Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Makalah tentang origami




Origami merupakan sebuah seni lipat yang berasal dari Jepang. Bahan yang digunakan adalah kertas atau kain yang biasanya berbentuk persegi. Sebuah hasil origami merupakan suatu hasil kerja tangan yang sangat teliti dan halus pada pandangan. Wikipedia

berikut ini adalah  Makalah tentang origami



KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah Origami tepat pada waktunya.
Makalah ini berisikan tentang informasi pengertian origami serta cara membuatnya. Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita tentang Origami.
Tidak lupa kami sampaikan banyak terima kasih pada semua pihak yang telah membantu terselesainya penyusunan makalah ini.
Kami menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan dan kesalahannya. Untuk itu kritik dan saran yang sifatnya membangun, sangat kami harapkan. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha yang telah dilakukan dalam penyusunan makalah ini.. Amin
DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR...............................................................................i          
DAFTAR ISI........................................................................................ ....ii
BAB I         PENDAHULUAN..................................................... ...........3               
1. 1.      Latar Belakang.......................................................................... ..3        
1. 2.      Rumusan Masalah....................................................................... 3         
1. 3.      Tujuan.......................................................................................... 3         
BAB II        PEMBAHASAN...................................................................4          
2. 1.      Pengertian origami................................................ ......................4         
2. 2.      Cara membuat origami......................................... .......................5
BAB III       PENUTUP.............................................................................8
3. 1.      Kesimpulan.......................................................... ........................8         
3. 2.      Saran..................................................................... .......................8         
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………................9




BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
Seni rupa merupakan sebuah konsep atau nama dari salah satu cabang seni yang bentuk atau wujudnya terdiri dari unsur-unsur rupa yang berupa gbidang, garis, tekstur, bentuk, ruang dan warna. Unsur-unsur rupa tersebut disusun dengan sedemikian rupa ke dalam sebuah pola tertentu. Bentuk dari karya seni rupa merupakan rangkaian dari keseluruhan unsur-unsur rupa yang disusun dalam sebuah komposisi atau struktur yang bermakna. Unsur-unsur rupa tersebut tidak hanya sekedar akumulasi atau kumpulan beberapa bagian yang tidak bermakna, namun dibuat dengan menggunakan prinsip tertentu. Makna dari sebuah bentuk karya seni rupa tidak ditentukan dengan sedikit atau banyaknya unsur yang membentuknya, melainkan dari sifat komposisi atau struktur itu sendiri. Dengan kata lain kualitas dari keseluruhan sebuah karya seni lebih penting jika dibandingkan dengan jumlah bagian-bagiannya.

1.2 RUMUSAN MASALAH
1)    Apa pengertian dari origami?
2)    Bagaimana cara membuat origami?

1.3 TUJUAN
1)    Untuk mengetahui pengertian dari origami
2)    Untuk mengetahui cara membuat origami

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 ORIGAMI
Origami adalah kesenian tradisional melipat kertas jepang, yang dimulai pada pertengahan 1900-an dan telah berkembang menjadi sebuah bentuk seni modern. Tujuan dari seni ini adalah untuk mengubah kertas menjadi bentuk-bentuk lipatan melalui teknik-teknik melipat, dan dengan demikian penggunaan lem tidak diperlukan dalam origami. Dasar dari lipatan origami sebenarnya sederhana,namun lipatan dasar tersebut dapat di kombinasikan dengan variasi yang berbeda sehingga membentuk suatu lipatan yang rumit. Origami memiliki 15 bentuk dasar, antara lain book base, cup board base, organ base, kite base, diamond base, fish base, dan square base.
Manfaat origami selain untuk kesenangan adalah untuk merangsang kekreatifitasan, melatih kecepatan dalam melakukan gerak motorik tangan, sekaligus melatih daya ingat. Hampir setiap tahun selalu ada penemuan bentuk origami terbaru. Tiap temuan bentuk origami terbaru dikirimkan ke perkumpulan origami yang berpusat di jepang. Setidaknya dalam setahun masuk ribuan bentuk origami terbaru. Temuan baru itu akan dipatenkan dan dimasukkan dalam kalender penemuan origami. Semacam buku Guiness Book of Record.

MACAM- MACAM ORIGAMI
1.    ORIGAMI BERGERAK
Origami bukan hanya terdiri dari objek diam, tapi ada juga yang bisa bergerak. Biasanya gerakan origami dibantu dengan menggunakan tangan untuk menciptakan gerakan layaknya sedang terbang, mengepakkan sayap, melompat, atau membuka mulut. Contoh dari origami aksi yang sangat populer adalah origami kodok yang bisa melompat ketika ujung belakangnya di tekan dan juga pesawat terbang atau suriken (senjata rahasia ninja) yang bisa terbang saat dilempar.
2.    ORIGAMI MODULAR
Origami modular sering disebut juga sebagai origami 3D (tiga dimensi). Origami modular merupakan origami yang disusun dengan beberapa lipatan kertas yang berbentuk sama. Biasanya lipatan modul bentuknya cukup sederhana, tetapi untuk menyusunnya menjadi suatu objek tertentu sangatlah sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

3.    Origami Basah (Wet-Folding Origami)
Origami basah merupakan seni melipat kertas yang cara pembuatannya menggunakan kertas basah dan biasanya dibasahi secara sengaja. Setelah itu baru mulai membentuk origami, lalu dibiarkan hingga kering. Kertas yang lembab lebih mudah untuk dibentuk dan cenderung memiliki geometri yang lebih fleksibel dibanding dengan kertas kering. Dalam origami basah, ketrampilan seorang seniman sangat dibutuhkan, karena dalam seni ini tidak hanya melipat tapi juga membentuk permukaan objek seperti tonjolan dan lekukan, sehingga hasilnya bisa sempurna.
4.    Origami Murni (Pureland Origami)
Origami murni merupakan jenis seni melipat kertas dengan aturan yang sangat ketat dan hanya boleh memakai lipatan langsung. Jenis origami yang satu ini dikembangkan oleh seniman origami asal Inggris yang bernama John Smith sekitar tahuun 1970-an, tujuannya untuk membantu orang belajar origami khususnya buat orang yang memiliki keterbatasan fisik motorik.
5.    Tesselasi Origami (Origami Tesselations)
Tesselasi origami merupakan seni membentuk susunan ubin kertas yang dilipat dengan sedemikian rupa sehingga menghasilkan bidang yang beraturan dan dikerjakan dalam bidang dua dimensi.
6.    Kirigami
Sebagian orang menambahkan kirigami sebagai bagian dari seni origami karena adanya kemiripan nama dan juga adanya unsur melipat kertas pada seni ini. Tetapi, dalam seni origami tradisional tidak mengenal istilah yang disebut dengan kirigami, karena istilah kirigami sendiri baru dikenal sekitar abad ke-20. Kirigami ini merupakan seni melipat dan memotong kertas untuk membentuk sebuah objek seni.

2.2 CARA MEMBUAT ORIGAMI BUNGA LAVENDER


Yaa betul,, kali ini kita akan membuat bunga Lavender... 

Untuk membuat Bunga Lavender kita membutuhkan :
Alat dan Bahan: Kertas origami dan Gunting
Cara Buat :
1.                  Siapkanlah kertas origami berwarna kira-kira berukuran 6x30 cm untuk membuat bunga lavendernya.
2.                  Lipat dua kertas dan mulailah gunting untuk membuat rumbai-rumbai. Guntinglah dari arah lipatan
3.                  setelah guntingn rumbai jadi. lekatkan pada batang yang terbuat dari kertas origami yang di gulung memanjang
4.                  gulunglah kertas rumbai ke batang dari atas kebawah.
5.                  setelah bunga lavender telah terbentuk, sekarang kita membuat daunnya. ambil kertas origami berwarna hijau. dan guntinglah menyerupai rumput-rumput
6.                  setelah daun rumput telah jadi, sekarang kita lekatkan pada batang bunga lavender
7.                  sekarang bunga Lavender sudah jadi.... siap tuk dirangkai

BAB III
PENUTUP

3.1KESIMPULAN
Origami adalah kesenian tradisional melipat kertas jepang, yang dimulai pada pertengahan 1900-an dan telah berkembang menjadi sebuah bentuk seni modern. Tujuan dari seni ini adalah untuk mengubah kertas menjadi bentuk-bentuk lipatan melalui teknik-teknik melipat, dan dengan demikian penggunaan lem tidak diperlukan dalam origami.
Makrame adalah membuat hiasan atau benda pakai yang menggunakan bahan tali-temali dengan teknik pilin, anyam atau simpul.


3.2 SARAN
           Penulis menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharap kritik dan saran yang membangun dari pembaca untuk memperbaiki dan menyempurnakan makalah ini. Untuk itu penulis mengucapkan terimakasih. Penulis berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

DAFTAR PUSTAKA

Kidz, Neza.2012.makrame. (online).
Juki, Cara.Inilah macam-macam origami yang mungkin belum kamu ketahui. (online)
Asya, Warbie.Cara sederhana membuat origami binatang yang lucu. (online).
Hadi, Qolbunhadi. Inilah pengertian seni kerajinan makrame dan cara membuatnya. (online).


Post a Comment for "Makalah tentang origami"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel