contoh makalah administrasi organisasi dan manajemen

Iklan/Advertisment

Artikel terkait : contoh makalah administrasi organisasi dan manajemen

berikut ini adalah contoh makalah administrasi organisasi dan manajemen semoga bermanfaat ya untuk tugas makalah kalian.



 BAB I
PENDAHULUAN

1.1      Latar Belakang
Administrasi organisasi dan Manajemen dalam suatu pemerintahan sangatlah pemting peranannya .Dalam suatu organnisasi pasti terdapat administrasi dan manajemen.



1.2      Rumusan masalah
Adapun rumussan masalah yang akan dibahas dalam proses penyusunan makalah ini adalah tentang  “ Administrasi Organisasi dan Manajemen “ untuk memberi kejelasan makna serta menghindari meluasnya pembahasan ,maka dalam makalah ini masalah nya di batasi pada “Administrasi Orgaanisasi Dan Manajemen “.




1.3      Tujuan Penulisan
Pada dasarnya  tujuan penulisan makalah terbagi menjadi dua bagian yaitu , tujuan umum dan khusus . Tujuan umum dalam dalam penyusunan makalah ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Administrasi Organisasi dan Manajemen. Adapun tujuan khusus penyusunan makalah ini adalah untuk memahami apa itu Adminstrasi Organisasi  dan Manajemen.





BAB II
ADMINISTRASI
2.Pengertian Administrasi
2.1 Administrasi Secara etimologis
Secara Etimologis perkataan Indonesia ”Administrasi” yang bahasa Inggrisnya “administration”, berasal dari kata Latin, yaitu : “Ad+ministrare” dan “ Administratio”. Ad+ministrate berartu melayani ,membantu, atau memenuhi (The Liang Gie, 1965). Sedangkan Administratio berarti pemberian bantuan, pelaksaan, pimpinan, dan pemerintahan.(Atmosudirdjo,1986).
Administrasi adalah usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan  penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan.

2.2 Administrasi Dalam Arti Sempit
Perlu dipahami  bahwa istilah administrasi masih sering  dipakai dalam arti “Tata Usaha”. Pengertian yang dipakai ini berasal dari  warisan zaman  penjajahan Belanda  dahulu, istilah Bellanda “Administratie” di salin kedalam Baahasa Indonesia “Administrasi”.
Administratie dalam Bahasa Belanda ini umumnya di artikan sebagai, “Elke steiselmatige ordening en schriftelijke vastlegging van gegevens, samengesteld met het doel een overzicht van deze gegevens  te verkrijgen in hun geheel en hun onderling verband “. (Setiap penyusunan  keterangan-keterangan secara sistematis dan pencatatannya secara tertulis  dengan maksud untuk memperoleh suatu ikhtisar mengenai keterangan-ketrangan itu dalam keseluruhannya  dan dalam hubungannya satu sama lain) (The Liang Gie,1979). Sebenarnya pngertian Administratie yang demikian baru merupakan salah satu aspek cakupan istilah Administratie.Karena masih ada dua aspek yang merupakan cakupannya, yakni: “Bestuur” atau manajemen dari kegiatan-kegiatan organisasi, dan “Beheer”atau manajemen dari sumber-sumber daya seperti: Finansial, personil,materiil,gudang, danlain sebagainya. Hanya saja yang populer di pihak bangsa Indonesia yang dijajah ialah pengerian Adminstratie dari aspek tata usaha. (Atmosudirdjo,1986)
Jadi,pengertian administratie yang dikenal luas di Indonesia ialah tata usaha. Oleh karena itu  sampai sekarang di Indonesia  “administrasi”  masih  sering di artikan sebagai tata atau pekerjaan  usaha,catat-mencatat,tulis-menulis, dan berbagai keterangan.
Kegiatan administrasi sebagai kegiatan caatat-mencatat,tulis-menulis pelbagai keterangan itu di jelaskan oleh Haris Muda Nasution dalam bukunya “Kursus  Pengetahuan  Administrasi” sebagai berikut :
“Dalam arti sempi bahkan pengertian sehari-hari,maka administrasi artinya adalah tata usaha. Tata usaha ialah sutu pekerjaan yang sifat nya mengatur segala sesuatu pekerjaan yang sifatnya tulis-menulis,surat-menyurat / mencatat membukukan setiap perubahan atau kejadian yang terjadi dalam organisasi”. (The Liang Gie,1972)
Arifin Abdurachman (1971) mengemukakan bahwa, administrasi dalam tata usaha kegiatannya meliputi ; penerimaan surat,penyimpanan surat, korespondensi, peduplikasian, pencatatan-pencatatan, pada buku-buku atau kartothik, pokoknya segala macam pekerjaaan yang ada hubungannya dengan pekerjaan kertas,bahkan yang meliputi juga pekerjaan-pekerjaan penelponan  dan penerimaan tamu.
Berdasarkan pendapat kedua ahli tersebut diatas, dapatlah dimengerti  bahwa pengertian dalam arti sempit meliputi  perbuatan tulis-menulis,catat-mencatat, yang kesemuanya merupakan kegiatan penyediaan  bahan keterangan yang diperlukan  dalam setiap organisai. Kegiatan-kegiatan yang demikian  itu  dalam bahasa Indonesia   telah lazim dipergunaka  “Tata Usaha”.
2.3 Administrasi Dalam Arti Luas
Dua istilah yang mirip tulisan  dan bunyinya, namun berbeda makna  dan isinya, yaitu “Administratie”  (Bld) dan “Administration” (Ing), sama-sama di salin dalam satu istilah bahasa Indonesia yaitu, “ Administrasi”, maka istilah yang  kemudian ini  mempunyai dua pengeertian yaitu :   1 ) Administrasi dalam pengrtian sama dengan pengertian administratie atau yang lebih di kenal  dengan kegiatan tata usaha , dan  2) Administrasi dalam lengertian sama dengan administration. Untuk pengertian pertama kiranya telah jelas di uraikan  di atas, sedangkan pengertian  kedua inilah  yang akan dibahas pada bagian berikut.
Administration mempunyai pengertian dan skop yang lebih luas  dari administratie diliha dari tata usaha  saja. Jadi, pengertian administrasi yang di maksud disini pengertian  yang lebih luas yang sekaligus mencakup tata usaha . Dalam hubungan ini akan di kemukakan beberapa definisi  dari kalangan administrasi dan manajemen sebagai berikut :
v  Dwight Wado (1971)  mengemukakan bahwa : Suatu bentuk daya upaya yang kooperatif yang mempunyai tingkat rationaliteit yang tinggi.
v  William H. Newman (1963) berpendapat bahwa: Administrasi adalah bimbingan , kepengawasan diri pada usaha  dari sekelompok individu mencapai tujuan bersama.
v  Dr.S.P. Siagian  MPA (1977) berpendapat bahwa :Administrasi adalah keseluruha proses  kerjas sama dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu  untuk mencapai tujuan yang telah disepakati sebelumnya.
v  Drs. The Liang Gie dan Drs. Sutarto (1977) mengemukakan pula bahwa : Aministrasi  adalah segenap rangkaian kegiatan penatan trhadap pekerjaan yang dilakukan oleh sekelompok orang  dalam kerja sama dalam mencapai tujuan tertentu.
v  J.M. Pfifftner berpendapat bahwa Administrasi Negara adalah koordinasi dari usaha-usaha kolektif yang dimaksudkan untuk melaksanakan kebijakan pemerintah.
v  Elix A. Nigro dan Llyod G. Nigro (1977:18) menyimmpulkan bahwa Administrasi adalah :
o   Usaha kelompok yang bersifat kooperatif yang dii selenggarakan dalam satu lingkungan publik
o   Meliputi  seluruh cabang pemerintahan serta merupakan pertalian di antara cabang pemerintahan ( eksekutuf, yudikatif, dan legislatif)
o   Mempunyai peranan penting dalam perumusan kebijaksaan public ( public policy) dan meru[akan bagian dari proses politik.
o   Amat berbeda dengan Administrasi privat.
v  Berhubungan erat degnan kelompok-kelompok privat dan individual dalam
Bila diteliti secara cermat definisi-definisi di atas  maka sesungguhnya administrrasi adalah kegiatan rangkaian atau proses yang :
v  Dilakukan oleh sekelompok orang (dua orang atau lebih).
v  Berlangsung dalam suatu bentuk kerja sama.
v  Dimaksudkan mencapai tujuan tertentu yang telah di tetapkan
Ketiga faktor tersebut dapat disingkat menjadi sekelompok orang,  kerja sama, tujuan tertentu, Ketiga faktor inilah  yang lazim dikenal  daripada Administrasi.
Administrasi merupakan rangkaian kegiatan (proses) yang wujudnya : merencanakan, memutuskan, mengatur, memimpin, mengurus, mengarahkan, membimbing, menselaraskan, mengenbalikan, mengawasi, menyempurnakan kegiatann-kegiatan semacam  itu.Untuk ringkasnya kegiatan-kegiatan semacam itu tercakup dalam suatu istilah  yaitu disebut “menata”, atau “penataan”.Oleh karena itu kegiatan-kegitan yang termasuk pengertian administrasi  adalah rangkaian kegiatan penataan.(The Liang Gie & Sutanto, 1977)
Dengan deminkian dapat ditarik kesimpulan bahwa  Administrasi segenap rangkaian  kegiatan penataan  terhadap usaha kerja sama manusia untuk mencapai tujuan tertentu.
Sebagaimana diketahui bahwa tujuan yang hendak dicapai  dan sifat sutu kerjasama bermacam-macam.  Demikian juga jumlah da susunan orang-orang yang bekerjasama berbeda-beda ppula. Selanjutnya usaha itu dapat pula berlangsung  pada waktu dan tempatyang berlainan.Tetapi pada setiap kerjasama yang dilakukan oleh  kelompok orang pasti trdapat rangkaian kegiatan penataan yang mengarahkan kepada pencapaian tujuan. Rangkaian kegiatan penatan  ini sebagai  suatu kebbulatan kini biasanya menjadi fungsi seorrang atau beberapa orang pejabat .Atau dengan perkataan lain administrasi sebagai fungsi  dijalankan oleh setiap oang yang berkedudukan  sebagai pucuk  pimpinan suatu usaha kerjasama manusia “Ketua Organisasi”, yang dinamakan “Administrator”. Jadi administrator ketua tertinggi dalam organisasi.Tetapi tidaklah bahwa administratorlah yang satu-satunya berperan sebagai fungsi  Administrasi,melainkan dilaksanakan juga oleh pejabat-pejabat  yang berada dibawahnya berdasarkan pelimpahan dari administrator tadi.
Perlu diketahui bahwa admnistrasi  yang merupakan rangkaian kegiatan penatan  merupakan pekerjaan penunjang  pelaksaan pekerjaan subtansuif. Kelompok pekerjaan yang dilakukan dengan rangkaian kegiatan subtantif dinamakan “pekerjaan pokok” atau “pekerjaan induk” Yaitu pekerjaan yana langsung bertalian dengan tujuan yang hendak dicapai.
Untuk menegaskan perbedaan antara rangkaian kegiatan penataan dan rangkaian kegiatan substansif,dapat diberikan contoh sebagai berikut :

Dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi yang dilakukan oleh suatu universitas dalam menghasilkan sarjana, maka yang termasuk rangkaian kegiatan pekerjaan subtantif meliputi kegiatan seperti :
v  Mengajarkan suatu mata kuliah
v  Menguji mahasiswa
v  Melakukan penelitian
v  Melakukan pengabdian kepada masyarakat
v  Membuat skripsi
v  Mengarang buku
Sedangkan yang termasuk rangkaian kegiatan penataan  antara lain :
v  Membuat rencana kerja tahunan
v  Membagi  tugas antar pengajar
v  Menyusun kalender akademis
v  Menyusun jadwal peerkuliahan
v  Mengatur ujian
v  Berusaha  menemukan cara kerja yang lebih baik
Selain daripada itu, dalam praktek akan tampak bahwa proses administrasi dilakukan lebih awal, bersamaan  dan lebih akhir daripada pekerjaan pokok,atau pekerjaan induk.Pekerjaan ini dapat di gambarkan sebagai berikut :
Description: http://ketikqwerty.files.wordpress.com/2011/03/pengtar-adm11.png?w=627

Administrasi sebagai rangkaian kegiatan  penataan didalam pelaksanaannya  bila diteliti terlihat adanya unsur-unsur yang menurut The Liang Gie unsur-unsur terdiri atas 8 macam  yaitu :
1.      Organisasi : adalah unsur pertama dari administrasi yang merupakan wadah dari kegiatan-kegiatan administrasi  di jalankan.Dalam organisasi di kelompokan orang-orang, tugas-tugas, wewenang dan tanggung jawab.
2.      Manajemen : adalah rangkaian kegiatan menggerakan orang dan mengerahkan segala fasilitas untuk mencapai suatu tujuan.
3.      Komunikasi : rangkaian kegiatan menyampaikan warta dari suatu pihak ke pihak lain dalam usaha kerjasama yang bersangkutan.
4.      Kepegawaian : rangkaian kegiatan mengatur dan mengurus tenaga kerja dalam usaha kerjasama yang bersangkutan.
5.      Keuangan : rangkaian  perbuatan mengelola segi-segi pembelanjaan  dalam usaha kerjasama.
6.      Perbekalan: rangkaian mengadakan,mengatur pemakaian,mendftar sampai kepada penyingkiran benda-benda dalam usaha kerja.
7.      Tata usaha : rangkaian kegiatan menghimpun, mencatat, mengolah, mengirim, menyimpan, keterangan-keterangan dalam usaha kerja.
8.      Hubungan masyarakat : rangkaian kegiatan  menciptakan hubungan baik dengan masyarakaat sekeliling  trhadap usaha kerjasama yang bersangkutan.
Unsur-unsur yang di sebutkan terdapat  dalam usaha kerjasama pada umumnya . Pemisah unsur-unsur itu hanyalah kebutuhan analisis teoritis sebab di kenyataan sehari-hari  saling jalin-menjalin satu sama lain,karena memang  administrasi merupakan suatu kebulatan yang tidak dapat dipisahkan.
Untuk mencegah kekacauan pengertian, dan dalam rangka pengembangan dan pembinaan administrasi di Indonesia , kiranya perlu penerbitan pengertian penggunaan administrasi ini. Untuk maksud tersebut maka pengertian “administratie” dari bahasa Belanda yang menyangkut kegiatan  catat-mencatat pelbagai keterangan kita gunakan istilah “tata usaha” . Dan untuk pengertian “administrasi” kita tetap persamakan  dengan pengertian “administration” (inggris), yang dalam buku ini didefinisikan sebagai segenap rangkaian kegiatan ppenataan terhadap usaha kerjasama manusia untuk mencapai tujuan tertentu.
Rangkaian kegiatan penataan yang dilakukan dalam suatu organisasi tidak berlangsung dalam keadan lepas dari lingkungannya , sebaliknya berpengaruh dalam lingkunganya .Faktor-faktor lingkungan ini walaupun tidak termasuk administrasi tetapi berpengaru dalam menentukan suatu administrasi akan mencapai tujuannya atau tidak.
Yang termasuk faktor lingkungan yang mempengaruhi berlangsungnya administrasi menurut  F.E. Kast dan James E. Rosenzwig , antara lain :

v  Kebudayaan ,                        
v  Teknologi
v  Politik,
v   Hukum
v  Pendidikan
v  Kependudukan
v  Sumber fisik
v  Ekonomi









Proses usaha kerjasama manusia menuju pencapaian tujuan  yang mencakup segenap factor-faktor serta pengertian , unsur-unsur serta pengaruh lingkungan menurut The Liang gie(1977)dapat digambarkan sebagai berikut :
Description: http://ketikqwerty.files.wordpress.com/2011/03/pengtar-adm-2.png?w=627

Keterangan :
O  : Organisasi                K : Keuangan
M : Management             P : Perbekalan
K  : Komunikasi               T : Tata Usaha
K  : Kepegawaian            H : Hubungan Masyarakat



BAB III
ORGANISASI

3.1 Pengertian Organisasi
v   Secara sederhana , organisasi adalah suatu kerjasama sekelompok  orang untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan terlibat dengan peraturan yang ada.
v  Organisasi ialah suatu wadah atau tempat untuk melakukan kegiatan bersama , agar dapat mencapai tujuan yang telah di sepakati bersama.
v  James D. Money , administrasi adalah sebagai bentuk perserikatan orang-orang untuk mencapai suatu tujuan bersama. (Organization is  the  form of  every human of association for the attainment of common purpose)
v  Jhon D. Millet , organisasi adalah kerangka terstruktur  dimana pekerjaan dari beberapa orang diselenggaraka untuk mencapai suatu tujuan bersama . (Organization Is The Strucktural Framework Within Winch The Work Individuals is Carried on for the realization Of common Purpose)
v  Herbet  A. Simon , organisasi adalah  sebagai pola komunikasi yang lengkap serta hubungan-hubungan lain didalam suatu kelompok orang . (Organization is the complex patern of communication and other relation in a group of human being)
v  Chester L. Bamard , organisai adalah  sebuah system tentang aktivitas kerjasama  dua atau lebih dari sesuatu yang tidak berwujud dan tidak pandang bulu,sebagian besar tentang persoalan silaturahmi.
v  Organisasi adalah sebagai suatu kelompok  orang yang bersatu dalam tugas-tugas terikat pada lingkungan tertentu ,menggunakan alat teknologi dan patuh terhadap aturan (Malinowski).
v  Organisasi timbul bilamana orang-orang  yang bergabung  didalam mencapai suatu tujuan bersama (Chester I barnard)
v  Organisasi dapat di lihat dengnan dua cara berbeda, yaitu :
a)      Organisasi sebagai suatu system terbuka yang terdiri atas sub-sistem yang saling berkaitan, dan memperoleh input  untuk di olah yang berasal dari lingkunga serta menyalurkan hasil output hasil pengolahan  kelingkungan kembali
b)      Organisasi sebagai sekelompok orang yang bekerjasama  untuk mencapai suatu tujuan bersama (Monir H. tayeb)
Organisasi dapat diartikan dalam dua macam , yaitu :
a)      Dalam arti statis, yaitu organisasi sebagai wadah tempat dimana kegiatan kerjasama terlaksanakan;
b)      Dalam arti dinamis , yaitu organisasi  suatu system proses interaksi antara dua orang yang bekerjasama,baik formal atau nonformal.

3.2 Ciri-Ciri  Organisasi
Ciri-ciri organisasi ialah :
a)      Terdiri daripada dua orang atau lebih
b)      Ada kerjasama
c)      Ada komunikasi antar anggota
d)      Ada tujuan yang ingin di capai

3.2.1  Organisasi Formal
kekuasaan , tanggung jawab, antar pejabat dalam suatu organisasi).
Organisasi harus mempunyai empat unsur utama , yaitu :
a)      Golds Oriented (berorientesi tujuan)
b)      Psychososial System (Sistem  hubungan social)
c)      Structured Activities
d)      Technological System
Kesimpulan :
Organisasi adalah ;
a)      Wadah atau tempat terselanggaranya administrasi
b)      Didalamnya terdapat berbagai hubungan baik individu ataupun kelommpok  baik dalam organisasi itupun sendiri atau diluar
c)      Teradinya pembagian tugas   
d)      Berlangsungnya proses aktivitas  berdasarkan kinerja masing-masing.

3.2.2 Organisasi publik
Organisasi publik adalah :
a)      Organisasi yang terbesar
b)      Mewadahi semua  lapisan masyarakat dengan ruang lingkkup Negara
c)      Mempunyai kesenangan yang abash (Terlegitimasi) , di bidang politik administrasi pemerintahan, dan hokum secara terlembaga
d)      Mempunyai kewajiban melindungi warga negaranya
e)      Melayani keperluaannya sebaliknya berhak pula memungut  pajak untuk pendanaan
Organisasi public sering  dilihat pula organisasi pemerintah  yang dikenal sebagai birokrasi pemerintah (organisasi pemerintahan). Atau satu-satunya organisasi yang berhak merampok harta rakyat (pajak),membunuh rakyat  (menjatuhkan hukuman mati) , memenjarakan rakyat .

3.2.3  OrganisasiFormal Dan Informal
Organisasi Formal adalah organisasi yang mempunyai struktur yang jelas , pembbagian tugas yang jelas , serta tujuan yang di tetapkan secara jelas.
Organisasi Informal adalah organisasi yang akan timbul apabila anggota organisai formal merasa keinginannya  tidak terpenuhi oleh organisasi formal.
Hubungan antara organisasi formal dan informal bersifat berbanding terbalik  “Semakin tinggi tingkat kepuasan pegawai, maka semakin kecil tingkat kemungkinan munculnya  atau terbentuknya organisasi informal.

3.3  Terbentuknya Organisasi
a)      Keperluan manusia
b)      Dorongan orang bekerja
Tidak semua keperluan manusia  (needs) dapat dipenuhi  seorang diri untuk itu perlu organnisasi (berorganisasi
BAB IV
MANAJEMEN

4.1 Pengertian Manajemen
Istilah manajemen, terjemahannya dalam bahasa Indonesia pada saat ini  belum ada keseragaman. Selanjutnya , bila kita mempelajari literature manajemen maka akan ditemukan  bahwa istilah manajemen mengandung tiga  pengertian, yaitu :
1)      Manajemen sebagai suatu proses
2)      Manajemen sebagai kolektivitas orang – orang  yang melakukan aktivitas manajemen
3)      Manajemen sebagai suatu seni (Art)  dan sebagai suatu ilmu pengetahuan (Science)
Menurut pengertian yang pertama yakni , manajemen sebagai suatu proses .berbeda-beda yang mendefinisikan para ahli . Untuk memperlihatkan tata warna definisi manajemen yang pertama,di kemukakan tiga buah definisi . Dalan encyklopedia of the social science bahwa manajemen adalah  suatu proses dengan mana  pelaksanaan suatu tujuan tertentu  diselenggarakan dan di awasi.
Menurut pengertian kedua manajemen  kolektiviitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen .Jadi dengan kata lain orang-orang melakukan aktivitas manajemen dalam suatu badan tertentu  disebut manajemen.
Menuerut pengertia yang ketiga manajemen adalah seni (art) atau suatu ilmu pengetahuan , mengeanai inipun bellum ada keseragaman pendapat  segolongan mengatakan mannajemen adalah seni,segolongan lainnya mengataka ilmu  sesengguh  ya pendapat keduanya sama mengandung kebenaran.
Pengertian manajemen dari berbagai sumber :
v  Manajemen adalah tindakan atau kemampuan  untuk memperoleh hasil yang diinginkan dengan menggunakan orang-orang yang berkeahlian khusus
v  Manajemen selalu menggunakan hubungannya dengan orang-orang yang menjalankan kepemimpinanya dalam suatu organisasi . Dus manajemen didefinisikan  sebagai suatu prosses kegiatan manajer dam mengambil keputusan,dalam mengkoordinir usaha-usaha kelompok  dan kepemimpinan (J. G. Longenecker)
v  Manajemen menurut Fayol ,berfungsi untuk merencanakan, mengorganisir , memimpin, mengedalikan sesuatu
v  Manajemen menurut  A. F.  James Stoner,adalah sutu proses perencanaan,pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta  penggunaan semua sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi yang telah di tetapkan sebelumnya

4.2  Fungsi  Manajemen
Fugnsi manajemen Menurut beberapa ahli :

    George R. Terry : Planning, Organizing, Staffing, Motivating, and Controlling.
    Henry Fayol : Planning, Organizing, Commanding, Coordinating, Controlling.
    Luther Gullich : Planning, Organizing, Staffing, Directing, Coordinating, Reporting, Budgeting.
    Ernest Dale : Planning, Organizing, Staffing, Directing, Innovating, Representing, Controling

4.3  Hubungan Antara Administrasi  Organisasi
Dan  Manajemen

    Dalam melaksanakan administrasi, seorang administratur dibantu oleh orang-orang yang bekerjasama dalam menjalankan tugas-tugas dan tugas-tugas tersebut harus diselaraskan dan dipadukan agar mengarah pada tujuan yang ingin dicapai.
    Kerjasama orang-orang dalam mencapai tujuan, perlu disusun dan diatur, dan untuk itu administrasi memerlukan organisasi.
    Karena dalam admnistrasi yang dihadapi adalah orang-orang yang berkerjasama dengan akal dan perasaannya dengan menggunakan alat-alat dan materi lainnya, maka orang-orang perlu digerakkan menuju sasaran yang akan dicapai, untuk itu diperlukan manajemen.
    Dari uraian di atas, maka administrasi modern dapat diartikan secara luas yaitu meliputi organisasi dan manajemen.



KESIMPULAN


            Administrasi  mengandung makna pelayanan atau pun pengelolaan , Lembaga Administrasi Negara mengemukakan pentingnya administrasi dalam kehidupan bermasyarakat , berbangsa , dan bernegara .
            Organisasi  mengandung  pengertian suatu wadah yang didalam nya terdapat anggota-anggota yang merencanakan kerja untuk mencapai tujjuan.organisasi dalam suatu pemerintahan berperan sangat penting.
            Manajemen  dan administrasi di kemukakan oleh beberapa orang adalah artinya sama, dan adapula yang mengemukakan berbeda .

DAFTAR PUSTAKA
Sudaryana, Bambang  2011. Modul Administrasi Organisasi dan Manajemen.




sekian contoh makalah administrasi organisasi dan manajemen semoga bermanfaat, salam

sumber makalah http://kikinss.blogspot.co.id/2014/06/makalah-administrasi-organisasi-dan.html
Iklan/Advertisment

Artikel Kumpulan Tugas Makalah Kelas Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2018 Kumpulan Tugas Makalah Kelas | Support by Cara Kredit