Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

COntoh Makalah Pariwisata Pangandaran

COntoh Makalah Pariwisata Pangandaran - Pantai Pangandaran merupakan sebuah objek wisata andalan Kabupaten Pangandaran (pemekaran dari Kabupaten Ciamis) yang terletak di sebelah tenggara Jawa Barat, tepatnya di Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Pantai ini dinobatkan sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa menurut AsiaRooms.



 Berikut ini adalah contoh COntoh Makalah Pariwisata Pangandaran


BAB I
PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang
Dengan ini penulis ingin merumuskan masalah mengenai daya tarik dan keindahan pangandaran. Karena penulis mempunyai tujuan dan tekad untuk membuktikan kepada pembaca, bahwa daya tarik dan keindahan Pangandaran memang perlu di kaji dan di lestarikan lebih mendalam, untuk itu penulis ingin mencoba melalui karya tulis dengan sumber-sumber yang telah tersedia. Semoga karya tulis ini dapat menjadikan sumber baru bagi pembaca.
Dalam memilih judul-judul, penulis mempunyai berbagai alasan khususnya dalam penulisan karya tulis ini, karena :
1. Pangandaran mempunyai berbagai macam daya tarik yang memukau dan mempesona.
2. Keindahan alam panorama pangandaran sangat memikat yang membedakan dengan objek wisata yang lain.
3. Penulis ingin memperdalam pengetahuan tentang pangandaran dengan menuliskan kedalam karya tulis ini.
4. Penulis mengembangkan wawasan tentang pangandaran dengan data yang ada.
5. Penuls ingin mengambil hikmah dari kunjungan ke pangandaran
B.        Tujuan
Adapun tujuan kami dalam pembuatan makalah ini antara lain ;
-          Untuk memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia
-          Membahas tentang pariwisata di Kabupaten Pangandaran
BAB II
PARIWISATA DI KABUPATEN PANGANDARAN
Kabupaten Pangandaran adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Parigi. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar di utara, Kabupaten Cilacap di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Kabupaten Tasikmalaya di barat.
Pangandaran dahulunya masuk dalam kawasan Kabupaten Ciamis, semenjak Oktober 2012, Pangan daran resmi berdiri sebagai wilayah administrasi Kabupaten tersendiri. Dan sejak saat itulah Pangandaran terus melesat perkembangannya, salah satunya adalah dari sektor pariwisatawanya. Karena memang, ada banyak sekali tempat wisata Pangandaran yang bisa kita kunjungi.
Wisata Pangandaran berupa objek wisata pantai, wisata alam, air terjun dan lain sebagainya yang tidak kalah indah dari tempat-tempat lain, bahkan bisa mengalahkan destinasi wisata di luar negeri sekalipun. Sebutnya saja Cukang Taneuh atau Green Canyon-nya Pangandaran, keindahan Cukang Taneuh sudah tidak diragukan lagi.
Siapa yang tidak kenal dengan pantai pangandaran? Pantai ini juga menjadi salah satu destinasi wisata Pangandaran yang tidak boleh dilewatkan. Dan masih banyak lagi destinasi wisata Pangandaran yang luar biasa lainnya.
Wisata Pangandaran Paling Terkenal
Pantai Pangandaran
Objek wisata satu ini merupakan objek wisata yang paling wajib dikunjungi saat berada di Pangandaran. Berada di pantai Pangandaran, pengunjung pastinya akan dibuat kagum dengan keindahan pasir putihnya, serta pemandangan saat sunsetnya. Keindahan yang dimiliki Pantai Pangandaran bahkan sudah banyak diakui oleh pelancong mancanegara. Tak heran, saat musim liburan tiba pantai ini selalu penuh sesak oleh wisatawan. Untuk dapat menikmati keindahan pantai Pangandaran sekaligus menikmati ragam fasilitas watersport dan fasilitas wisata lainnya, sudah banyak juga paket wisata Pangandaran yang bisa membuat liburan semakin menyenangkan.
Pantai Batu Karas
Tidak jauh dari kawasan Pantai Pangandaran, ada pula pantai indah lainnya yang dapat dijumpai yakni Pantai Batu Karas. Bagi wisatawan yang ingin menikmati beach shopping, atau berwisata menyusuri pulau cantik di tempat wisata di Pangandaran terbaru, bisa juga berkunjung ke Pantai Batu Karas yang lokasinya hanya sekitar 34 km dari pantai Pangandaran. Berbeda dengan pantai Pangandaran yang cenderung padat oleh pengunjung, di Pantai Batu Karas ini pengunjung akan merasakan suasana pantai yang tenang dan tentunya akan semakin membuat betah berlama-lama di pantai eksotis ini. Aktivitas wisata yang biasa di lakukan di pantai Batu Karas ini adalah surfing, sun-bathing, atau bisa juga bersantai menyaksikan golden sunset yang mempesona ketika senja menjelang. Ciri khas lain yang dapat ditemui di pantai ini juga terletak pada warna pasirnya yang cenderung hitam keabuan.
Pangandaran Waterpark
tempat wisata Pangandaran yang satu ini tergolong objek wisata baru di Pangandaran. Meski demikian, fasilitas wisata yang ada di Pangandaran Waterpark ini cukup lengkap dan cocok untuk menjadi destinasi liburan bersama keluarga. Dengan membayar tiket masuk sebesar 10 ribu hingga 25 ribu/ orang, pengunjung sudah bisa menikmati beragam fasilitas menarik disana, seperti kolam renang, ATV, taman bermain, dan lain sebagainya.
Santirah River Tubing
Bagi pecinta olahraga ekstrim, Santirah River Tubing bisa menjadi objek wisata Pangandaran yang cocok untuk dikunjungi. Berada di Santirah River Tubing ini, pengunjung akan merasakan sensasi seru bermain arung jeram tanpa perahu, melainkan menggunakan tube atau ban besar. Sambil menggunakan ban ini, pengunjung akan diajak untuk menyusuri aliran sungai dengan suguhan panorama sekitarnya yang sangat eksotis. Lantas, bagaimana dengan jaminan keamanannya? Tak perlu khawatir karena ketika akan melakukan river tubing di Santirah ini, pengunjung akan ditemani guide yang berpengalaman serta kebutuhan safety gear yang lengkap.
Green Valley Citumang
Green Valley Citumang merupakan tempat wisata alam di Pangandaran berupa tempat pemandian alam yang begitu mempesona. Citumang adalah sebuah nama sungai, dimana keindahan sungai ini terletak dari lokasinya yang membelah hutan jati. Tak heran ketika berada di Citumang ini pengunjung pastinya akan dibuat kagum dengan pemandangan yang apik antara aliran sungai berwarna hijau kebiruan dengan deretan pohon pinus menjulang. Belum lagi dengan pemandangan relief tebing yang akan ditemui di sepanjang pinggiran sungai Citumang.
Green Canyon
Green Canyon merupakan nama sebuah ngarai yang terbentuk akibat adanya erosi tanah dari aliran sungai Cijulang selama jutaan tahun. Bentuk ngarai Green Canyon sangatlah menakjubkan, dengan arsitektur alamnya yang meskipun terbentuk secara alami namun terlihat seperti sebuah karya seni kelas atas yang sangat epic. Nama dari Green Canyon sendiri terinspirasi dari warna airnya yang memang berwarna hijau pekat. Untuk menikmati panorama epic dari ngarai Green Canyon ini, pengunjung bisa menikmatinya sambil naik sampan atau perahu, berenang, atau bisa juga melakukan aktivitas lain seperti memancing, panjat tebing, dan yang lainnya. Wisata green canyon Pangandaran ini merupakan andalannya wisata Pangandaran setelah pantai Pangandaran. Objek wisata ini sendiri berlokasi di Desa Kertayasa, Cijulang, yakni sekitar 31 km dari pantai Pangandaran.
Pantai Lembah Putri
objek wisata di Pangandaran yang satu ini cocok untuk para photographer yang mencari spot alam yang unik dan indah. Pantai Lembah Putri memang menawarkan keindahan pantai yang khas dibandingkan dengan pantai lainya. Selain menjadi latar foto yang bagus, pengunjung juga bisa sekaligus menikmati beragam aktivitas wisata lainnya di Pantai Lembah Putri ini, seperti gantole, memancing, camping, dan yang lainnya.
Curug Bojong
Curug Bojong dalam bahasa sunda yang berarti air terjun Bojong merupakan salah satu wisata Pangandaran dan sekitarnya. Berada di Curug Bojong ini, pengunjung akan menikmati keindahan panorama air terjun yang sangat epic dengan aliran sungai yang begitu menyegarkan. Untuk bisa tiba di curug Bojong ini, pengunjung tinggal menempuh jarak kurang lebih 6km dari Pangandaran.
Pantai Karapyak
Dari peta wisata Pangandaran, pantai Karapyak merupakan sebuah objek wisata yang berada di Desa Bagolo, Kalipucang, Kabupaten Pangandaran yang berada sekitar 20 kilo dari Pangandaran. Berbeda halnya dengan pantai di kabupaten Pangandaran lainnya yang cenderung panas dan penuh pengunjung, pantai Karapyak ini menyuguhkan sensasi liburan di pantai yang berbeda yakni suasana pantai yang sejuk dan masih tergolong pantai perawan atau belum banyak disinggahi para pelancong. Namun tidak perlu khawatir karena meskipun sepi, pantai wisata Pangandaran punya pemandangan pantai yang sangat epic dengan suguhan pasir putih membentang di garis pantai yang memanjang sejauh 5 km.
Pantai Karang Nini
Satu lagi wisata populer Pangandaran selain tempat wisata Pangandaran green canyon dan objek wisata lainnya diatas yakni Pantai Karang Nini. Pantai ini berlokasi tak jauh dari Pantai Karapyak, tepatnya di Desa Emplak, Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Mengapa dinamakan Karang Nini? Hal ini karena di pantai tersebut terdapat sebuah karang yang berbentuk seperti sesosok nenek atau dalam bahasa sunda berarti nini yang sedang termenung. Hal inilah yang menjadi latar belakang dari nama pantai itu sendiri.
Pantai Batu Hiu Parigi
Pantai Batu Hiu juga memiliki panorama pantai tak kalah indahnya dengan wisata pantai Pangandaran yang lainnya. Berjarak sekitar 14 km ke arah selatan dari pantai Pangandaran, tempat wisata di kabupaten Pangandaran batu hiu ini menyuguhkan panorama pantai yang bahkan diklaim sebagai Tanah Lot nya Jawa Barat. Sementara itu, nama Batu Hiu sendiri diambil karena di pantai ini terdapat sebuah batu besar menjorok ke lautan yang bentuknya mirip sirip hiu. Untuk dapat melihat bentuk batu ini secara utuh, pengunjung bisa menyaksikannya dari atas bukit di kawasan tersebut.
Pantai Madasari
Pangandaran memang dikenal sebagai kawasan yang punya banyak spot pantai yang indah, seperti salah satunya Pantai Madasari. Pantai satu ini memiliki nama lain Bulak Benda, dimana lokasinya sendiri berada di Desa Masawah, Cimerak, Kabupaten Pangandran. Berada di Pantai Madasari, sangat cocok untuk para pelancong yang ingin rileks melepas penat. Dengan menyaksikan secara langsung suguhan alam nan menakjubkan dari pantai Madasari yang berpadu epic dengan gugusan karang-karang disekitarnya, tentunya dapat menjadi obat untuk menenangkan jiwa. Pantai ini juga masih tergolong sepi, sehingga berada di pantai Madasari memang akan sengat membantu untuk membuat kita menjadi lebih rileks.
Jojogan Parigi
Dari objek tempat wisata di Pangandaran yang sudah dipaparkan tersebut diatas, dapat dilihat bahwa Kabupaten Pangandaran memang terbukti punya banyak objek wisata alam seru yang direkomendasikan untuk dikunjungi saat musim libur tiba. Selain bervariasi, tiket masuk pantai Pangandaran juga tentunya sangat terjangkau dan akses untuk menuju ke beragam objek wisatanya pun tidak sulit. Dengan membawa kendaraan pribadi, maka beragam objek wisata seru di kabupaten Pangandaran ini bisa dikunjungi sekaligus untuk membuat momen liburan semakin seru.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Setelah penulis mengadakan berbagai penelitian,pembahasan dan panganalisaan dari penyusun yang peroleh, maka penyusun dapat menyimpulkan sebagai berikut:
1.      Pangandaran merupakan obyek wisata yang mampu menarik wisatawan, baik domestic maupun manca Negara.
2.      Pangandaran merupakan salah satu sumber devisa bagi Indonesia yang cukup besar karena banykanya wisatawan yang berkunjung ke pangandaran.
3.      Keindahan alam laut maupun hutan lindung pangandaran merupakan obyek yang paling menarik sehingga kelestariannya pun harus tetap dijaga.
4.      Sebagian besar obyek wisata yang ada di pangandaran merupakan tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi.
 B. Saran-saran
Untuk memajukan dunia wisata di pangandaran khususnya di Indonesia pada umumnya penulis ingin menyampaikan saran-saran yang membangun diantaranya:
1.      Keindahan alam pangandaran baik keindahan alam pada cagar alamnya maupun wisata bawah lantainya hendaknya dipertahankan dan dijaga kelestariannya.
2.      Pemerintah hendaknya memperbanyak promosi tentang keindahan dan daya tarik pangandaran pada masyarakat dunia agar bisa dikenal banyak orang dikalangan luas dan hal ini dapat meningkatkan devisa Negara melalui wisatawan mancanegara.
3.      Sebaiknya pada daerah wisata pangandaran pemerintah dapat memperbaiki fasilitas umum yang ada sehingga para pengunjung merasa aman.
4.      Masyarakat daerah setempat hendaknya menyadari tentang kebersihan daerah sehingga pun semakin terjaga.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.perkuliahan.com/karya-tulis-daya-tarik-keindahan-alam-pengandaran/
http://ropi-komala.blogspot.com/2017/08/makalah-pariwisata-di-pangandaran.html

Post a Comment for "COntoh Makalah Pariwisata Pangandaran"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel