Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Contoh makalah mikrosoft office

Contoh makalah mikrosoft office - berikut ini adalah contoh tugas makalah komputer yakni microsoft office semoga bisa membantu tugas kalian ya sobat.






BAB I
PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Dengan pesatnya kemajuan teknologi saat ini, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah. Dewasa ini terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi. Jadi secara langsung maupun secara tidak langsung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti program aplikasi Microsoft Office, Program ini sangat membantu mereka para pekerja kantoran, mahasiswa, dan pelajar, dan masih banyak lagi. Salah satu bagian dari Microsoft Office adalah Microsoft Office Excel atau disebut juga Lembar Sebar. Program aplikasi pengolah angka ini memudahkan kita untuk melakukan perhitungan serta mengolah data berupa angka yang ada dalam table. Dalam Microsoft Office Excel banyak sekali fungsi-fungsi tertentu yang masing-masing memiliki kegunaan tersendiri.




BAB
PEMBAHASAN
1.1    Jenis-jenis Microsoft office

1.    Word
Microsoft Word  atau Microsoft Office word atau word adalah perangkat lunak pengolah kata(word processor)andalan Microsoft.Pertama di terbitkan pada tahun 1983 dengan nama multi-tool word.
2.    Excel
Microsoft excel atau Microsoft office excel atau excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang di buat dan di distribusikan oleh Microsoft corporation untuk sistem operasi Microsoft window dan mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang,dengan menggunakan strategi marketin
3.    Outlook
Microsoft outlook atau Microsoft office outlook  atau  outlook adalah sebuah program personal information manager dari Microsoft ,dan bagian dari suite Microsoft office.walaupun biasanya hanya hanya digunakan untuk mengirim dan membaca surel,program ini juga memiliki fungsi kalender,jadwal kerja,catatan,dan jurnal.


4.    Powerpoint
Microsoft Powerpoint atau Microsoft office powerpoint atau powerpoint adalah sebuah program computer untuk presetasi yang yang di kembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka,Microsoft office,selain Microsoft word,excel ,dan beberapa program lainnya.powerpoint berjalan di atas computer PC berbasis sistem operasi Microsoft window dan juga apple macintosh yang menggunakan sistem operasi apple mac os ,meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi xenix.

5.    Microsoft Publiser
Microsoft publisher merupakan bagian dari suatu software desain grafis yang tergabung dalam Microsoft office dan biasanya di gunakan untuk mengolah kata dan bisa juga di gunakan dalam desain publishing.desain publishing menggunakan Microsoft publisher dengan pengertian merancang dan mendesain sebuah layout atau tata letak halaman seperti dalam pembuatan:surat kabar, brosur, kalender  ,majalah, pamphlet, novel, poster, tabloid, kartu pos,sertifikat dan lain-lain.microsoft publisher juga banyak di gunakan di dunia percetakan,sablon,industry periklanan dan lain lain
6.    Microsoft Frontpage
Microsoft frontpage (atau Microsoft office frontpage)merupakan sebuah program aplikasi editor HTML yang berbasis WYSIWYG dan juga bertindak sebagai alat bantu administrasi situs web yang di kembangkan oleh Microsoft untuk jajaran siistem operasi  window.aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft office dari tahun 1997 hinggga 2003.
7.     Microsoft Info Path
Microsoft Info Path (nama lengkap Microsoft Office Infopath) adalahs ebuah aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan formulir entri dari data berbasis XML, awalnya dirilis sebagai bagian dari Microsoft Office 2003 Professional. Fitur Utama dari InfoPath adalah kemampuannya untuk dokumen XML penulis dan melihat dengan link satu-ke-banyak diantara grup data yang berbeda (skema).
8.     Microsoft Visio
Microsoft Visio (atau sering disebut Visio) adalah sebuah program aplikasi komputer yang sering digunakan untuk membuat diagram, diagram alir (flowchart), brainstorm, dan skema jaringan yang dirilis oleh Microsoft Corporation. Aplikasi ini menggunakan grafik vektor untuk membuat diagram-diagramnya.
9.     Microsoft Access
Microsoft Access adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang digunakan untuk merancang, membuat dan mengolah berbagai jenis data dengan kapasitas yang besar. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. Versi terakhir adalah Microsoft Office Acces 2007 yang masuk kedalam Microsoft Office System 2007.



10.     Microsoft Groove
Microsoft Groove 2007 adalah aplikasi desktop yang merupakan bagian dari aplikasi 2007 yang di desain untuk kolaborasi dokumen dalam tim kerja dengan anggota sering kali offline.
Dengan Office Groove 2007, anda bisa berkolaborasi dengan anggota team baik dari luar maupun dalam perusahaan anda, tanpa harus bergantung pada IT serta teknisnya.
11.    Microsoft One Note
Microsoft One Note adalah salah satu keluarga Microsoft Office, fungsinya adalah organizer / notebook yang berguna untuk menyimpan catatan kita. One note juga dapat menampung file-file digital yang kita miliki sehingga kita dapat memiliki sebuah penampungan yang terorganisir dengan rapi.








1.2 Membuat Dokumen pada Microsoft Word
Untuk membuat dokumen pada microsoft word dapat dilakukan dengan cara berikut:
1.    Jalankan aplikasi atau program office yang sudah terinstall pada komputer, Jika aplikasi microsoft word belum terinstall pada komputer anda, maka yang anda harus lakukan terlebih dahulu adalah melakukan instalasi program microsoft word terlebih dahulu.
2.    Selanjutnya jalankan program microsoft word yang sudah terinstall dengan klik tombol start --> all program --> Microsoft Office --> Pilih Microsoft Office Word. Atau anda juga bisa menggunakan sortcut program microsoft word yang ada pada desktop komputer anda.



3.    Selanjutnya setelah program microsoft office word terbuka, maka anda akan melihat lembar kerja kosong dalam microsoft word.

4.    Pada Lembar kerja tersebut anda bisa menulis dan mengetikan pekerjaan anda dan dengan bantuan tool-tool yang ada pada microsoft word akan membudahkan anda dalam membuat surat maupun artikel dengan hasil bagus dan profesional.

1.3 Menyimpan Dokumen Microsoft Word
Setelah anda menyelesaikan pekerjaan pada lembar kerja do microsoft word, langkah selanjutnya adalah menyimpan file hasil kerja anda pada media penyimpanan komputer anda. Untuk menyimpan hasil kerja microsoft word dapat menggunakan langkah berikut:
1.    Klik tombol Office Button pada bagian Pojok Kiri Atas.

2.    Kemudian Pilih Save Atau Save As
3.    kemudian pada kolom file name ganti dengan nama dokumen yang anda buat misal: Tugas1, Artikel saya dan lain-lain.
4.    Jangan lupa untuk meletakkan dokumen yang anda simpan pada folder yang anda inginkan. usahakan letakkan pada Drive D atau Drive E pada komputer anda agar jika terjadi dilakukan install ulang pada komputer anda maka data anda masih dapat diselamatkan.
5.    Kemudian klik tombol Save dibagian bawah.

Catatan:
•    Save berfungsi untuk menyimpan file dan replace file yang sudah dibuka
•    Save As berfungsi untuk menyimpan file dengan nama file yang baru
•    Menutup lembar kerja Ms. Word
•    Menutup dokumen dan mengakhiri Program Ms. Word 2003
•    Untuk menutup berkas / dokumen ketikan kita yang sedang aktif bisa kita lakukan dengan beberapa cara yaitu pertama kita bisa lakukan dengan memilih menu File > pilih perintah Close. Sedangkan perintah Exit digunakan untuk keluar dari program MS. Word 2003 .(perhatikan gambar di bawah ini)

•    Apabila ada pertanyaan Do you want to save ……….. maka anda dapat memilih Yes untuk menyimpan berkas, No Untuk menutup tanpa menyimpan berkas kita, dan Cancel untuk mengagalkan perintah Close dan kembali ke ketikan kita. (perhatikan gambar dibawah ini).

•    Cara lain yaitu dengan menggunakan HOTKEY  yaitu tekan tombol Ctrl+W sedangkan untuk menutup aplikasi MS. Word 2003 menggunakan tombol ALT + F4. Selanjutnya untuk langkah selanjutnya seperti diatas.
•    Selain itu kita bisa menggunakan mouse dengan cara menekan tombol “X” yang ada di pojok kanan atas.


Komponen / Bagian-Bagian CPU dan Fungsinya
Mungkin postingan semacam ini sudah sering anda baca dan lihat di berbagai blog. Namun apa salahnya jika saya memposting kembali Komponen / Bagian-bagian CPU dan Fungsinya untuk berbagi pengetahuan kepada khalayak umum. iya kan? Hehe
Baik langsung saja pada pembahasan.

CPU (Central Processing Untit) adalah induk atau pusat pemprosesan data dari sebuah perangkat komputer, didalam CPU terdapat beberapa komponen yang saling terhubng satu sama lain. Adapun komponen-komponen yang terdapat dalam CPU secara umum adalah sebagai berikut :




1. Casing






Casing  Berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainyaMelindungi berbagai komponen di dalamnya dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja Casing juga menjadi penting karena hampir semua periferal macam motherboard, CD-ROM drive, harddisk, dan floppy drive menggunakan casing ini sebagai tempat dudukannya alias tempat bekerjanya sehari-hari.


2 . Motherboard




Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik atau komponen komputer lainnya saling terhubung seperti seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut.

 
3 . Prosessor


 
Prosessor secara garis besarnya merupakan sebuah alat berbentuk chip kecil yang berguna untuk proses berfikir dan logika dari penjalanan sebuah perintah komputer. Semakin tinggi kecepatan prosessor maka, semakin cepat komputer dalam memproses berbagai macam data. Itupun tentunya harus didukung dengan RAM dan Harddisk yang besar.
 
 

4 . RAM


 
RAM  (Random Access Memory). Berfungsi menampung data yang telah terproses oleh processor sebelum di alirkan kebagian-bagian yang membutuhkan, banayknya pengembangan yang dilakukan pada bagian ini membuat kita lebih mudah dalam pemilihan ram yang cocok untuk pekerjaan kita, apalagi sekarang hampir semua merk menerapkan sistem garansi lifetime pada ram.4 .Chipsetmengatur komunikasi antara komponen. Chipset dibagi menjadi dua bagian. Chip pertama disebut “Nort Bridge” yang dapat mengatur komunikasi antara AGP, RAM, Processor, dan “South Bridge” pada chipset. Dan bagian chip yang kedua adalah “South Bridge” yang dapat mengatur semua inputan dan output pada komputer, termasuk PCI dan ISA bus. Processor, Memori (RAM), Cache, dan Chipset bekerja bersama untuk mengaktifkan fungsi komputer.







5 . VGA


 
VGA (Video Graphic Adapter) atau kartu grafis adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai pengolah data grafis sebelum ditampilkan ke monitor.
6 . Sound card


 
Sound card  berfungsi sebagai prosesor audio untuk PC anda. Analog atau sinyal digital yang masuk ke dalam input kartu dan digital diinterpretasikan sebagai algoritma yang pada gilirannya ditafsirkan sebagai bentuk gelombang dan menghasilkan sinyal sonik dalam output dari kartu suara komputer. Kartu suara adalah perangkat yang dipasang berjalan pada sistem komputer Anda, dengan sifat keras diprogram dan driver perangkat terpisah. Kartu suara mengontrol semua audio pada komputer.

7 . Harddisk


 
Harddisk adalah tempat penyimpanan data konvensional yang bekerja secara mekanik. Semakin besar kapasitas harddisk, semakin bayak pula data-data yang dapat disimpan. Satuan kapsitas  harddisk adalah byte. Saat ini kapasitas harddisk dopasaran bervariasi, mulai dari 250 GB, 500 GB, 1 Tera, hingga 3 Tera. Fungsi dari harddisk adalah sebagai tempat penyimpanan data.
8. Power supply


 
Power supply merupakan bagian dari sistem komputer yang berfungsi untuk memberikan daya (sumber arus listrik) pada komponen-komponen komputer.
Power supply dibedakan atas daya yang dimiliki, seperti: 300 watt, 380 watt, 400 watt, 450 watt, 500 watt, 600 watt, dan berkembangan mengikuti perkembangan teknillogi komputer.

9. Optical disk drive


  Optical disk drive lebih banyak dikenal dengan sebutan CD/DVD ROM, merupakan piranti yang digunakan untuk membaca dan menullis CD/DVD. Yang termasuk kedalam optical drive adalah : CD-ROM drive, CD-RW drive, DVD-ROM drive, dan DVD-RW drive.

BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Microsoft Office adalah software atau perangkat lunak yang berisi paket aplikasi perkantoran, progam Microsoft Office ini dibuat oleh perusahan yang sangat terkenal yaitu Microsoft, program Microsoft Office ini dirancang untuk berjalan dibawah sistem operasi Windows dan Mac Os X. Paket Aplikasi yang terdapat dalam program Microsoft Office antara lain yaitu Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Powerpoint, Microsoft Visio, Microsoft Access, Microsoft Outlook, Microsoft Publisher, Microsoft Info Path, diantara semua paket aplikasi Microsoft Office, yang paling digemari dan sangat terkenal adalah Microsoft Excel, Microsoft Word, dan Microsoft PowerPoint.
Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Di Office 2013, Namanya cukup dinamakan Word.

Post a Comment for "Contoh makalah mikrosoft office"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel