Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Contoh makalah energi terbarukan

Energi terbarukan menurut wikipedia adalah energi yang berasal dari "proses alam yang berkelanjutan", seperti tenaga surya, tenaga angin, arus air proses biologi, dan panas bumi. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang penggunaan energi terbarukan di masyarakat modern, lihat pengembangan energi terbarukan. Untuk diskusi umum, lihat pengembangan energi masa depan. 



Berikut ini adalah Contoh makalah energi terbarukan 


BABI
PENDAHULUAN
I.I. LATAR BELAKANG
Manusia hidup tidak lepas dari energy. Terlebih saat ini  hampir semua aktifitas manusia sangat tergantung dengan energy, dengan kata lain , manusia  tidak dapat hidup tanpa energy.Hal ini dapat kita lihat dalam kehidupan sehari hari, sebagai contoh, alat penerangan,motor penggerak, peralatan rumah tangga,aktifitas dalam perindustrian itu semua dapat berfungsi apabila ada energy. Tapi saat ini terjadi banyak sekali dimnamika ataupun permasalahan yang dihadapi Negara maupun dunia masalah  kebutuhan energy, yaitu, semakin cepatnya pertumbuhan masyarakat bahkan di masa krisis, rasio elektrifikasi yang baru mencapai 60%,kendala infra struktur dalam pemanfaatan energy. Investasi suasta yang masih kecil , dan pemanfaatan sember energy terbarukan masih kecil serta ketiadaan kegiatan eksplorasi cadangan baru mengakibatkan terganggunya produksi energy primer nasional.kalau hal ini tidak langsung ditangani ataupun di waspadai pemerintah, maka akan terjadi krisis energy yang dapat menimbulkan efek yang sangat besar bagi  kelangsungan hidup manusia.
Dinamika yang dihadapi saat ini sangat mungkin bisa diatasi Negara Indonesia karna Negara Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk menghasilkan energy, seperti,energy matahari,energy air,energy listrik, energy nuklir, energy minyak gas bumi, dan juga ennergi yang tersedia di bumi seperti  energy biomassa atau gas,dan juga batu bara, hal ini bisa idatasi pemerintah Indonesia dengan cara,
·         pengesahan rancangAn kebijakan Energi nasional yang mengatur tentang          penyediaan, pemanfaatan,prioritas dan cadangan penyangga energy nasional.
·         Kebijakan jangka menengah tentang alokasi dana APBNdisektor energy termasuk sumsidi BBM dan listrik objektif dan sesuai persoalan nasional.
·         Tata kelola dan kelembagaan, contohnya, kejelasan status lembaga yang permanen menggantikan peran  PB migas  perlu segera ditetapkan  atau melalui revisi undang undang Migas.

I.2, TUJUAN
            Tujuan pembuatan makalah ini adalah supaya kita mengetahui informasi tentang masalah yang dihadapi pemerintah, pengertian, sumber sumber, dan contoh tehnologi dari energi terbarukan saat ini serta bagaimana pemanfaatan nya dalam kehidupan manusia.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 ENERGI TERBARUKAN
2.2.1PENGERTIAN ENERGI
Kata energy berasal dari bahasa yunani, Yaitu ergon yang berarti kerja, jadi energy di artikan  sebagai kemampuan untuk melakukan kerja atau usaha.energi merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan dialam ini, terutama bagi kehidupan manusia, karna segala sesuatu yang kita lakukan memerlukan energy,
Energy dialam ini tersedia dalam bentuk, misalnya energy kimia, energy listrik, energy kalor dan energy cahaya, energy akan bermanfaat jika terjadi perubahan bentuk dari suatu bentuk ke bentuk yang lain, sebagai contoh, setrika listrik akan bermanfaat jika terjadi perubahan energy listrik menjadi energy kalor,
Benda yang bergerak maupun diam ternyata mempunyai suatu energy yang tersimpan, energy yang ditimbulkan akibat suatu gerakan  suatu benda disebut energy  kinetic, sedangkan energy yang tersimpan dalam suatu benda karna kedudukannya disebut energy potensial, itulah sedikit yang dapat saya sampaikan  tentang pengertian energy .
2.2.2.PENGERTIAN ENERGI TERBARUKAN
            Energi terbarukan adalah sumber energy yang dapat dipulihkankembali secara alamidan prosesnya berkelanjutan. Energy terbarukan dihasilkan dari sumber daya energy yang secara alami tidak akan habis bbahkan berkelanjutan jika dikelola dengan baik. Energy terbarukan disebut juga  sebagai energy berkelanjutan(sustainable energy). Konsep energy terbarukan mulai dikenal  di dunia pada era 1970-an. Kemunculannya sebagai antithesis  terhadap pengembangan dan penggunaan energy berbahan fosil dan nuklir.  Selain dapat dipulihkan kembali,energy terbarukan diyakini lebih bersih , aman dan terjangkau masyarakat. Pengunaan  energy terbarukan lebih ramah lingkungan  karna mampu mengurangi pencemaran lingkungan dan kerusakan lingkungan disbanding energy non- terbarukan.
 Energy terbarukan masih perlu meningkatkan daya saing, karna sumber energy terbarukan  masih membutuhkan subsidi untuk tetap kompetitif dengan bahan bakar fosil  dalam hal biaya, meskipun harus juga disebut kan bahwa perkembangan teknologi pada nergi terbarukan terus menurunkan harganya dan hanya masalah  waktu energy terbarukan akan memiliki harga yag kompetitif  tanpa subsidi dibandingkan bahan bakar tradisional.

2.2.3 SUMBER ENERGI TERBARUKAN
A. Energi surya
Matahari adalah sumber kita yang paling kuat energy.sinar matahari atau energy surya dapat digunakan untuk pemanasan rumah, pencahayaan dan pendinginan dan bangunan lainnya, pembanggkit listrik ,pemanas air, dan berbagai proses industry lainnnya, sebagian besar energy terbarukan  berasal baik secara langsung maupun tidak langsung dari matahari. Contohnya , panas dari matahari menyebabkann angin bertiup , memberikan konstribusi terhadap pertumbuhan pohon dan tanaman lain  yang digunakan untuk energy biomassa, dan memainkan peran penting dalam siklus penguapan dan curah hujan  yang menjadi sumber energy air.
B. Energi Angin
Angin adalah gerakan udara yang terjadi ketika naik udara hangat dan udara dingin di bergegas untuk menggantinya. Energy angin telah digunnakan selama berabad abat untuk kapal layar dan kincir angin untuk menggilingh gandum. Hal ini energy angin ditangkap oleh turbin angin dan digunakan untuk menghasilkan listrik.
C. Biofuel
Bio fuel atau bahan bakar hayati adalah sumber energy terbarukan bberupa bahan bakar( baik padat, cair, dan gas) yang dihasilkan dari bahan bahan organic. Sumber bio fuel adalah tanaman yang memiliki kandungan gula tinggi(seperti sorgum dan tebu) dan tanaman yhang memiliki kandungan minyak nabatitinggi(seprti jarak,ganggang dan kelapa sawit).
D.Bio Massa
Bio massa adalah jenis energy terbarukan yang mengacu bapa bahan biologis yang berasal dari organnisme yang hidup atau yang belim lama mati. Sumber bio massa antara lainbahan bakar kayu,limbah dan alcohol. Pembangkit listrik bio massa diindonesia seperti PLTBM Pulubala di Gorontalo yang  memanfaatkan tongkol jagung.
E. Panas Bumi
Energy panas bumi atau geo thermal adalah sumber energy terbarukan berupa energy thermal(panas)yang dihasilkan dan disimpan didalam bumi. Energy panas  bumi diyakini cukup ekonomis, berlimpah, berkelanjutan,dan ramah lingkungan. Namun pemanfaatannya  masih terkendala pada tehnologi  eksploitasi yang hanya dapat menjangkau di sekitar lempeng tektonik. Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi(PLTP) yang dimiliki Indonesia antara lain. PLTP Sibayak Di Sumatara Utara. PLTP Salak di Jawa Barat, PLTP Dieng di Jawa Tengah, dan PLTP Lahendong di Sulawesi Utara.
F . Air
Energy air adalah salah satu alternative bahan bakar fosil yang paling umum. Sumber energy ini  didapatkan dengan memanfaatkan energy potensial dan energy  kinetic yang dimiliki air. Saat ini sekitar 20%konsumsi listrik didunia  dippenuhi dari Pembangkit Listrik Tenaga Air( PLTA). Di Indonesia  saja terdapat puluhan  PLTA seperti . PLTA singkarak  di Sumatra barat , PLTA gaja mungkur di  Jawa Tengah, PLTA karangkates  di jawa timur, PLTA Riam kanan di Kalimantan selatan dan PLTA Larona  di Sulawesi selatan.
G. Gelombang Laut
Energy gelombang laut atau ombak adalah energy terbarukan yang bersumber dari  tekanan naik turunnya gelombang air laut. Indonesia  sebagai Negara maritime,yang terletak diantara 2 samudra berpotensi tinggi memnfaatkan sumber energy dari gelombang laut. Sayangnya sumber energy alternative ini masih dalam taraf pengembangan Indonesia.
H.Pasang Surut
Energy pasang suurut air laut adalah energy yang terbarukan  yang bersumber dari proses pasang surut air laut. Terdapat 2 jenis  sumberenergi pasang surut air laut, pertama adalah perbedan tinggi rendahnya  air laut saat pasang dan surut. Yang kedua adalah  arus pasang surut terutama  pada selat selat yang kecil. Layaknya energy gelombang air laut, Indonesia memiliki potensi yang sangat tinggi  dalam pemanfaatan energy pasang surut air laut. Saying nya energy ini9m belum termanfaatkan.
2.2.4 KEUNGULAN DAN KELEMAHAN ENERGI TERBARUKAN
Energy terbarukan adalah topic yang sangat popular saat ini. Berikut adalah  beberapa keunggulan dan kellemahan energy terbarukan .
 Seperti bahan bakar fosil, energy terbarukan tentunya memiliki  keunggulan dan kelemahan tertentu. Nilai ekonomi, ekologi dan efesiensi adalah beberapa factor  yang mesti kita perhatikan ketika kita membahas keungggulan  dan kekurangan energy terbarukan.
            Seperti namanya sumber energy terbarukan tidak dapat habis dan tentunya berbeda dengan bahan bakar fosil. Bahan bakar fosil terbatas, dan karna itu suatu hari , bbatu bara, minyak dan gas alam akkan habis, anmun scenario yang sama tidak akan terjadi  pada sumber energy terbarukan karna matahari  akan terus bersinar, angin akan terus bertiup. Sulit untuk mengatakan berapa lama  bahan bakkar fosil dapat memenuhi sebagian besar permintaan energy global, beberapa ahli energy percaya  hal ini kemungkinan akan berlangsung  sampai akhir abad ini.karna itulah saat bahan bakar fosil telah habis  didunia ini, kita harus telah memiliki alternative dalam bentuk energy terbarukan.
Dari sudut pandang ekologi, energy terbarukan memiliki keunggulan jauh lebih banyak dibandingkanbahan bakar fosil. Sumber nergi terbarukan adalah sumber energy bersih dan tidak seperti batu bara, minyak, dan gas alam, sumber energy terbarukan tidak melepaskan emisi karbon. Bahan bakar fosil disisi lain ketika dibakar  melepaskan emisi karbon berbahaya  yang tidak hanya mencemari planet kita. Tetapi telah memberikan knstribusi kerusakan berupa dampaknya  pada perubahan iklim.
Meskipun ada perbaikan  serius dalam hal teknologi energy terbarukan pada beberapa tahun terakhir, ppersaingan harga harga sumber  energy terbarukkan tetap menjadi salah satu kelemahan terbesar  dari energy terbarukan. Agar biaya energy terbarukan da[pat kompetitif dengan bahan bakar fosil, penelitian yang lebih banyak dilakukan  sebagian besar meski difokuskan untuk meningkatkan efesiansi teknologi energy terbarukan karna  factor efesiensi dan ekonomi masih mmerupakan pertimbangan  yang lebih besar  dibandingkan dampaknya  yeng positif terhadap lingkungan dimata banyak orang.
Energy terbarukan juga perlu memberikan  solusi pada penyimpana energy  untuk menjamin keamanan saat  pengiriman karna sumber  terpenting dari energy terbarukan  seringkali bersifat intermitten, dan karna itu tidak dapat diandalkan setiap saat.
Kurangnya tradisi juga merupakan salah satu kelemahan  dari pemakaian energy terbarukan. Bahan bakar fosil merupakan tradisisi yang sangat panjang, dan banyak sector energy terbarukan  yang baru saja dimulai berkembang. Tradisi  penggunaan bahan bakar fosil memberikan konstribusi bagi  kuatnya lobi bahan bakar fosil pada sisi politik , dan lobi ini menggunakan  pengaruhnya untuk menghasilkan keputusan  keputusan penting mengenai pemakaian energy.
Banyak Negara dudunia bergantung  pada impor minya asing , dan dengan mengembangkan sector energy terbarukan di negeri sendiri , mereka akan membantu mengurangi ketergantungan pada impor minyak ke Negara lain. Dan dengan demikian juga  akan mendifersifikasi portofolio energy mereka.
Pengembangan sector energy terbarukan  juga dapat menciptakan manfaat  ekonomi dibayak Negara , sebagian besar dalm bentuk  terciptanya lappangan kerja’’ hijau’’ yang baru.


BAB III
PENDALAMAN MATERI

  3.TEKNOLOGI SUMBER ENERGII TERBARUKAN
3.1    Energi Panas Bumi
            Energi panas bumi atau energi geothermal adalah energi yang dihasilkan oleh fluida, gas dan batuan yang terkandung di dalam perut bumi sehingga memerlukan proses pertambangan untuk memperolehnya.  Geotermal termasuk energi terbarukan karena siklus produksinya memanfaatkan fluida untuk mengambil panas dari dalam bumi ke permukaan dan fluida tersebut akan diinjeksikan kembali ke dalam tanah untuk proses produksi berkelanjutan.
            Dengan banyaknya gunung vulkanik, Indonesia seharusnya menjadi raksasa dalam eksplorasi panas bumi sebagai sumber energi.
            Pencarian sumber energi panas bumi sudah dilakukan sejak masa hindia belanda. Awal pekerjaan tersebut dilakukan pada tahun 1918 di lapangan kamojang, Jawa Barat. Namun hingga saat ini pemanfaatannya masih belum optimal. Potensi panas bumi Indonesia terletak di 256 lokasi dan hampir setengahnya berada di kawasan konservasi dengan potensi 28,1 GWe atau setara dengan 12 barel minyak bumi untuk pengoperasian selama 30 tahun.
            Data dari Kementrian ESDM menunjukkan bahwa dari potensi 40% panas bumi dunia, hanya 4% atau sekitar 1189 MWe saja yang dimanfaatkan di bumi Indonesia. Daerah panas bumi yang sudah dimanfaatkan untuk pembangkit listrik baru 7 dari 256 lokasi atau sekitar 3% dengan kapasitas total terpasang 1189 MW.
            Dalam aspek ekonomi, panas bumi adalah bentuk energi yang unik. Ia tidak dapat disimpan dan tidak dapat ditransportasikan dalam jarak jauh. Kondisi ini membuat panas bumi terlepas dari dinamika harga pasar. Selain itu panas bumi dapat menjadi alternatif yang sangat baik bagi bahan bakar fosil terutama untuk pemanfaatan pembangkit listrik sehinga dapat mengurangi subsidi energi.
            Dalam aspek lingkungan, limbah yang dihasilkan hanya berupa air yang tidak merusak atmosfer dan lingkungan. Limbah buangan air pembangkit panas bumi akan diinjeksikan jauh ke dalam lapisan tanah (reservoir) dan tidak akan mempengaruhi persediaan air tanah. Emisi CO2 nya pun hanya berkisar di angka 200 kg/MWh, jauh lebih rendah bahkan kurang dari setengah emisi yang dihasilkan oleh gas alam, minyak bumi, diesel ataupun batubara.
            Menurut Sukhyar, Kepala Badan Geologi Departemen ESDM, energi panas bumi memiliki beberapa keunggulan dibandingkan sumber energi terbarukan yang lain, di antaranya hemat ruang dan pengaruh dampak visual yang minimal. Selain itu, energi panas bumi mampu berproduksi secara terus menerus selama 24 jam, sehingga tidak membutuhkan tempat penyimpanan energi. “Tingkat ketersediaan (availability) juga sangat tinggi, yaitu di atas 95%,”
                        Potensi geotermal Indonesia belum dimanfaatkan secara optimal. Lapangan geotermal kamojang menjadi salah satu sumur produksi panas bumi paling produktif. Sumur ini masih dimanfaatkan hingga sekarang walau sudah beroperasi selama 27 tahun dan masih memiliki kapasitas panas bumi sebanyak 93%. Efisiensi energi yang sangat baik diperlihatkan oleh panas bumi sebagai sumber energi.
            Dalam grafik yang diperoleh dari salah satu sumber di atas, potensi produksi sumur geothermal terus meningkat sejak pertama kali proses produksi dilakukan. Pada tahun 2025 diproyeksikan geothermal Indonesia dapat menghasilkan panas bumi sebesar 9500 MW atau setara dengan 400 ribu barel oil equivalen (boe) per harinya. Sebuah potensi energi yang sangat besar.
            Berdasarkan informasi dari Kementrian ESDM, sampai dengan November 2009 total potensi panas bumi Indonesia diperkirakan mencapai 28.112 MWe yang tersebar di 256 titik. Terdapat penambahan 8 lokasi baru dengan potensi 400 MWe yang berasal dari penemuan lapangan pada tahun 2009.
            Dengan segala potensi yang dimiliki, Indonesia seharusnya mampu menjadikan panas bumi sebagai sumber energi utama dan menjadi acuan bagi negara lainnnya. Selama ini kita masih berkiblat pada selandia baru dan islandia dalam upaya pemanfaatan teknologi panas bumi.
 3.2         Energi Surya
            Salah satu alasan utama mengapa pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) kesulitan mengimbangi pembangkit listrik konvensional adalah karena efisiensinya yang rendah. Sehingga untuk mendapatkan energi listrik yang besar diperlukan luasan modul surya yang besar pula, yang berarti biaya pun besar.
            Mayoritas solar sel komersial saat ini memiliki efisiensi sekitar 15%. Sedangkan efisiensi sebesar 30% sudah berhasil diuji di laboratorium namun belum dapat diproduksi untuk keperluan komersial.
            Mengapa solar sel belum bisa mengkonversi radiasi matahari dengan efisiensi tinggi? Alasannya adalah karena material solar sel hanya mampu mengkonversi sebagian dari spektrum cahaya matahari yang diterimanya. Menurut Tomas Marvart dalam bukunya berjudul Solar Electricity, hanya sekitar 2/3 dari spektrum cahaya matahari yang dapat dikonversi menjadi listrik oleh material solar sel yang ada sekarang.
            Namun kini ada harapan baru untuk mengkonversi semua spektrum cahaya matahari menjadi listrik. Riset yang dilakukan oleh Wladek Walukiewicz di Lawrence Berkeley National Laboratory telah berhasil mengkonversi seluruh spektrum. Dan yang juga menarik adalah bahwa proses produksi solar sel baru ini dapat dilakukan menggunakan teknik produksi konvensional.
            Prinsip yang digunakan oleh Wladek Walukiewicz dan kawan-kawan adalah bahwa: tidak ada material yang mampu merespon semua panjang gelombang radiasi matahari, masing-masing material bekerja pada panjang gelombang yang berbeda pula, maka untuk memungkinkan proses konversi seluruh spektrum dilakukan penggabungan beberapa bahan berbeda dengan sensitifitas spektrum berbeda pula.
            Satu cara untuk menggabungkan berbagai bahan adalah dengan menumpuk lapisan-lapisan semikonduktor berbeda dan menggabungkannya secara seri menggunakan kawat. Teknik ini walaupun mampu menggabungkan lapisan-lapisan berbeda, namun strukturnya masih rumit sehingga menyulitkan dalam proses fabrikasi. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan membuat satu lapisan namun mampu bekerja dengan spektrum berbeda.
            Tim peneliti mengatakan bahwa teknik baru yang mereka perkenalkan akan menghasilkan solar sel efisiensi tinggi dengan harga yang labih murah. Namun sayang, mereka belum menyebutkan setinggi apa efisiensi yang dapat dihasilkan.


3.3. Tenaga Air
            Sejumlah 160 ribu turbin air akan dipasang di Sungai Mississippi untuk menghasilkan listrik hingga 1600 MW listrik, cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik 1,5 juta rumah. Perusahaan Free Flow Power mengatakan bahwa pemasangan turbin di dasar sungai tidak akan mengganggu lalu-lintas kapal. Mereka juga yakin proyek tersebut tidak akan mengganggu ekosistem setempat.
            Berbeda dengan bendungan Three Gorges di Cina yang menimbulkan dampak lingkungan besar, teknologi milik Free Flow Power menggunakan generator listrik magnet permanent yang dapat dipasang dalam kelompok kecil di bawah air, menangkap energi kinetic arus air, sehingga pembangunan dam tidak diperlukan. Generator milik mereka, yang terdiri dari enam turbin setiap set, bisa ditambatkan di bawah air dengan cara dipancangkan ke dasar sungai atau ditempelkan ke tiang jembatan.
            Free Flow Power telah mendapat izin dari Federal Energy Regulatory Commission telah melakukan studi di 59 lokasi. Pada setiap lokasi akan dipasang ratusan hingga ribuan turbin dalam jarak beberapa kilometre. Biaya diperkirakan $3 Miliar (Rp 27,6 Triliun).
            Perusahaan diberi waktu 3 tahun untuk melakukan kajian teknis dan lingkungan di 59 lokasi. Jika hasilnya baik, pengerjaan dimulai 2012. Walaupun teknologi mereka tidak semurah teknologi hidro konvensional, perusahaan meyakinkan pemerintah setempat bahwa harga listrik yang mereka produksi cukup kompetitif.

3.4         Tenaga Angin
            Tiga turbin angin telah dipasang di Bahrain World Trade Center, gedung kembar pancakar langit setinggi 240 meter, di Bahrain. Inilah pertama di dunia di mana turbin angin berkapasitas besar dipasang di gedung komersial. Ketiga turbin ini dipasang untuk membangkitkan energi listrik bagi gedung tersebut. Masing-masing turbin memiliki diameter 29 meters, dipasang pada jembatan-jembatan yang menghubungkan kedua tower.
            Untuk meningkatkan efisiensi, gedung dirancang sedemikian sehingga memiliki karakter aerodinamik yang dapat memaksimalkan aliraan udara menuju turbin.
Ketiga turbin ini mampu menghasilkan 1100 hingga 1300 MWh, atau 10-15% kebutuhan listrik gedung tersebut. Jika digunakan untuk rumah, energi yang dihasilkan mampu melistriki 300 rumah selama setahun.
            Atas prestasi ini Bahrain WTC telah masuk dalam shortlist untuk mendapatkanEDIE Award for Environmental Excellence.
Proyek yang dikerjakan bersama oleh Atkin Architects and Engineers dan Norwinini menghabiskan biaya 3.5% dari keseluruhan proyek pembangunan Bahrain WTC yang selesai awal April 2008. Walaupun tidak menghasilkan energi terlalu besar, terobosan ini merupakan langkah besar yang patut diapresiasi.




3.5         Biomassa
            Tentu kita belum lupa tragedi Leuwigajah. Leuwigajah adalah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah kota Bandung. Bulan Februari 2005 bukit sampah setinggi 30 meter di TPA ini longsor, menelan korban jiba lebih dari 100 penduduk lokal dan mengakibatkan kerugian material dan merusak lingkungan sekitar TPA tersebut.
            Sebenarnya sampah kota bisa diolah supaya memberikan mafaat bagi manusia. Teknologi untuk melakukan hal tersebut sudah ada dan sudah diterapkan di banyak kota dan negara. Tulisan ini menceritakan pengalaman saya beberapa minggu lalu mengunjungi lokasi pembangkit listrik tenaga biogas dari TPA di Perth, Western Australia. Kunjungan ini digagas dalam rangka mengajak jalan-jalan dua orang mahasiswa S3 USU Medan dan IPB Bogor yang sedang mengikuti penelitian singkat diUniversitas Murdoch tempat saya belajar. Ditemani Direktur dan salah satu peneliti diEnvironmental Technology Centre (ETC) Universitas Murdoch, kami mengunjungi satu dari lima pembangkit milik LGP di kawasan Canning Vale, diterima oleh salah satu pegawai LGP yang sedang bertugas. Oh ya, ETC Universitas Murdoch adalah salah satu dari hanya lima ETC yang didirikan PBB (lewat UNEP-IETC) di seluruh dunia.
Perusahaan pembangkit listrik dari TPA ini bernama Landfill Gas and Power Pty Ltddisingkat LGP, sebuah perusahaan swasta milik ACE Holdings Australia. Mulai beroperasi sejah 1993, LGP telah menjadi salah satu pemimpin di pasar energi terbarukan Australia. Mereka bukan hanya bermain di bisnis pembangkit listrik, tapi juga berkontribusi mengurangi emisi CO2 dan methane ke atmosfer. Perlu diketahui bahwa methane adalah gas berbahaya yang dihasilkan oleh tumpukan sampah di TPA. Bahaya bagi kehidupan dan bagi atmosfer. Kontribusi methan terhadap pemanasan global sekitar 21 kali lebih besar daripada CO2.
Setahun, LGP menghasilkan listrik sekitar 75 GWh dari tiga pembangkit merk Catterpilar di Canning Vale, dijual lewat jaringan listrik pemerintah (Western Power) ke pelanggan khusus seperti kantor-kantor pemerintah lokal dan industri-industri skala kecil dan menengah.
           

BAB IV
PENUTUP
3.1              Kesimpulan
Energi adalah suatu bentuk kekuatan yang dihasilkan atau dimiliki oleh suatu benda. Energi  menjadi  komponen  penting  bagi  kelangsungan  hidup  manusia  karena  hampir  semua  aktivitas  kehidupan manusia  sangat  tergantung  pada  ketersediaan  energi  yang         cukup.  Untuk  menghindari krisis energi yang dikarenakan keterbatasan energi di alam di perlukanlan energi terbarukan. Energi terbarukan adalah adalah energi yang berasal dari “proses alam yang berkelanjutan”, seperti tenaga suryatenaga anginarus air proses biologi, dan panas bumi. Dengan adanya energi terbarukan diharapkan kebutuhan manusia akan sumber energi tidak akan berkurang.

3.2              Saran
Untuk memenuhi kebutuhan manusia akan sumber energi maka energi terbarukan harus lebih dikembangkan. Namun dalam pengembangannya harus ada aspek – aspek yang perlu di perhatikan, salah satunya adalah lingkungan. Pengembangan terhadap energi terbarukan harus mempertimbangkan dampak – dampaknya terhadap lingkungan.
Selain itu, penggunaan terhadap energi pun harus diperhatikan. Hemat energi berarti mencegah terjadinya krisis energi.

DARTAR PUSTAKA

Sumber ’’Situs ilmu dan pengetahuan energy, energy terbarukan dan green life stile.’’
Sumber ‘’RSS Alamendah’s blog’’
Sumber ‘’ modul mata kuliah ttl dan elektronika industri’’
Sumber: http://kunaifi.wordpress.com/category/209-tenaga-matahari/
Sumber : http://jenrisirait24035.blogspot.com/2015/06/energi-terbarukan.html

Post a Comment for "Contoh makalah energi terbarukan "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel