Ada beberapa pendapat para ahli tentang pengertian manajemen perkantoran.
Diantaranya :
a. G.R Terry
Manajemen perkantoran dapat dirumuskan sebagai perencanaan, pengawasan dan pengorganisasian pekerjaan kantor serta mensertakan menggerakan mereka yang melaksanakan pekejaan kantor tersebut untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terleih dahulu.
b. J.C Denyer
Manajemen perkantoran adalah pengarahan dan pengawasan sebuah kantor untuk mencapai tujuan-tujuannya yang khusus dengan cara yaa sehemat mungkin.
c. Prof.Dr. Pratajudi
Manajemen kantor merupakan kombinasi yang satu sengan yang lain, berhubungan erat yakni panduan dari corporate, manajemen, (office sebagai kesatuan yang terdiri dari gedung, tanah, personil, dan equipment) dan operation manajemen (office work, pekerjaan kantor).
d. Drs. Moekijat
Manajemen perkantoran itu sebagai penerapan fungsi-fungsi manajemen pada kantor, yakni perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan kantor, yakni agar tujuan kantor tersebut dapat tercapai dan para pegawai merasa puas.
Jadi kesimpulan dari pengertian manajemen perkantora adalah proses kerja sama
antara sekelompok orang untuk melayani/mencapai tujuan kantor.
B. Pentingnya Adminitrsi Kantor
Adminitrasi perkantoran adalah perlengkapan yang diperlukan untuk menghasilkan sesuatu pekerjaan kantor yang sesuai dengan yang diharapkan sebuah kantor yang memilikin tujuan yang di tentukan tidak akan tercapai tanpa adanya adminitrasi perkantoran. Adminitrasi yang baik akan memperlancar proses suatu pekerjaan sehingga pencapaiaan dapat sukses dengan efektif dan efisien. oleh karna itu dengan adanya adminitrasi perkantoran yang baik akan dapat mewadai proses suatu perkerjaan dan sekaligus dapat memberikan bantuan kepada efisiensi suatu pekerjaan kantor
Dari uraian diatas dapat di simpulkan bahwa adminitrasi adalah:
1. Untk menunjang efektifitas pekerjaan kantor
2. Mempermudah dan mempercepat proses pelaksanaan atau pekerjaan kantor
3. Memperoleh hasil yang lebih masimal dan memuaskan
4. Sebagai aset adminitrasi perkantoran
5. Untuk memperingan tenaga pekerjaan kantor
C. Tujuan Manajemen Kantor
Tujuan manajemen kantor adalah untuk mencapai atau mendapatkan hasil yang efektif dan efisien dari apa yang tekah ditetapkan dalam manajemen kantor.
Secara terperinci manajemen kantor diantaranya :
1. Untuk mencapa hasil pekerjaan kantor secara efektif dan maksimal
2. Agar proses pekerjaan kantor berjalan dengan lancer
3. Agar pengawasan pekerjaan kantor dapat dilaksanakan efektif dan efisien
4. Terciptanya saling memiliki dan tanggung jawab dari setiap pegawai
5. Adanya penggunaan fasillitas kantor yang optimal da efisiensi
Sedangan menurut G.R Terry dalam bukunya “ Manajemen And Control ” yang diatur oleh Drs. Moekijat mengemukakan bahwa tujuan manajemen perkantoran adalah :
1. Memberikan semua keterangan yag lengkap dan yang diperlukan, kepada siapa, bila mana da dimana itu diperlukan dalam pelaksanaan perusahaan secara efisien
2. Memberikan catatan-catatan dan laporan-laporan yang cukup dengan biaya yang serendah-rendahnya
3. Membantu pekerjaan memelihara sains
4. Memberikan pekerjaan tata usaha yang cermat dan membantu memberi pelayanan kepada pelaggan
5. Membuat catatan-catatan yang makin baik dengan biaya yang rendah
Post a Comment for "Pengertian dan pentingnya Manajemen Kantor "