prediksi  penjualan kendaraan roda dua  merk KAWASAKI pada tahun 2012 :







y' = 39.934,2 + 16.813,4(3) + 8447 (9)
y' = 166.397,4 unit











Prediksi  penjualan kendaraan roda dua  merk KAWASAKI pada tahun 2013 :







y' = 39.934,2 + 16.813,4(4) + 8447 (16)
y' = 242.339,8 unit


Prediksi  penjualan kendaraan roda dua  merk KAWASAKI pada tahun 2014 :







y' = 39.934,2 + 16.813,4(5) + 8447 (25)
y' = 335.176,2 unit




Menggunakan Analisa Varian

Tabel 3.6
Data Analisa Varian Data Terpasang per Kelompok Pelanggan (%)

Ren-tang Ta-hun
(n)
HONDA
YAMAHA
SUZUKI
KAWASAKI
X1
(X1-Χ1rata)2
X2
(X2-Χ2rata)2
X3
(X3-Χ3rata)2
X4
(X4-Χ4rata)2
2007 – 2008
25,51
52,88
25,63
122,32
19,83
126,22
12,09
78,76
2008 – 2009
6.41
139,88
6,99
57,45
81,36
2529,58
25,04
16,6
2009 – 2010
20,92
7,19
20,30
54,46
16,70
206,35
33,16
148,71
2010 – 2011
20,11
3,50
5,36
84,82
6,37
609,84
13,57
54,68
72,95
203,45
58,28
319,05
124,26
3471,99
83,86
298,75








Tabel 3.7
Data Analisa Varian Data Penjualan kendaraan Roda Dua (%) Merk HONDA dan KAWASAKI

Rentang Tahun
(n)
HONDA
KAWASAKI
X1
(X1-Χ1)
X4
(X4-Χ4)
2007 – 2008
25,51
52,88
12,09
78,76
2008 – 2009
6.41
139,88
25,04
16,6
2009 – 2010
20,92
7,19
33,16
148,71
2010 – 2011
20,11
3,50
13,57
54,68
Jumlah
72,95
203,45
83,86
298,75


Dari data di atas didapatkan :
                                                   
Χ=                                                                   Χ4 =             
      =                                                                         = 
Χ=  18,2375                                                           Χ4 =  20,965

                                   









Standar Deviasi
S12  =                                                  S42  = 
S12  =                                                       S42  = 
S12  =  67,81                                                    S42  =   99,58

Varian Dalam Sampel
S12  =  67,81
S42  =   99,58

Varian Populasi
   = 
  = 83,695

Varian Antar Sampel
 
 
 

   = 
 = 
 = 
   =   2,72

    =     . 
  =  .  2,72
  =        53
Dengan Rumusan Hipotesis

Ho  =  U1  = U4
Ha  =  U1   U4

FH  = 
FH  = 
FH  = 
FH  =  0,63


Titik Kritis
F   df  (k-1)  ,  k (n-1)
F 0,05  df  (2-1) ,  2 (4-1)
F 0,05  df  1 , 6

Titik Kritisnya adalah  5,99  (lihat pada tabel f 5 %)


Karena FH    F  
            0,63   5,99

Rumusan Hipotesis Ha ditolak menandakan bahwa Ho diterima yaitu pertumbuhan data penjualan motor HONDA dan KAWASAKI adalah sama.
Ho =  U1 = U4






Parabolanya







                                                                           FH
                                                                                                            F



                                                                                                          5,99



















Tabel 3.8
Data Analisa Varian Data Penjualan Kendaraan Roda Dua (%) Merk YAMAHA dengan SUZUKI

Rentang Tahun
(n)
YAMAHA
SUZUKI
X2
(X2-Χ2)
X3
(X3-Χ3)
2007 – 2008
25,63
122,32
19,83
126,22
2008 – 2009
6,99
57,45
81,36
2529,58
2009 – 2010
20,30
54,46
16,70
206,35
2010 – 2011
5,36
84,82
6,37
609,84
Jumlah
58,28
319,05
124,26
3471,99



Dari data di atas didapatkan :
                                                   
Χ=                                                                   Χ3   =           
      =                                                                         = 
Χ=  14,57                                                               Χ=  31,065

                                   







Standar Deviasi
S22  =                                                  S32  = 
S22  =                                                       S32  = 
S22  =  106,35                                                  S32  =   1157,33

Varian Dalam Sampel
S22  =   106,35
S32  =   1157,33

Varian Populasi
   = 
  = 631,84

Varian Antar Sampel
 
 
  22,8175

   = 
 = 
 = 
   =   16,48

    =     . 
  =  22,8175.  16,48
  =       376
Dengan Rumusan Hipotesis

Ho  =  U2  = U3
Ha  =  U2   U3

FH  = 
FH  = 
FH  = 
FH  =  0,59


Titik Kritis
F   df  (k-1)  ,  k (n-1)
F 0,05  df  (2-1) ,  2 (4-1)
F 0,05  df  1 , 6

Titik Kritisnya adalah  5,99  (lihat pada tabel f 5 %)


Karena FH    F  
              0,59   5,99

Rumusan Hipotesis Ha ditolak menandakan bahwa Ho diterima yaitu pertumbuhan daya yang terpasang pada Industri dan Bisnis adalah sama.
Ho =  U2 = U3






Parabolanya







                                                                           FH
                                                                                                           F



                                                                                                          5,99


















Tabel 3.9
Data Analisa Varian Data Penjualan Kendaraan Roda Dua (%) Merk SUZUKI dengan KAWASAKI


Rentang Tahun
(n)
SUZUKI
KAWASAKI
X3
(X3-Χ3)
X4
(X4-Χ4)
2007 – 2008
19,83
126,22
12,09
78,76
2008 – 2009
81,36
2529,58
25,04
16,6
2009 – 2010
16,70
206,35
33,16
148,71
2010 – 2011
6,37
609,84
13,57
54,68
Jumlah
124,26
3471,99
83,86
298,75



Dari data di atas didapatkan :
                                                  
Χ3=                                                                    Χ4   =            
    =                                                                          = 
Χ3=  31,065                                                               Χ=  20,965

                                  






Standar Deviasi
S32  =                                                  S42  = 
S32  =                                                      S42  = 
S32  =  1157,33                                                S42  =   99,58

Varian Dalam Sampel
S32  =   1157,33
S42  =   99,58

Varian Populasi
   = 
  = 628,455

Varian Antar Sampel
 
 
  26,015

   = 
 = 
 =  
   =   10,1

    =     . 
  =  26,015.  10,1
  =      263
Dengan Rumusan Hipotesis

Ho  =  U3  = U4
Ha  =  U3   U4

FH  = 
FH  = 
FH  = 
FH  =  0,41


Titik Kritis
F   df  (k-1)  ,  k (n-1)
F 0,05  df  (2-1) ,  2 (4-1)
F 0,05  df  1 , 6

Titik Kritisnya adalah  5,99  (lihat pada tabel f 5 %)


Karena FH    F  
              0,41   5,99

Rumusan Hipotesis Ha ditolak menandakan bahwa Ho diterima yaitu pertumbuhan daya yang terpasang pada Sosial dan Pemerintah adalah sama.
Ho =  U3 = U4





Parabolanya







                                                                           FH
                                                                                                           F



                                                                                                          5,99



















BAB IV

KESIMPULAN DAN SARAN

A.             Kesimpulan
a.       Berdasarkan hasil perhitungan, maka di dapat pada tahun 2014 :
·            Penjualan kendaraan roda dua sampai tahun 2014 diperkirakan akan terus meningkat
·            Penjualan kendaraan roda dua merk HONDA pada tahun 2014 diperkirakan mencapai 7.360.078,6 unit
·            Penjualan kendaraan roda dua merk YAMAHA pada tahun 2014 diperkirakan 2.553.728,967 unit
·            Penjualan kendaraan roda dua merk SUZUKI pada tahun 2014 diperkirakan 409.835,4 unit
·            Penjualan kendaraan roda dua merk KAWASAKI pada tahun 2014 diperkirakan 335.176,2 unit
b.      Adanya persamaan pertumbuhan penjualan kendaraan roda merk Honda dan KAWASAKI.
c.       Adanya persamaan pertumbuhan penjualan kendaraan roda merk YAMAHA dan SUZUKI.
d.      Adanya persamaan pertumbuhan penjualan kendaraan roda merk SUZUKI dan KAWASAKI.


B.              Saran
Kepada para perusahaan kendaraan bermotor untuk dapat meningkatkan produksi kendaraan roda dua pada tahun 2014.




DAFTAR PUSTAKA
 http://kingbuster.blogspot.com/2015/09/makalah-penjualan-kendaraan-bermotor.html

Post a Comment for "Contoh laporan makalah penjualan kendaraan bermotor"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel