RPP Kelas III (Tiga) / 1 Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      :  
Kelas / Semester          :     III
(Tiga) / 1
Tema 2                            :     Menyayangi
Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema 3                    :    Menyayangi
Tumbuhan 
Pembelajaran                :     4
Alokasi Waktu               :     1
Hari
Hari / Tgl Pelaksanaan :  
A.     KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1  :  Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 
KI 2  :  Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan
menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia 
| 
   NO  | 
  
   KOMPETENSI
  DASAR (KD)  | 
  
   INDIKATOR  | 
 
| 
   1  | 
  
   3.5
  Menggali informasi tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan melalui
  wawancara / eksplorasi lingkungan.   | 
  
   3.5.1 Menceritakan
  cara menanam dan merawat tumbuhan dengan tepat.  3.5.2
  Menunjukkan cara menanam dan merawat tumbuhan dengan tepat.  | 
 
     
PPKn 
| 
   NO  | 
  
   KOMPETENSI
  DASAR (KD)  | 
  
   INDIKATOR  | 
 
| 
   1  | 
  
   1.3   Mensyukuri keberagaman karakteristik individu
  di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.   | 
  
   1.3.1  Menjelasan tentang anggota keluarga sesuai
  dengan perannya dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai perwujudan
  pengalaman sila Pancasila yang dikembangkan dalam “Garuda Pancasila”.  1.3.2 
  Memahami anggota keluarga sesuai dengan perannya dalam kehidupa
  sehari-hari di rumah sebagai perwujudan pengalaman sila Pancasila yang
  dikembangkan dalam “Garuda pancasila”.  1.3.3  Menceritakan tentang anggota keluarga
  sesuai denga perannya dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai perwujudan
  pengalaman sila Pancasila yang dikembangkan dalam “Garuda Pancasila”.   | 
 
C.     TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.      Setelah
memahami cara menanam bunga beberapa hari yang lalu, siswa dapat mencoba
praktek cara menanam bunga. 
2.      Setelah
mendengarkan ceramah dari guru beberapa hari yang lalu tentang cara merawat
bunga, siswa dapat menceritakan ulang tentang cara merawat bunga. 
3.      Setelah mengamati
dari guru, siswa dapat menceritakan tentang anggota keluarga sesuai denga perannya dalam
kehidupan sehari-hari di rumah sebagai perwujudan pengalaman sila Pancasila
yang dikembangkan dalam “Garuda Pancasila”.
- karakter siswa yang diharapkan : Religius 
                                                       
Nasionalis 
                                                       
Mandiri 
                                                       
D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
| 
   Kegiatan  | 
  
   Deskripsi
  kegiatan  | 
  
   Alokasi waktu   | 
 
| 
   Pendahuluan  | 
  
   -         
  Sebelum memulai pelajaran, guru menyuruh ketua kelas untuk memimpin do’a
  dan membacakan surah pendek -         
  Sebelum memulai pelajaran, guru mengabsen siswa dan bertanya kepada siswa
  siapa yang tidak hadir hari ini?  | 
  
   15 menit  | 
 
| 
   inti  | 
  
   -         
  Guru menyiapkan tanah, pupuk, bunga serta pot bunga. -         
  Setelah itu, guru menunjuk salah satu siswa untuk maju  kedepan dan mencoba praktek cara menanam
  bunga. -         
  Setelah itu, guru menyuruh siswa untuk kedepan dan ceritakan cara merawat
  bunga.  -         
  Guru menjelaskan tentang  anggota keluarga sesuai denga
  perannya dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai perwujudan pengalaman
  sila Pancasila yang dikembangkan dalam “Garuda Pancasila”. -         
  Sebelum menjelaskan, guru bertanya kepada siswa tentang sila
  ketiga dan makna dari sila ketiga. -         
  Setelah itu, guru menyuruh siswa untuk membaca buku tema terlebih dahulu
  dan pahami cerita dari ibu ayah dan anak perempuan nya.  -         
  Setelah itu, guru menyuruh salah satu siswa untuk maju kedepa dan
  ceritakan tentang anggota keluarga sesuai denga perannya dalam kehidupan
  sehari-hari di rumah sebagai perwujudan pengalaman sila Pancasila yang
  dikembangkan dalam “Garuda Pancasila”.  | 
  
   30 x 2 menit  | 
 
| 
   Penutup   | 
  
   -         
  Setelah menceritakan atau praktek perindividu tentang menanam atau
  merawat tanaman dengan tepat dan menjelasan tentang anggota keluarga sesuai
  dengan perannya dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai perwujudan
  pengalaman sila Pancasila yang dikembangkan dalam “Garuda Pancasila”. -         
  Guru bertanya kepada siswa, apakah
  pelajaran hari ini sudah jelas?  -         
  Guru bertanya kepada siswa pelajaran apa
  aja hari ini?  -         
  Setelah itu, guru menyuruh siswa untuk
  merapihkan ruangan dan melihat ruangan ketika ada sampah.  -         
  Sebelum pulang ke rumah nya
  masing-masing, guru menyuruh siswa untuk berdo’a terlebih dahulu.  | 
  
   15 menit  | 
 
E. SUMBER DAN  MEDIA
PEMBELAJARAN
-  Buku tematik K-13 kelas 3
tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan subtema 3 Menyayangi Tumbuhan 
-  Pot bunga, tanah atau
pupuk serta bunga krokot 
F.  MATERI PEMBELAJARAN
-         
Cara menanam dan merawat bunga serta anggota keluarga sesuai
dengan perannya dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai perwujudan
pengalaman sila Pancasila yang dikembangkan dalam “Garuda Pancasila”.
G.     METODE PEMBELAJARAN 
§    Ceramah, permainan, 
tanya jawab, penugasan, CTL (Contextual Teaching and Learnig) dan
praktek.
 
H.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
     Selama pembelajaran
berlangsung 
Soal :  
   Sikap melaksanakan
tugas-tugas di rumah merupakan pelaksanaan dari kewajiban. Tulislah daftar
tugas anggota keluargamu di rumah!
  Penilaian keterampilan : 
  Instrument penilaian Tanya
jawab, praktek dan keaktifan :
Tabel penilaian siswa ( berilah
tanda centang (✓) )
Keterangan: 
K (Kurang)
: 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB
(Sangat Baik) : 4
                                                                   
                    , 07-09-2020
                                                                                        
Guru pembimbing
                                                                                    
                                                                                  
   NIP: 
                                 
Catatan :                                                                                   

Post a Comment for "RPP Kelas III (Tiga) / 1 Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan"